Kebiasaan Baik Orang Jepang yang Patut Ditiru

Travel

Orang Jepang terkenal disiplin serta berpikiran maju dan luas. Hal tersebut tak secara alami mereka dapatkan melainkan dengan melakukan kebiasaan baik sedari dini. Tak ada salahnya menerapkan kebiasan baik orang Jepang untuk kemajuan diri sendiri di kemudian hari.

Jepang dikenal sebagai salah satu negara paling diidam-idamkan oleh banyak orang di dunia. Sebab, banyak sekali hal baik yang melekat pada negara ini, mulai dari destinasi wisata, budaya hingga kulinernya. Tak heran jika setiap tahunnya Jepang kedatangan jutaan wisatawan asing hanya untuk menikmati segala kelebihan yang dimiliki negeri matahari terbit ini.

Tapi, ada satu hal yang membuat Jepang sangat istimewa, apa lagi kalau bukan masyarakatnya. Orang Jepang dikenal sebagai orang yang disiplin dan berpikiran maju. Hal ini membuat Jepang menjadi negara dengan perkembangan yang sangat pesat di berbagai bidang. Melihat hal ini, banyak sekali masyarakat di dunia yang mengadaptasi sikap dan sifat orang Jepang demi kemajuan diri sendiri dan juga negaranya.

Mengadaptasi sifat dan sikap orang Jepang juga sangat baik untuk kita coba, mengingat tingkat kedisplinan orang Indonesia sangatlah jauh dibandingkan negara yang terkenal akan bunga sakura ini. Setidaknya, banyak sekali hal baik yang dapat kita serap dari orang-orang Jepang untuk kebaikan diri kita sendiri maupun orang banyak.

Berikut Kebiasaan Orang Jepang

Orang Jepang Sangat Cinta Kebersihan

Jika Anda pernah berkunjung ke Jepang, pasti Anda akan sangat kesulitan menemukan sampah berserakan di jalanan. Ya, hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat kecintaan orang Jepang pada kebersihan. Mereka hanya mau membuang sampah pada tempat yang disediakan.

Hal ini seperti mendarah daging bagi orang Jepang. Jika di perjalanan mereka tak menemukan tempat sampah, mereka tak segan untuk membawa sampah tersebut hingga ke kantor atau rumah yang sudah pasti tersedia tempat sampah. Hal tersebut nyatanya tidak hanya dilakukan di negaranya saja. Contohnya pada Piala Dunia 2018 silam, penonton Timnas Jepang selalu membereskan sampah yang mereka bawa sebelum meninggalkan stadion.

Orang Jepang Bersepeda atau Naik Transportasi Umum untuk Pergi ke Kantor Atau Sekolah

Kita semua tahu bahwa Jepang adalah salah satu negara penghasil mobil dan motor terbaik di dunia. Namun, hal ini tidak serta merta membuat masyarakatnya menggunakan mobil dan motor untuk pergi bekerja atau ke sekolah. Faktanya, orang Jepang lebih sering menggunakan sepeda atau transportasi umum dalam beraktivitas.

Hal ini membuat Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat kemacetan lalu lintas terendah di dunia. Selain itu, bersepeda dan naik transportasi umum membuat orang Jepang menjadi lebih sehat. Tak heran jika orang Jepang memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan negara-negara lain.

Orang Jepang Mandiri Sejak Kecil

Kita pasti masih sering melihat anak-anak yang harus disuapi oleh orangtuanya saat makan dan membiarkan mereka tidak membereskan peralatan makannya sesudah digunakan. Nah, hal ini tak berlaku di Jepang. Orang Jepang sudah terbiasa mandiri sejak kecil.

Mereka selalu diajarkan untuk melakukan segala sesuatunya sendiri bahkan dari hal yang kecil, seperti mengambil makanan, makan makanan hingga membereskan peralatan makannya sendiri. Hal ini membuat orang Jepang menjadi disiplin dan mandiri di kemudian hari.

Itulah beberapa sifat dan sikap orang Jepang yang patut kita tiru. Tentu Anda ingin generasi penerus Anda menjadi orang yang maju seperti orang Jepang kebanyakan, kan?

Comments are closed.