Kuliah di Inggris Bukan Sekadar Mimpi

Travel

Untuk bisa kuliah di Inggris memang cukup sulit. Selain memiliki wawasan yang luas, rupanya Anda juga harus mempersiapkan hal-hal di bawah ini agar mimpi untuk kuliah di sana bisa terlaksana.

Melanjutkan pendidikan di Inggris memang sudah menjadi cita-cita beberapa anak bangsa. Pasalnya, Inggris termasuk negara yang pendidikan tergolong maju. Ada banyak universitas ternama di Inggris yang masuk ke dalam universitas terbaik di dunia. Sebut saja University of Oxford yang menjadi universitas berbahasa Inggris tertua di dunia. Selain itu ada juga University of Cambridge, Imperial College London, University College London (UCL), University of Edinburgh, dan beberapa universitas lainnya.

Untuk bisa kuliah di Inggris memang tidaklah mudah. Baik itu untuk jalur reguler maupun beasiswa. Hanya orang-orang cerdas dan terbaiklah yang bisa tembus dan menempuh pendidikan di negara tersebut. Namun, cerdas itu bukan menjamin Anda bisa kuliah di sana. Masih banyak hal lain yang harus Anda pehatikan agar bisa berkuliah di Inggris. Kira-kira apa saja tip untuk bisa kuliah di Inggris?

Baca juga: Cara Menyiasati Biaya Kuliah yang Mahal

Persiapan Kuliah di Inggris

Memperbanyak Relasi

Relasi bukan hanya dibutuhkan dalam hal pekerjaan saja. Tapi juga pendidikan. Percayalah dengan memperbanyak relasi, jalan Anda untuk mendapat beasiswa ke Inggris semakin mudah. Contohnya, Anda memiliki teman yang kuliah di sana karena beasiswa. Anda bisa cari info menarik seputar beasiswa dari teman Anda tersebut. Intinya, informasi up to date seputar beasiswa dan info-info penting lainnya bisa Anda dapatkan jika memiliki banyak relasi.

Waktu yang Cukup

Dikarenakan persiapan yang dibutuhkan untuk kuliah di Inggris sangatlah banyak, jadi Anda harus meluangkan waktu yang cukup agar semua persiapan dan keperluan bisa terselesaikan dengan tepat waktu.

Persiapan yang Matang

Selain relasi, persiapan macam apa lagi yang dibutuhkan? Untuk meraih beasiswa ke Inggris, persiapan yang paling diutamakan adalah urusan dokumen. Banyak banget dokumen yang harus dipersiapkan. Mulai dari sertifikat TOEFL atau IELTS, surat rekomendasi, terjemahan ijazah dan transkrip nilai, sampai mengurus yang namanya paspor ataupun visa pelajar. Itu semua membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dipersiapkan. Sebaiknya Anda persiapkan semuanya dari awal ya.

Informasi yang Kuat

Jangan sampai Anda sudah mempersiapkan semuanya, tapi ternyata informasi yang Anda terima itu kurang lengkap, atau bahkan salah. Karena itu, pastikan untuk mendapat informasi yang akurat tentang beasiswa ke luar negeri ini dari sumber yang kredibel atau terpercaya. Misalnya dari website resmi universitas ataupun lembaga pemberi beasiswa. Selain itu, waspada juga kalau misalnya ada modus penipuan yang menjanjikan beasiswa ke luar negeri secara instan. Selalu cek dahulu kredibilitas dari pihak yang menjanjikan beasiswa tersebut.

Latih kemampuan berbahasa Inggris

Melatih kemampuan berbahasa Inggris dengan fasih adalah sebuah kewajiban jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Dikarenakan Inggris negara yang Anda tuju, jadi kemampuan berbahasa internasional ini harus sangat fasih dan benar. Untuk menguji Anda benar mampu berbahasa Inggris, biasanya tes TOEFL digunakan sebagai standar. Jika berasal dari sekolah yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, perlu mengambil tes TOEFL di tempat berlisensi.

Persiapan untuk Tes SAT atau ACT

Tes Scholastic Aptitude Test (SAT) dan American College Testing (ACT) merupakan ujian akademik yang menentukan apakah Anda mampu belajar di universitas yang diinginkan. Tes ini merupakan ujian yang wajib ditempuh untuk Anda yang berkuliah di luar negeri. Tes SAT seperti tes matematika dan bahasa Inggris. Untuk tes bahasa Inggris mirip dengan tes psikologi. Ada juga tentang sinonim, antonim, dan sebagainya. Jadi Anda kita harus menghafalkan kata-kata sulit dalam bahasa Inggris. Tes ACT tidak jauh berbeda dengan SAT hanya saja memiliki tes untuk sains. Tes ACT biasanya diambil bagi Anda yang memiliki minat di bidang sains.

Baca juga: Rencana Kuliah Online? Pertimbangkan Ini!

Prestasi dan Aktivitas di Luar Akademik

Pihak admission officer akan mengecek nilai rapor yang dimiliki. Meskipun begitu, penilaian tidak sepenuhnya bergantung pada nilai akademik di sekolah, tetapi juga aktivitas di luar sekolah yang memiliki prestasi. Prestasi lomba baik dalam bidang olahraga maupun sains juga menjadi nilai tambah. Aktivitas lain yang bersifat non-akademik dan ikut menjadi relawan di berbagai aktivitas mampu menarik admission officer. Sepak terjang non-akademik tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan mengenai kontribusi apa yang bisa diberikan pelamar kepada universitas.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Persiapkan Aplication Essay

Ada beberapa universitas terbaik di Inggris yang mengharuskan calon mahasiswa meminta untuk menulis esai tentang personal statement. Esai ini menarik karena harus stand out dari applicant lainnya. Anda harus menunjukkan sisi yang tidak biasa, tapi pilih sisi cerita menarik yang bisa menggambarkan diri sendiri dan pengalaman yang membedakan diri dari orang lain. Dalam pembuatan esai tersebut dianjurkan untuk menjadi diri sendiri dengan sentuhan yang bersifat personal dan tulus dalam menceritakan ketertarikan terhadap universitas dan jurusan yang diinginkan.

Letter of Recommendation

Surat rekomendasi bisa diberikan oleh guru di sekolah. Sangat disarankan agar surat rekomendasi dibuat oleh guru yang benar-benar mengenal sosok Anda agar dapat menulis surat rekomendasi yang menarik dan tidak bersifat umum untuk menarik perhatian admission officer.

Comments are closed.