7 Keajaiban Dunia dan di Indonesia

Travel

Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa alam di dunia ini memang memiliki keindahan yang luar biasa. Tidak heran jika ada beberapa tempat yang masuk ke dalam keajaiban dunia.

Semua keindahan yang ada di dunia ini memang ciptaan Tuhan. Sudah diberikan keindahan alam yang luar biasa, tetapi masih saja ada keindahan alam yang jauh luar biasa dari yang sekarang. Bahkan saking indahnya, banyak orang yang menyebutnya sebagai keajaiban dunia. Banyak tempat yang tercatat, termasuk Candi Borobudur yang pernah masuk ke dalam top Seven Wonders di masanya. Bukan hanya candi, di negara lain ada banyak pesona alam lainnya yang tidak kalah indah, seperti Taj Mahal di India, Menara Pisa di Italia, dan masih banyak lagi. Namun, seiring penemuan tempat-tempat yang jauh lebih indah dan bersejarah tentunya, 7 Wonders Foundation kembali mengeluarkan daftar terbaru yang dilansir cntraveller.com, berikut informasinya yang terbaru.

Baca juga: Misteri dan Penemuan di Balik Segitiga Bermuda

7 Keajaiban Dunia Terbaru

Gunung Kilauea, Hawaii

Inilah gunung paling aktif di bumi yang terletak di Taman Nasional Hawai’i Volcanoes. Pada 3 Mei lalu, letusannya diselingi 500 gempa di Puncak Kilauea dalam periode 24 jam. Meski tidak menimbulkan tsunami, akibatnya terdapat 117 rumah hancur, banyak jalan retak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Terlepas dari hal itu, taman nasional ini mempunyai banyak daya tarik wisatawan. Seperti Maui Ocean Center, Honolulu Zoo, Waikiki Aquarium, dan sebagainya. Dengan leluasa Anda bisa mengunjungi Taman Nasional ini yang buka selama 24 jam, kecuali jika ada aktivitas gunung api.

keajaiban dunia gunung berapi

Great Barrier Reef, Queensland Australia

Terletak di Timur Laut Pantai Queensland, Australia, Great Barrier Reef merupakan rumah bagi lebih dari 1.500 spesies ikan. Sebagai salah Situs Warisan Dunia UNESCO, Great Barrier Reef merupakan sistem terumbu karang terbesar di dunia. Ada banyak cara untuk bisa menikmati keindahannya, seperti menyelam, berenang, skydive, naik speedboat, dan sebagainya. Demi menjaga kelestarian lingkungan, Anda bisa turut serta membantu dengan memesan paket liburan konservasi alam. Anda akan menyelam dan memantau terumbu karang selama 12 hari di sini.

Torres Del Paine, Patagonia Chili

Memasuki musim dingin, kawasan Torres Del Paine di Patagonia, Chili, hanya bersuhu sekitar 0-2 derajat Celcius. Jika ingin suhu yang lebih hangat, Anda bisa datang ke sini selama Oktober hingga April. Spesialnya lagi, Anda bisa menikmati siang hari selama 17 jam dengan pemandangan sunrise yang memesona. Untuk bisa ke sini, Anda dapat naik bus selama empat jam dari Puerto Natales. Biaya masuknya saat hari biasa sekitar USD16 (Rp280.000,00), sedangkan peak season USD28 atau sekitar Rp400.000,00.

Baca juga: Daftar Karnaval Unik di Dunia, Pernah Coba?

Taman Nasional Redwood, California Amerika Serikat

Berada di lahan seluas 133 ribu hektare, Taman Nasional ini merupakan habitat pohon raksasa. Redwood merupakan spesies pohon tinggi dengan batang berwarna merah yang tingginya mencapai 63,7 meter dan diameter 7,8 meter. Taman Nasional Reedwood terletak di Humboldt, Kalifornia. Tempat ini terbuka untuk umum, Anda bisa bebas bermain hingga piknik di sini. Sebagai hiburan, terdapat arena flying fox juga, lho.

Danau Baikal, Siberia Rusia

Sebagai danau terbesar ke-7 di dunia, Danau Baikal merupakan yang terdalam dengan kedalaman lebih dari 1.630 meter. Dengan luas sekitar 31 ribu kilometer persegi, danau ini dianggap mempunyai 20 persen dari total air tawar di dunia. Maka dari itu, UNESCO menetapkannya sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Danau Baikal terletak di Selatan Siberia Rusia, sekitar 50 menit menggunakan angkutan umum, marshrutka. Musim dingin merupakan waktu favorit para wisatawan. Mereka bisa bebas bermain dengan rusa kutub dan bermain di atas danau beku.

Carnegie Quarry, Utah Amerika Serikat

Sudah nonton film Jurassic World: Fallen Kingdom? Pernah tidak kepikiran untuk melihat langsung situs fosil para dinosaurus? Bukan di museum, Anda bisa melihat secara langsung habitat terbesar dinosaurus pada zaman dahulu di Carnegie Quarry, Utah, Amerika Serikat. Tempat yang dikenal sebagai Dinosaur National Monument ini mempunyai 1.500 kumpulan fosil dinosaurus. Mereka juga mempunyai Wall of Bones (dinding tulang) yang terdiri dari sisa tulang Allosaurus, Camarasaurus, dan Stegosaurus.

Aurora Borealis

Di antara banyak fenomena alam, aurora merupakan pemandangan indah yang sangat unik. Aurora tidak bisa dilihat setiap saat, tempat terbaik untuk melihatnya adalah Kutub Utara atau Kutub Selatan. Namun, ada beberapa tempat yang terjangkau, seperti Islandia, Australia, Georgia, Argentina, Greenland, Norwegia, dan Kanada. Sama halnya dengan milky way, Anda hanya bisa melihat fenomena ini ketika polusi cahaya sangat rendah.

Baca juga: Ini Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Keajaiban Dunia di Indonesia

Dari semua keindahan yang ada di dunia, berikut ini beberapa tempat yang masuk ke dalam keajaiban dunia di Indonesia.

Danau Toba

Danau Toba adalah danau vulkanik dengan panjangnya kurang lebih mencapai 100 kilometer dan juga lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Keindahan Danau Toba bukan hanya karena luasnya, tetapi ada pulau kecil berada di tengah Danau Toba, pulau vulkanik ini bernama Pulau Samosir. Dana Toba menjadi daerah tujuan wisata dunia sejak lama karena keindahan dan juga sejarahnya, yang menurut para ahli bahwa danau toba diperkirakan meletus 73.000 tahun yang lalu, dan sekaligus tercatat sebagai letusan gunung api terbesar di dunia yang juga mempengaruhi seluruh iklim di dunia. Letusan ini juga menurut para ahli menyebabkan kepunahan masal beberapa spesies dan makhluk hidup yang ada didunia. Menurut bukti DNA letusan ini menyusutkan 60 persen dari jumlah populasi bumi saat itu atau kurang lebih sekitar 60 juta manusia.

Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Selain pernah menjadi keajaiban di dunia, Candi Borobudur memiliki bangunan yang memang megah dan juga memiliki banyak sejarah di baliknya. Candi ini dibangun pada masa dinasti Syailendra ketika memerintah di Jawa Tengah. Candi yang terletak di Jawa Tengah tepatnya di Magelang ini memang memiliki bentuk yang sangat menawan dan juga kerumitan dari penyusunan batu-batu hingga menjadi sebuah candi yang megah. Candi ini merupakan candi yang dimiliki oleh umat Buddha, candi yang berbentuk stupa ini menjadi salah satu monumen Buddha terbesar di dunia, sehingga tidak mengherankan jika banyak pengunjung dari seluruh dunia mengunjungi Candi Borobudur. Monumin ini terdiri atas teras dengan jumlah enam teras yang berbentuk bujur sangkar yang melingkar. Pada dinding-dindingnya terdapat 2.672 relief dengan relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terletak di bagian tengah candi yang menambah keindahan karena seperti memahkotai candi ini.

Pulau Komodo

Pulau satu ini memang sudah banyak dikenal wisatawan mancanegara. Selain komodo adalah hewan yang dipercaya sebagai hewan purba, komodo juga hanya terdapat di Pulau Komodo. Sehingga, banyak wisatawan asing dan lokal yang sangat penasaran untuk melihat hewan purba kala ini secara langsung. Selain hewan komodo menjadi pesona, keindahan alam dari pulau komodo memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi turis asing untuk mengunjungi pulau ini. Pulau yang masuk dalam kepulauan Nusa Tenggara Barat saat ini memang menjadi salah satu tujuan wisatawan asing dan juga masuk dalam daftar penghargaan tersebut.

Puncak Jaya Wijaya

Keindahan alam Indonesia merupakan salah satu hal yang menjadi kekayaan Indonesia, dari mulai ujung Indonesia Barat hingga ujung Indonesia Timur. Salah satu keindahan alam dan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan asing adalah Puncak Jaya Wijaya di Papua. Indonesia dengan iklim tropis yang sangat kecil kemungkinan untuk bisa turun salju namun juga terdapat salju di pegunungan ini. Puncak Jaya Wijaya masuk sebagai daftar 7 wonders dan menjadi incaran pendaki gunung seluruh dunia. Pegunungan ini masuk dalam taman nasional, yaitu Taman Nasional Lauentz Papua, dan Puncak Jaya Wijaya ini menjadi salah satu puncak bersalju dan puncak tertinggi di Asia Tenggara.

Comments are closed.