Destinasi Religi Kota Makkah yang Wajib Dikunjungi

Travel

Jika ingin merasakan nikmatnya beribadah di Tanah Suci, jangan lewatkan deretan tempat ini saat berkunjung ke kota Makkah.

Bisa diartikan, Makkah adalah ibu kotanya umat islam di dunia. Di sanalah agama ini lahir dan berkembang pesat. Sebagai saksi sejarah terlahirnya sebuah keyakinan, Makkah masih menyimpan banyak prasasti, dari mulai makam Muhammad hingga berbagai peninggalan Islam dimasa awal penyebarannya.

Umumnya mereka yang berkunjung ke Makkah adalah para muslim. Tujuannya untuk berwisata mengunjungi keindahan negeri berpadang pasir tersebut, sekaligus mengecap manisnya beribadah di tanah palinng suci bagi umat Islam ini.

Meski dikenal sebagai pusatnya Islam, tapi tempat ini tidak sepenuhnya menutup diri untuk kaum non-muslim. Pemerintah Arab Saudi memang melarang beberapa tempat untuk dikunjungi orang diluar Islam. Namun, destinasi lain seperti kebun kurma dan pegunungan batu biasanya terbuka untuk siapa saja.

Jika Anda berniat mengunjungi Makkah dengan tujuan mendekatkan diri kepada sang pencipta, ini 10 destinasi religi yang wajib dikunjungi.

tempat wisata kota mekkah

Source: shutterstock.com

6 Destinasi Reliigi Kota Makkah

Gunung Arafah

Gunung Arafah merupakan sebuah bukit kecil yang terletak di sebelah timur Makkah dengan ketinggian disekitar 230 kaki. Tempat ini adalah tempat terakhir turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad (SAW). Setiap tahun ketika Ibadah Haji tiba, ratusan ribu peziarah menghabiskan satu hari penuh di Arafah untuk berdoa kepada Tuhan dan meminta pengampunan dan berkah.

Arafah sendiri adalah padang batu granit di mana Adam dan Hawa kembali bertemu setelah 200 tahun terpisah. Tidak heran jika tempat ini juga sering dijadikan lokasi para peziarah yang memohon agar dipertemukan dengan jodohnya.

Masjid Ji’ranah

Masjid ini merupakan tempat Nabi Muhammad SAW bermiqat. Letaknya di perkampungan Ji’Ranag di Wadi Saraf, yakni berjarak sekitar 24 km dari Masjidil Haram. Lokasi ini jadi saksi bisu ketika Nabi Muhammad hampir diracuni. Para musuh menebar racun ke dalam sumur yang airnya dikonsumsi Nabi dan pengikutnya.

Namun, malaikat Jibril telah lebih dulu memperingatkan Nabi Muhammad sehingga ia memutuskan untuk menutup sumur tersebut. Jika penasaran seperti apa bentuknya, cobalah kesini. Namun, jangan kira bisa melihat bagian dalamnya karena hingga saat ini pemerintah Saudi masih menutup sumur tersebut.

Baca juga: Apa Saja yang Menjadi Perbedaan Haji dan Umroh?

Gua Hira

Gua Hira inilah pertama kalinya Nabi Muhammad menerima wahyu dari malaikat Jibril. Lokasinya berada di bawa gunung Jabal Nur yang terkenal curam dan terjal. Untuk sampai di gua hira Anda harus lebih dulu mendaki Jabal Nur. Terletak di jalur Jalan Thaif (Sael), Jabal Nur punya tinggi mencapai 281 meter (m), dan panjang pendakiannnya sekitar 645 m.

Setelah mendaki sampai puncak, Anda harus kembali turun sekitar 40 meter untuk sampai di gua Hira. Jika ingin memasuki gua yang hanya punya ketinggian dua meter ini Anda harus menyiapkan fisik yang tangguh, lantaran harus menghadapi medan terjal bebatuan.

Masjid Tan’im

Jaraknya sekitar 6 km dari Masjidil Haram, Masjid Tan’im sering juga disebut sebagai Masjid Siti Aisyah. Sebabnya, inilah dahul Siti Aisyah pernah diperintahkan Nabi Muhammad untuk umrah dari tempat ini.

Masjid Tan’im di Mekkah

Source: shutterstock.com

Disebutkan pula bahwa masjid ini adalah salah satu tempat miqat umrah bagi penduduk Makkah dan orang-orang yang bermukim di sana. Jaraknya yang dekat dan transportasi yang mudah jadi alasanya. Terletak di sebelah utara Masjidil Haram, Masjid Tan’im hanya berjarak kira-kira 7.5 km di pinggir jalan raya menuju kota suci Madinah.

Jabal Nur

Saat berwisata ke kota Makkah rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Jabal Nur. Sebuah gunung bersejarah di mana Nabi Muhammad diangkat sebagai nabi terakhir. Berada dikawasan Hejaz gunung ini memiliki arti cahaya, merujuk pada pertama kali Nabi Muhammad menerima wahyu.

Baca juga: Jangan Gegabah! Ini Cara Memilih Travel Umroh yang Terpercaya

Siapkan stamina Anda jika ingin sampai dipuncak Jabal Nur karena medan yang akan dilalui sangat berat, yakni bebatuan dan kerikil. Lokasi ini tidak pernah sepi dari pengunjung sehingga jangan heran jika nanti Anda banyak menemukan teman baru dari berbagai belahan dunia.

Masjidil Haram

Masjidil haram adalah tujuan utama para pelancong ke kota Madinah. Tempat ini merupakan masjid pertama yang berdiri dimuka bumi dan merupakan representasi dari rumah Allah (Baitullah). Dibangun oleh Nabi Ibrahim bersama putranya Ismail, masjid ini meninggilkan kembali findasi ka’bah yang lama terpendam sepeninggal Nabi Adam.

Masjidil Haram

Source: shutterstock.com

Tentu Masjidil Haram kini sudah banyak mengalami perubahan dan terkesan lebih moderen, tapi tidak mengurangi kekhidmatan beribadah umat Islam. Mereka yang pernah beribadah di masjid ini juga mengakui merasa lebih khusyuk dan lebih dekat dengan sang pencipta.

Fakta-fakta Menarik Kota Mekkah

Selain sebagai lokasi wisata religi, kota Makah juga memiliki beberapa tempat yang jadi perbincangan dunia. Tidak banyak yang mengulasnya sehingga mungkin Anda juga belum tahu soal fakta ini.

Kota Tertua di Dunia

Makkah adalah salah satu kota tertua di dunia yang masih dihuni manusia. Sumur zam-zam yang berada di Makkah saja sudah berusia 4000 tahun lebih. Artinya, kota ini juga sudah berusia ribuan tahun. Kota ini tidak seperti kota lain yang kerap ditinggalkan pada masa perang atau mengalami bencana alam, seperti kekeringan panjang. Bumi Makkah tetap kaya dan tak pernah ditinggalkan warganya. Inilah yang membuat kota ini jadi salah satu kota istimewa.

Baca juga: Sejarah dan Keistimewaan Masjid Nabawi Anda Harus Tahu!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Punya Masjid Termahal di Dunia

Media Inggris The Telegraph menempatkan Masjidil Haram sebagai bangunan paling mahal di dunia. Wajar, proses renovasi masjid ini memang memakan biaya besar, yakni mencapai $100 miliar. Masih dalam daftar The Telegraph, kota Makkah menempati urutan kedua dalam kepemilikan gedung paling mahal, yakni Abraj Al Bait.

Tidak Pernah Disahkan Sebagai Ibukota Negara Islam

kota mekkah di malam hariJika katolik memiliki Vatikan, sebagai pusat organisasi keagamaan, lain halnya dengan Makkah. Meski setiap tahun menjadi tujuan utama untuk menunaikan Ibadah Haji, pemerintah Arab Saudi tidak pernah memisahkan Makkah dari kekuasaan teritorial mereka. Pihak kerajaan tidak pernah turut campur dalam persoalan Agama. Posisi mereka hanyalah sebagai tangan kedua Tuhan, yakni yang menjaga keamanan dan ketertibah Makkah khususnya Masjidil Haram.

Punya Rumah lelang

Dalam Rumah Lelang Anda bisa menemukan berbagai perhiasan, seperti cincin kuno, uang kertas bekas, koin Islam kuno, dan benda-benda menarik lainnya. Terletak di Hilton Tower, Anda akan menemukan sensasi berbeda dipusat lelang ini karena begitu banyak menampilkan kekayaan Islam.

Itulah beberapa fakta menarik soal kota Makkah, buktikan sendiri kebenarannya dengan mengunjungi kota ini langsung.

Comments are closed.