12 Persiapan Sebelum Libur Lebaran. Jangan Tertinggal Ya!

Travel

Libur Lebaran memang sangat pas jika dimanfaatkan untuk bepergian bersama keluarga. Agar momen liburan tak terganggu, siapkan segala sesuatunya dengan baik.

Tak terasa, beberapa hari lagi Idulfitri tiba. Seluruh umat Islam pasti merayakannya dengan suka cita. Bahkan, tak cuma orang-orang muslim, orang yang beragama lain pun turut menikmati momen ini. Sebab, libur Idulfitri atau Lebaran memiliki durasi yang cukup panjang. Jadi, banyak orang yang tidak pergi mudik dan memanfaatkan libur Lebaran dengan pergi bersama keluarga dan orang terdekat.

Seperti momen liburan lainnya, libur Lebaran pun membutuhkan persiapan yang matang agar liburan tidak terkendala oleh hal sekecil apa pun. Maka dari itu, sebelum memulai liburan, alangkah baiknya Anda menyiapkan hal-hal di bawah ini terlebih dulu!

Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Pergi Libur Lebaran

Memastikan Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan yang baik tentu akan berpotensi untuk menciptakan liburan Lebaran yang berkualitas. Apa jadinya jika kendaraan mogok di tengah jalan? Oleh karena itu, pastikan selalu kondisi kendaraan sebelum digunakan untuk liburan ketika hari raya. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, harus selalu dicek kestabilan dan performanya. Jangan sampai menyesal di perjalanan.

Mempersiapkan Bekal Makanan

Setelah mengetahui siapa saja yang ikut dan kendaraan apa yang perlu dipersiapkan, hal selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bekal makanan yang cukup. Pastikan bekal apa saja yang perlu dibawa dan jenis makanan apa saja yang bisa dibawa dengan praktis.

Jangan sampai kelaparan di tengah jalan, karena tidak setiap destinasi wisata menyediakan fasilitas untuk makan. Siapkan bekal yang disukai seluruh anggota keluarga dan jangan lupa untuk selalu membawa air minum yang cukup.

Siapkan Playlist Lagu

Agar perjalanan lebih menyenangkan bagi Anda dan keluarga, siapkan sebuah playlist yang bisa dinikmati dalam perjalanan. Menikmati perjalanan adalah salah satu kunci pengalaman yang berkualitas. Dan musik adalah salah satu hal yang bisa membantu mencairkan suasana ketika dalam perjalanan. Jika perlu, kumpulkan playlist favorit dari setiap anggota keluarga yang ikut agar lebih adil.

Bawa P3K

Obat-obatan ringan alias P3K itu juga penting. Tidak ada salahnya, kan membawa kotak P3K. Kita juga tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi di depan sana. Persiapkan obat-obatan ringan seperti obat flu, obat sakit kepala, obat-obatan oles, obat anti mabuk, balsem, koyo, dan sebagainya. Semua itu akan membantu kelancaran perjalanan.

Bawa Uang Lebih

Uang lebih harus tetap dipersiapkan untuk berjaga-jaga. Siapa tahu macet yang terjadi selama berjam-jam mengharuskan Anda menginap di penginapan. Tentu akan ada rencana tidak terduga. Oleh karena itu, selalu siapkan dana cadangan.

Siapkan Itinerary Libur Lebaran dengan Matang

Rencana perjalanan yang matang harus dipersiapkan, lengkap dengan rencana A, rencana B, dan seterusnya. Dari sana akan diketahui apa saja yang diperlukan dan kapan saja waktu yang tepat untuk makan, beribadah, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Situs Traveling

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan situs traveling. Di dalam situs traveling ini biasanya kita akan menemukan beberapa referensi destinasi yang asyik untuk dikunjungi. Dengan begitu akan lebih mudah dalam memilih tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi saat Lebaran.

Jangan Lupa Pesan Hotel untuk Libur Lebaran

Melakukan pemesanan hotel adalah opsional apabila destinasi wisata yang akan dikunjungi saat Lebaran jauh dari tempat tinggal. Jika memang memerlukan hotel, akan lebih baik jika memesan hotel jauh-jauh hari, karena saat liburan Lebaran biasanya tempat wisata akan dipadati pengunjung, termasuk juga penginapan atau hotelnya.

Estimasi Biaya Libur Lebaran

Pasti sudah tahu jika liburan juga membutuhkan biaya. Maka dari itu cobalah untuk mengkalkulasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk liburan saat Lebaran ini, mulai dari tiket masuk, biaya perjalanan, sampai hal-hal penting lainya.

Jangan sampai liburan ini malah jadi malapetaka untuk kantong kita. Jika memang belum mencukupi untuk berkunjung lokasi wisata yang di idam-idamkan, cobalah alternatif lokasi lain. Salah satu cara yang paling mudah dalam mencari estimasi biaya adalah dengan memanfaatkan situs traveling. Kita bisa menemukan informasi lengkap tentang biaya masuk wisata sampai biaya hotel.

Siapkan Fisik

Kita wajib mempersipakan fisik yang baik saat akan berangkat liburan saat Lebaran. Kenapa menjaga fisik saat Lebaran itu sangat penting? Sebab, biasanya menjelang Lebaran, orang lebih sibuk mempersiapkan berbagai hal, ditambah beberapa tradisi menyambut Lebaran seperti mudik ke kampung halaman, yang biasanya menempuh jarak yang jauh.

Selain itu, liburan saat Lebaran memang membutuhkan energi yang lebih, karena biasanya jalanan akan sangat ramai, dan tak jarang macet panjang.

Nah, untuk menanggulangi dan menjaga fisik tetap kuat dan sehat adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta tidak lupa olahraga. Salah satu olahraga yang murah namun sangat efektif untuk menjaga stamina adalah dengan lari pagi.

Diskusikan Tujuan Liburan dengan Anggota Keluarga

Hindari berlibur Lebaran di tempat yang sama pada Lebaran sebelumnya. Maksudnya untuk mencari suasana yang berbeda untuk memberikan wisata yang berkesan bagi keluarga. Tidak ada salahnya berdiskusi dengan keluarga tentang tujuan wisata yang paling diinginkan untuk dikunjungi saat libur Lebaran.

Selalu Berdoa agar Diberi Keselamatan

Manusia hanya berencana dan Tuhan yang punya kehendak. Namun takdir pun dapat diubah menjadi baik jika manusia berdoa. Jangan lupakan untuk tetap berdoa dan berlindung pada Tuhan. Perhatikan perubahan cuaca di sekitar tempat wisata. Jika hujan terus menerus atau sedang musim angin, sebaiknya cari tempat wisata yang relatif aman dari gangguan cuaca.

Jika persiapan di atas sudah Anda lakukan, tentu momen libur Lebaran Anda akan sangat minim kendala. Selamat libur Lebaran ya!

Comments are closed.