10 Kereta Tercepat di Dunia. Mau Coba?

Travel

Kereta cepat sudah menjadi salah satu transportasi andalan di beberapa negara maju. Dari sekian banyak negara yang menghadirkan transportasi ini, apa saja kereta tercepat yang ada di dunia?

Kereta Kecepatan Tinggi atau High Speed Train sudah bukan transportasi baru untuk negara-negara maju. Meskipun belum secepat pesawat terbang, tetapi transportasi ini menjadi salah satu yang diandalkan untuk menuju ke kota tujuan dengan waktu yang lebih cepat.

Kereta Kecepatan Tinggi memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pesawat terbang ataupun transportasi lainnya, di antaranya seperti kelebihan dalam kapasitas, tarif yang lebih ekonomis, dan tempat duduk yang lebih nyaman jika dibandingkan dengan pesawat terbang. Selain itu, jika dibandingkan dengan transportasi darat lainnya seperti bus dan mobil pribadi, transportasi ini menawarkan waktu perjalanan yang lebih singkat dan kondisi jalan yang bebas macet.

Sudah ada beberapa negara yang menghadirkan kereta cepat ini. Di antara negara tersebut, kira-kira kereta mana yang paling tercepat?

Baca juga: Mobil Balap Tercepat di Dunia Saat Ini, Mana Favorit Anda?

10 Kereta Tercepat di Dunia

Shanghai Maglev, China

Shanghai Maglev digadang-gadang menjadi kereta api tercepat di dunia dengan kecepatan jelajah maksimum mencapai 430 kilometer per jam. Kereta ini beroperasi di jalur levutasi magnetis di kota Shanghai. Artinya, kereta ini tak bergerak dengan menggunakan roda. Kereta canggih ini bergerak dengan melayang di atas medan magnet yang muncul di antara rel dan kereta api.

Tidak adanya gesekan antara tubuh kereta api dan relnya maka Shanghai Maglev bisa berakselerasi dari 0 kilometer per jam hingga 430 kilometer per jam hanya dalam waktu empat menit. Jalur kereta api magnetis Shanghai sepajang 30,5 kilometer adalah satu-satunya jalur kereta magnetis komersial di seluruh dunia.

Kereta canggih yang dibangun Siemens dan ThyssenKrupp ini mulai beroperasi untuk publik pada 1 Januari 2004. Kereta ini menghubungkan Stasiun Long Yang dan Bandara Internasional Pudong dengan waktu tempuh hanya 7 menit 20 detik untuk menyelesaikan satu perjalanan.

Harmony CRH 380A, China

Kereta tercepat kedua, Harmony CRH 380A karena telah menggunakan tenaga listrik yang mencapai kecepatan maksimal 380 kilometer per jam. Namun, dalam uji coba bisa mencapai 416 kilometer per jam. Pada Oktober 2010, perusahaan KA China mulai menggunakan CRH 380A untuk melayani jalur Shanghai-Nanjing. Kereta yang dibuat perusahaan lokomotif CSR Qingdao Sifang ini menggunakan bahan alumunium sehingga sangat ringan. Ditambah bentuk lokomotif seperti kepala ikan membuat kereta ini semakin aerodinamis dan bebas dari getaran.

Baca juga: Senang Liburan? Ini Cara Mengurus Visa di VFS Global

AGV Italo, Italia

AVG Italo adalah kereta api tercepat di Eropa saat ini dengan kecepatan maksimal mencapai 359,8 kilometer per jam. Namun, dalam uji coba pada 2007 kereta api ini mampu mencapai kecepatan 573 kilometer per jam. Kereta ini dibuat oleh perusahaan Prancis, Alstom dan perusahaan KA Italia Nuovo Tnasporto Viaggiatori (NTV). Kini AVG Italo melayani jalur Roma menuju Napoli yang berjarak 225 kilometer dan ditempuh dalam waktu hanya satu jam. Selain cepat, kereta api ini juga ramah lingkungan karena 98 persen bagiannya bisa didaur ulang.

Siemens Velaro E/AVS 103, Spanyol

Kereta api cepat ini dikembangkan perusahaan Jerman, Siemens dan beroperasi antara Madrid hingga Barcelona dengan kecepatan maksimal 350 kilometer per jam. Dengan kecepatan ini, Velaro E bisa mencapai kedua kota besar di Spanyol yang berjarak sekitar 625 kilometer dalam waktu 2 jam 30 menit. Kecepatan resmi kereta api ini adalah maksimal 350 kilometer per jam tetapi dalam uji coba pernah mencapai 403 kilometer per jam. Perusahaan KA Spanyol memesan kereta api ini pada 2001 dan mulai beroperasi Juni 2007. Setiap rangkaian dengan delapan gerbong bisa mengangkut maksimal 404 orang penumpang.

Talgo 350, Spanyol

Kereta cepat yang dioperasikan perusahaan kereta Spanyol ini mampu melesat dengan kecepatan maksimal 350 kilometer per jam melayani rute Madrid menuju Barcelona. Talgo di Spanyol dikenal dengan julukan “Pato” karena bentuk semacam hidung bebek di lokomotifnya yang ditujukan untuk meminimalkan tekanan gelombang udara. Selain cepat, kereta api ini juga nyaman dan menawarkan berbagai fasilitas untuk penumpangnya termasuk akses video dan audio di setiap kursinya.

Shinkansen Hayabusha Seri E5, Jepang

Shinkansen Hayabusha masih menjadi kereta api tercepat di Jepang saat ini. Dengan kecepatan maksimal 319 kilometer per jam, Shinkansen E5 ini bisa menempuh jarak Tokyo menuju Aomory sejauh 714 kilometer bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam 56 menit. Seri E5 ini dilengkapi “hidung” sepanjang 15 meter untuk meminimalkan suara dan getaran saat kereta memasuki terowongan.

Alstom Euroduplex, Perancis

Kereta api ini adalah seri ketiga dari kereta api cepat TGV duplex. Kereta api cepat Alstom Euroduplex menghubungkan Perancis, Swiss, Jerman, dan Luksemburg dengan kecepatan maksimum 319 kilometer per jam. Euroduplex mulai beroperasi pada Desember 2011 dan bisa mengangkut 1.020 penumpang untuk sekali perjalanan. Tak seperti pendahulunya, Euroduplex jauh lebih ringan dan lebih aerodinamis serta lebih hemat energi.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

SNCF TGV Duplex, Perancis

TGV duplex adalah kereta api tercepat di Prancis dengan kemampuan melaju hingga 319 kilometer per jam. Kereta bertingkat yang beroperasi sejak Desember 2011 ini menghubungkan seluruh kota besar di Prancis dan dianggap sebagai salah satu kereta api ternyaman di Eropa. Layanan kereta api ini terbagi atas kelas standar, kelas utama, dan TGV Pro. Untuk kelas standar tersedia kursi yang nyaman, mesin makanan ringan, dan bar prasmanan. Sedangkan di kelas utama, penumpang mendapat kursi yang lebih nyaman, lampu baca individual, dan soket untuk perlatan elektronik. Lalu, untuk kelas TGV Pro, kursi penumpang jauh lebih nyaman dan lebar, serta mendapatkan minuman gratis, wifi gratis, koran, dan majalah.

ETR 500 Frecciarossa, Italia

Frecciarossa adalah kereta api tercepat di Italia yang dioperasikan perusahaan Trenitalia. Kereta ini memiliki kecepatan maksimum 300 kilometer per jam dan melayani perjalanan antara Milan, Roma, dan Napoli. Saat ini tersedia 28 perjalanan non-stop dari Milan menuju Roma sejauh kurang lebih 620 kilometer yang bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam 40 menit. Frecciarossa terbagi atas kelas standar, premium, bisnis, dan eksekutif. Selain cepat dan nyaman, kereta ini juga kedap suara dan menyediakan layanan wifi gratis.

THSR 700T, Taiwan

Kereta api ini mulai beroperasi pada Januari 2007 ini memiliki kecepatan maksimum hampir 300 kilometer per jam. Dengan kecepatan ini, perjalanan dari kota Taipei dan Kaohsiung (362 kilometer) yang dahulu butuh waktu 4,5 jam kini cukup ditempuh dalam 90 menit. Kereta api buatan Jepang ini memiliki akselerasi kecepatan dari 0 menuju 300 kilometer per jam hanya dalam 15 menit. Kereta api cepat ini biasanya dibagi dalam kelas bisnis dan ekonomi. Di kelas bisnis bisa menampung 92 penumpang dan kelas ekonomi 923 orang penumpang.

Comments are closed.