Komunitas Traveling di Indonesia, Tertarik Bergabung?

Travel

Bergabung dengan komunitas traveling akan membuat kita menemukan banyak teman. Selain itu, banyak pengalaman menarik yang akan kita dapatkan.

Traveling ke berbagai tempat terutama yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya tentu sangat menyenangkan. Tapi, tak jarang kita mengurungkan niat karena minimnya informasi atau tidak memiliki teman jalan untuk pergi ke destinasi tersebut. Jika Anda penggemar traveling yang hobi bepergian dalam kelompok, rasanya Anda perlu bergabung dengan komunitas traveling. Anda akan memiliki banyak teman dengan hobi yang sama, yakni traveling. Berikut adalah komunitas traveling yang bisa Anda ikuti!

Komunitas Traveling di Indonesia

Backpacker Indonesia

Backpacker Indonesia, sesuai namanya merupakan forum seputar backpacking dan traveling. Di situs resminya, Anda bisa bertanya atau mengobrol sesama traveler lain mengenai destinasi wisata di seluruh Indonesia. Baik bertanya soal transportasi hingga tempat penginapan murah. Anggotanya sudah sebanyak 63.153 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Dari sana, Anda akan mendapat banyak teman untuk perjalanan traveling Anda berikutnya. Banyak teman, artinya banyak lagi pengalaman baru yang bisa Anda dapatkan. Termasuk mungkin, pengalaman mencintai seseorang yang baru bukan?

Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI)

Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI) adalah tempat ngumpulnya para pendaki gunung. Misinya yakni menyatukan mereka yang memang mencitai alam, petualangan dan mencintai Indonesia. KPGI pun sering memberikan informasi mengenai informasi seputar jalur pendakian di seluruh gunung Indonesia. Mana gunung yang bulannya baik didaki, atau gunung yang sedang kurang baik didaki karena masalah cuaca. Berteman dengan para anggotanya, pasti mengasyikan. Dengarkanlah pengalaman seru mereka saat mendaki gunung, yang mampu membuat Anda ingin naik gunung bareng. Malah, KPGI juga sering mengadakan open trip untuk pendakian. Mereka para pendaki gunung, tentu bukan sembarang orang. Alam telah mengajarkan mereka bagaimana menjadi manusia yang baik dan benar. Berkumpul dengan mereka dijamin bisa mengusir kesepian Anda.

Komunitas Historia Indonesia (KHI)

Mencari sejarah suatu tempat tentu memiliki sensasi tersendiri. Terlebih, banyak sekali tempat bersejarah yang ada di tanah air. Inilah yang melatarbelakangi terbentuknya Komunitas Historia Indonesia. Ada tiga hal yang dijanjikan oleh KHI yakni rekreatif, edukatif dan menghibur. Mereka mengemas bagaimana perjalanan ke museum atau tempat-tempat bersejarah menjadi begitu seru. Bukan cuma sekedar melihat atau foto-foto namun banyak pula kegiatan yang bisa bikin lupa waktu. Di situs resminya, Anda bisa membaca aneka hal soal sejarah Indonesia, dari makanan sampai tokoh-tokoh yang inspiratif. KHI pun menggelar banyak agenda di tiap bulan, seperti penyelenggaraan festival budaya sampai pelesiran ke tempat-tempat yang menarik. Usir rasa kesepian Anda, mari bergabung dan ikut KHI. Belajar sejarah, sungguh tak pernah seseru ini.

Komunitas Wisata Mistis

Komunitas yang satu ini bukanlah komunitas biasa. Inilah Komunitas Wisata Mistis yang ada di Bandung yang akan mengajak Anda jalan-jalan ke tempat angker nan konon berhantu. Komunitas Wisata Mistis merupakan tempat bertukar cerita atau pengalaman seram. Malah, tak jarang Komunitas Wisata Mistis menggelar ekspedisi ke tempat-tempat yang dianggap mistis. Dalam tiap perjalanan, Komunitas Wisata Mistis melakukan perencanaan yang matang. Mereka kadang membiarkan beberapa anggotanya untuk uji nyali, tapi tetap diawasi dari jauh untuk berjaga-jaga. Terkadang, mereka juga mengajak orang pintar yang dapat membantu penelusuran. Kalau lagu sendu tak bisa mengusir rasa kesepian Anda, cobalah kalau berani bergabung di Komunitas Wisata Mistis.

Couchsurfing

Couchsurfing merupakan situs traveling global yang menawarkan penginapan gratis. Dalam jejaring Couchsurfing, setiap member boleh menginap di rumah member lainnya secara gratis. Tiap member pun menawarkan bagaimana fasilitas di dalam rumah dan apa saja yang akan traveler dapatkan. Malah tak sedikit, mereka menawarkan menjadi jasa pemandu wisata kepada traveler. Asal tahu saja, anggota coachsurfing jumlahnya sudah jutaan dan tersebar di berbagai negara. Termasuk di Indonesia, couchsurfing juga sudah ada di Jakarta atau Bali. Anda bisa bergabung dalam couchsurfing untuk memudahkan penginapan saat traveling nanti. Sekaligus berkenalan dengan teman baru, yang mungkin bisa mengusir rasa kesepian Anda.

Marine Buddies

Bagi Marine Buddies menyelam bukan sekadar kegiatan mengeksplorasi alam bawah laut tapi juga metode terbaik menjaga keindahan laut. Digarap organisasi lingkungan WWF Indonesia, komunitas selam yang berdiri sembilan tahun silam ini mengajak para anggotanya untuk peduli laut lewat kegiatan seperti bersih-bersih pantai dan terumbu karang, serta kampanye peduli lingkungan. Anggotanya yang aktif mencapai 50 orang dan tersebar di Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Saban dua bulan sekali, mereka rutin menggelar ajang kumpul-kumpul bertajuk Kopi Laut yang diisi sesi bincang-bincang. Pertengahan 2015, tepatnya Juni, komunitas ini akan menggelar acara peduli lingkungan Sustainable Seafood Festival-Bukan Pasar Ikan Biasa yang dilaksanakan pada Coral Triangle Day.

Indonesian Railway Preservation Society

Jauh sebelum jalan dibangun dan mobil diproduksi masif, kereta dan lokomotif tua adalah moda transportasi utama untuk menjangkau sebuah destinasi. Meski pamornya telah pudar, pesonanya kini masih bisa ditemukan lewat komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS). Beranggotakan sekitar 200 orang, komunitas ini didirikan dengan misi menjaga dan melestarikan kereta-kereta tua di Indonesia. IRPS rutin menggelar wisata kereta dan kini tengah menggalakan gerakan Save Our Heritage yang diluncurkan pada pertengahan 2014. Tujuannya: mengedukasi publik tentang peran kereta dalam sejarah negara. Berkutat dengan sejarah, salah satu kegiatan yang paling berkesan bagi komunitas ini adalah penemuan jalur kereta api pertama di Indonesia yang dibangun antara Semarang ke Tanggung pada 17 Juni 1864. Membentang sepanjang 25 kilometer, jalur ini dahulunya dimiliki dan dikelola perusahaan kereta api pertama, Nederlandsch-Indische SpoorwegMaatschappij (NIS). Saban tiga bulan sekali menggandeng PT. Kereta Api Indonesia, IRPS juga rutin menggelar kunjungan ke stasiun bersejarah seperti Ambarawa, Bogor, dan Sawahlunto guna menghidupkan kembali pengalaman menaiki kereta uap. Dari berbagai komunitas traveling yang ada pada daftar di atas, mana yang sesuai dengan kesukaan Anda?

Comments are closed.