Keistimewaan Palangkaraya, Calon Ibu Kota Indonesia

Travel

Pasti ada banyak keistimewaan Palangkaraya yang menyebabkan kota tersebut menjadi kandidat utama dalam pemindahan ibu kota Indonesia

Berita tentang pemindahan ibu kota negara Indonesia memang sedang ramai diperbincangkan. Setelah sekian tahun lamanya bertahan dalam kondisi ibu kota Jakarta yang sudah semakin ramai oleh penduduk dan kemacetan yang tidak terbendung lagi, kini tercetus wacana dari Presiden Jokowi bahwa dirinya ingin memindahkan ibu kota Jakarta ke Kota Palangkaraya yang menjadi kandididat terkuat sejauh ini. Meskipun ada beberapa pilihan kota lain di Indonesia, tetapi baru Palangkaraya lah yang menjadi kandidat utama perpindahan ibu kota ini.

Mengapa Kota Palangkaraya yang menjadi kandidat utama? Apa keistimewaan Palangkaraya dibandingkan kota-kota besar lain di Indonesia? Nah, untuk menjawab itu semua, berikut ini ada sejumlah keistimewaan Palangkaraya yang disinyalir akan menjadi ibu kota Indonesia yang baru.

SEMUA DAPAT DISKON! Traveling happy, tanpa tapi! Anda tinggal senang-senang selama perjalanan. Belanja asuransi perjalanan. HARGA HEMAT di Futuready.com Gunakan kode promo TRAVEL10 dan langsung dapat DISKON 10%!

keistimewaan Palangkaraya

Berada di Tengah NKRI

Keisitimewaan Palangkaraya menjadi ibu kota Indonesia yang baru karena letak geografisnya persis di tengah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga rasanya sangat pas jika Palangkaraya menjadi ibu kota negara Indonesia.

Luas dan Tidak Padat Penduduk

Pindahnya ibu kota Indonesia ke Kota Palangkaraya pasti ada beberapa faktor. Salah satunya, yaitu memiliki lahan yang luas dan tidak padat penduduk. Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro sempat menyinggung bahwa rencana pemindahan ibu kota kemungkinan besar dilakukan di Pulau Kalimantan. Pasalnya Pulau Kalimantan ini memiliki penduduk yang tidak padat tetapi memiliki lahan yang luas. Selain itu, untuk harga lahan di Kalimantan terbilang murah untuk dibuat pembangunan. Selain itu, pemerintah Kota Palangkaraya memang sudah menyiapkan sejumlah lahan tanah yang kosong untuk pembangunan pemindahan ibu kota.

Pulau Kalimantan Tidak Rawan Gempa

Tidak seperti Pulau Jawa yang memiliki banyak gunung merapi, nyatanya di Pulau Kalimantan sangat minim sekali keberadaan gunung merapi sehingga disinyalir tidak rawan gempa. Meskipun tidak rawan gempa, Pulau Kalimantan rawan lonsong karena kontur tanahnya yang gambut.

Memiliki Banyak Objek Wisata

Palangkaraya alamnya yang masih asri dan belum terkontaminasi oleh apa pun, sehingga keistimewaan Palangkaraya lainnya, yaitu memiliki sejumlah objek wisata yang tersembunyi dan masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Contohnya, perbukitan, pantai, air terjun, dan masih banyak lagi. Jika ibu kota jadi dipindahkan, tentunya akan berujung positif bagi peningkatan pariwisata kota ini dan tentunya akan memberikan pendapatan yang cukup besar.

Banyak Wisata Kuliner

Bukan hanya objek wisata alam saja, tetapi keistimewaan Palangkaraya lainnya adalah melimpahnya wisata kuliner yang bisa Anda nikmati kapan saja. Menjelajahi wisata kuliner di Kalimantan ini akan menjadi pengalaman yang sangat indah. Salah satu hidangan khas dari kuliner warga Palangkaraya adalah Ikan Lais dan umbu rotan yang menjadi sayur khasnya. Bukan hanya Jakarta saja, di Palangkaraya juga terdapat beberapa kafe dengan konsep unik yang bisa menjadi tempat nongkrong favorit.

Berdasarkan hal-hal yang menjadi keistimewaan Palangkaraya, apakah Anda setuju ibu kota Indonesia dipindahkan?

 

 

*Foto kredit: Laman resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya: disparekraf.palangkaraya.go.id

Leave a Reply