Ketinggalan Pesawat, Lakukan Langkah Ini!

Travel

Ketinggalan pesawat merupakan hal yang sangat tidak mengenakkan dan tentunya merugikan.  Namun, jika sudah terlanjur terjadi, ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi banyaknya waktu dan biaya yang terbuang.

Bepergian menggunakan pesawat sudah jadi hal umum mengingat tingginya mobilitas orang-orang di tengah waktu yang sangat padat. Dengan pergi menggunakan pesawat, banyak waktu yang tidak terbuang hanya untuk melakukan perjalanan.

Tapi, berhubung pesawat hanya dapat mendarat dan lepas landas di bandara yang notabene jauh dari pusat kota, masalah yang sering muncul dan dirasakan oleh para penumpang adalah ketinggalan pesawat. Padatnya lalu lintas dari tempat tinggal atau menginap menuju bandara menjadi penyebab paling umum yang menyebabkan seseorang ketinggalan pesawat.

Umumnya, setiap maskapai penerbangan menganjurkan penumpangnya untuk tiba paling tidak 90 menit sebelum waktu keberangkatan untuk menghindari terjadinya insiden ketinggalan pesawat. Bila ini benar-benar Anda alami, dampak yang dirasakan sangatlah terasa, seperti waktu terbuang berjam-jam dan tentu biaya yang tidak sedikit.

Namun, jika terlanjur ketinggalan pesawat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak dan kerugiannya.

[quads id=2]

Lakukan ini ya saat ketinggalan pesawat!

Tetap Tenang

Setiap orang pasti akan merasa cemas saat ketinggalan pesawat. Tapi, dalam kondisi seperti ini, usahakan untuk tetap tenang dan berpikir jernih agar tidak semakin membuat Anda kehilangan banyak waktu dan juga biaya. Dikhawatirkan, saat kondisi tidak tenang, Anda mengambil keputusan yang justru semakin merugikan.

Kunjungi Stan atau Hubungi Maskapai Pesawat

Setelah menenangkan diri, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah kunjungi stan maskapai pesawat. Tapi, karena tidak semua maskapai memiliki stan di bandara, Anda dapat menghubungi pihak maskapai melalui telepon. Tanyakan dengan jelas apakah maskapai tersebut menyediakan opsi uang kembali sebagian, perpindahan ke penerbangan berikutnya saat ada slot kursi yang kosong, atau bahkan hangus yang artinya Anda harus membeli tiket penerbangan yang baru.

Alangkah beruntungnya jika maskapai menyediakan opsi pertama dan kedua. Jika uang dikembalikan sebagian, Anda bisa membeli tiket penerbangan yang baru tanpa harus membayar sepenuhnya. Untuk opsi nomor dua, Anda hanya perlu bersabar untuk menunggu jadwal penerbangan berikutnya.

[quads id=5]

Gunakan Fasilitias Travel Meta Search Engine

Ini merupakan opsi terakhir saat tiket Anda dinyatakan hangus ketika ketinggalan pesawat. Travel meta search engine adalah mesin pencari yang dapat Anda gunakan untuk mencari dan membeli tiket pesawat bahkan di saat last minute.

Bahkan, Anda dapat membandingkan harga tiket dari masing-masing maskapai. Dengan begitu, Anda tidak membuang banyak waktu, terlebih jika perjalanan yang harus Anda lakukan adalah perjalanan penting dan tentunya biaya yang harus Anda keluarkan jika salah membeli tiket.

[quads id=7]

Memang, akan banyak kerugian yang dirasakan ketika ketinggalan pesawat. Tapi, setidaknya, dengan langkah-langkah di atas, kerugian dapat ditekan sekecil mungkin. Ke depannya, sebaiknya persiapkan diri Anda lebih matang, seperti berangkat lebih cepat menuju bandara agar tidak ada lagi insiden ketinggalan pesawat.

Comments are closed.