Fakta Korea Utara yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Travel

Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup. Tak heran jika hanya sedikit informasi yang bisa didapatkan seputar negara ini.

Saat mendengar Korea Utara, banyak orang yang langsung berpikir bahwa negara ini adalah negara yang tertutup dan memiliki sistem keperintahan yang tidak biasa. Ya, hal tersebut rasanya sangat lumrah mengingat banyak sekali berita miring seputar negara satu ini.

Saking tertutupnya, sedikit sekali informasi yang dapat diperoleh tentang negara yang dipimpin oleh Kim Jong-Un ini. Namun, seiring berkembangnya zaman, sedikit demi sedikit fakta seputar negara satu ini pun terungkap ke publik. Banyak sekali fakta mengejutkan dan mungkin membuat Anda terheran-heran ketika membaca fakta tentang negara yang memiliki ibu kota Pyongyang ini.

Baca juga: Ini Biaya Visa Korea Selatan yang Harus Disiapkan

Penasaran apa saja faktanya? Mari kita lihat bersama di bawah ini!

Fakta Mencengangkan Korea Utara

Menyembah Kim Jong-Il

Negara ini masuk ke dalam salah satu penganut komunis, namun Korea Utara secara resmi menyembah Kim Jong-il, pemimpin de facto negara ini. Pemimpin resmi adalah masih ayahnya Kim il-sung yang meninggal pada 1994. Menurut cerita penduduk Korea sendiri bahwa Kim Il Sung lahir di Gunung Paektu seperti dewa mistis, karena berdasarkan cerita masyarakat Korea Utara, bahwa gunung tersebut masuk ke dalam gunung keramat yang sangat penting dalam menjaga negara satu ini. Namun laporan Rusia memperlihatkan bahwa Kim Il Sung sebenarnya lahir di Siberia.

Tidak Merayakan Natal

Korea Utara merupakan salah satu negara yang tidak merayakan Natal atau perayaan Christmas. Sebab, negara ini masuk ke dalam paham Komunis yang tidak merayakan berbagai hari agama. Sebagai gantinya, mereka memperingati hari kelahiran Ibu Presiden Kim Jong-Il pada tanggal 24 Desember setiap tahunnya.

Padat Penduduk

Pada Juli 2010, penduduk Korea Utara berjumlah 22 juta menjadikan negara ini sebagai negara berpenduduk terbanyak kelima di dunia. Amerika adalah negara berpenduduk terbanyak ketiga dan juga China merupakan penduduk terbanyak pertama yang ada dengan jumlah satu miliar. Tentu saja hal ini cukup mencengangkan, mengingat negara ini masuk ke dalam negara yang cukup kecil dan tertutup akan informasi kependudukannya. Selain itu banyak informasi yang mengatakan memang pemerintah setempat tidak melakukan pengontrolan kelahiran.

Bendera Korea Utara

Informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui mengenai benderanya. Bendera Korea Utara telah digunakan pada 1948 dan bergambar bintang merah di dalam pita merah besar dan dua pita putih dan biru yang lebih tipis di atas dan di bawahnya. Bintang merah ini melambangkan sosialisme, sedangkan pita merah menimbulkan revolusi untuk pita putih dan memberikan arti kesucian, kekuatan, serta gengsi. Untuk pita biru melambangkan kedaulatan, kedamaian, serta persahabatan. Bendera negara ini termasuk salah satu bendera yang berkibar di setiap sudut di negaranya. Sehingga Anda sangat mudah melihat bendera Korea Utara dikibarkan di seluruh tempat di negara tersebut.

Baca juga: Dari Ratusan Negara, Inilah Negara Tertua di Dunia

Mata Uang Korea Utara

Informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui, mata uang dari Korea Utara adalah Won dari Yuan Cina dan Yen Jepang. Hal ini digunakan dalam usaha mengontrol pasar swasta. Pada 2009 negara ini menilai ulang uang dengan uang kertas seribuan menjadi uang kertas 10 Won, dan membatasi ketat jumlah mata uang lama yang akan digunakan. Gerakan ini ternyata efektif untuk merusak banyak rekening tabungan orang. Namun di sisi lain, pemerintah juga mencoba untuk menyeimbangkan keuangan yang mereka miliki.

Strata Sosial

Korea Utara memang terkenal dengan negara lain yang termasuk salah satunya mengenai teori masyarakat sosialis yang egaliter. Negara ini membagi penduduk menjadi tiga kelas sosial yakni kelas royal atau orang teratas, yaitu keluarga dari pahlawan Perang. Kelompok biasa dan juga kelompok tidak loyal yaitu mereka yang memihak Jepang sebelum Perang Dunia II atau anggota keluarganya melarikan diri dari Korea Utara. Perang dengan kelompok tidak loyal dipaksa bekerja di pertambangan atau pertanian. Sehingga mereka akan memberikan penghasilan kepada negara. Meskipun sudah tersiksa, namun banyak masyarakat yang kabur dan melarikan diri ke negera lain dan yang terdekat Korea Selatan.

Tidak Bisa Selfie

Jika Anda sedang berkunjung ke Korea Utara, Maka jangan harap Anda bisa ber-selfie dengan santai atau memfoto berbagai area dengan menggunakan kamera video. Sebab, jika Anda ketahuan mengambil foto tanpa izin dari pihak yang bersangkutan, maka Anda akan dijatuhi dengan hukuman yang cukup berat dari pemerintah setempat.

Negara ini termasuk salah satu negara yang tidak sembarangan membiarkan negaranya terekspos di dunia luar. Sehingga, mereka yang datang berkunjung ke sini dilarang untuk mengambil foto dan juga mengambil video. Terutama mengabadikan berbagai kegiatan masyarakat Korea atau pemerintahnya.

Model Rambut

Jika Anda tinggal di Korea Utara, maka tidak boleh bebas mengganti rambut sesuai seperti yang ada di Indonesia. Anda hanya bisa memilih satu dari 28 model rambut yang ada dan yang disediakan. Umumnya model rambut yang banyak diberikan seperti halnya bentuk model rambut presiden mereka yaitu Kim Jong Un. Di sisi lain para pemangkas rambut juga tidak boleh sembarangan membentuk atau membuat model terbaru untuk masyarakat.

Baca juga: 10 Negara yang Dihapuskan dari Peta Dunia

Terowongan Rahasia

Informasi yang jarang diketahui selanjutnya adalah Korea Utara tercatat pernah membuat terowongan untuk memata-matai Korea Selatan pada 2014 lalu. Bagaimana cara membuat terowongan yang kabarnya dapat menembus hingga Korea Selatan dan perbuatannya ini diketahui oleh pihak Korea Selatan. Namun negara ini beralasan bahwa penggalian terowongan tersebut dilakukan untuk mencari batu bara. Di sisi lain terowongan ini sering kali dimanfaatkan untuk masyarakat setempat yang nekat untuk kabur dan berpindah ke negara Korea Selatan. Alasan umumnya tentu saja mereka tidak dapat hidup di negara yang tertutup dan dibatasi sangat ketat.

Kejam dan Mengerikan

Informasi terakhir yang harus Anda ketahui adalah warga Korea Utara yang kabur ke Korea Selatan, akan disebut sebagai pengkhianat. Negara di mana warga tersebut akan menggambarkan kehidupan penjara pemerkosaan kerja paksa, pembunuhan bayi, dan percobaan medis yang sering terjadi pada manusia. Selain itu, meskipun Korea Utara memiliki banyak sumber daya mineral, namun negara ini juga memiliki senjata nuklir yang dianggap sebagai salah satu negara nuklir yang paling ditakuti di dunia. Hal ini menjadikan mereka memimpin masyarakat atau rakyat mereka dalam sistem otoriter sehingga banyak warga Korea Utara merasa hidup dalam ketakutan dan tidak merasa bebas.

Tertutupnya Korea Utara dari dunia luar membuat tidak banyak informasi yang dapat diungkap. Namun, sejauh ini, itulah fakta yang terungkap dari negara satu ini. Informasi apa yang mungkin sudah Anda ketahui seputar negara satu ini?

Comments are closed.