Liburan ke Batu Caves yang Aman dan Nyaman

Travel


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Batu Caves adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Malaysia. Suguhan gua dan kuil yang terbentuk dari batu kapur ini sangatlah sedap dipandang. Tapi, agar liburan ke Batu Caves menjadi lebih aman dan menyenangkan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

 

Jika berlibur ke Malaysia, rasanya ada yang kurang jika hanya berwisata di dalam kota dan kuliner. Padahal, banyak destinasi wisata yang ada di Malaysia, salah satu yang paling digandrungi saat ini adalah Batu Caves.

Batu Caves adalah sebuah bukit kapur yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua yang terletak di Selangor, Malaysia. Kuil-kuil di Batu Caves ini digunakan oleh masyarakat Hindu di Malaysia untuk beribadah dan merayakan hari-hari besar keagamaan.

Pesona yang membuat Batu Caves menarik untuk dikunjungi adalah arsitektur alami yang membentuk batu kapur menjadi beberapa bagian gua yang sangat sedap dipandang. Jangan khawatir bila igin berkungjung ke Batu Caves sebab tempat ini dibuka setiap hari untuk umum, jadi Anda bisa kapan saja berkunjung ke gua batu kapur yang menawan ini.

Terlebih jika Anda datang di saat Festival Thaipusam yang diselenggarakan pada 31 Januari setiap tahunnya, Anda tak hanya dapat menikmati keindahan arsitektur dan alam di sekitar Batu Caves, tapi juga merasakan keseruan festival yang dihadiri lebih dari 1,5 juta umat Hindu dari seluruh dunia.

Baca juga: Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor

Berkunjung ke Batu Caves memang mudah dan tak memiliki risiko yang tinggi. Tapi, tentu Anda ingin kunjungan Anda ke gua batu tersebut berjalan aman dan nyaman, kan? Maka dari itu, kami rangkum tips aman dan nyaman berwisata ke Batu Caves di bawah ini!

Miliki Asuransi Perjalanan Melalui Futuready.com

Bukan hanya itinerary saja yang harus Anda pikirkan, tetapi jaminan dan perlindungan selama perjalanan juga harus diperhatikan. Untuk dapat menikmati liburan yang menyenangkan tanpa ancaman yang membuat khawatir, cara terbaiknya dengan membeli asuransi perjalanan.

batu caves temple

Sumber: Theborneopost

Liburan dengan destinasi Batu Caves, akan lebih baik Anda memilki jenis asuransi perjalanan internasional yang menawarkan manfaat meliputi wilayah internasional. Dalam asuransi perjalanan internasional ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  1. Pertanggungan kesehatan dari kecelakaan diri.
  2. Evakuasi medis.
  3. Biaya-biaya medis.
  4. Jaminan kehilangan dokumen perjalanan.
  5. Kehilangan bagasi.
  6. Manfaat jaminan kehilangan dokumen perjalanan.
  7. Ketidaknyamanan perjalanan karena pembatalan perjalanan.

Siapkan Uang Pas Menuju Batu Caves

Di mana pun Anda berada di Malaysia, untuk berkunjung ke Batu Caves, Anda harus menggunakan kereta rel listrik atau KRL yang tersedia di berbagai lokasi di negeri jiran. Harga tiket KRL ini hanyalah 2,6 MYR.

Baca juga: Ingin Nonton MotoGP Malaysia? Begini Caranya!

Nah, pihak KRL di Malaysia biasanya tidak menyediakan kembalian yang jumlahnya kecil. Jadi, jika Anda memberikan uang sejumlah 3 MYR ke petugas, tak akan ada kembalian yang Anda terima. Memang sedikit jumlahnya, tapi sayang juga, kan? Makanya, lebih baik siapkan uang pas untuk membayar apa pun di Malaysia, termasuk KRL menuju Batu Caves.

Bawa Camilan dan Minum yang Cukup

Untuk mencapai gua terbesar yang ada di Batu Caves, Anda perlu berjuang melewati 272 anak tangga terlebih dulu. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, pastinya butuh tenaga ekstra. Bila tidak, Anda akan kehabisan energi di tengah jalan.

batu caves malaysia

Sumber: Tripexplore

Opsi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membawa camilan dan minuman yang cukup dalam tas. Jadi, saat Anda menaiki anak tangga dan merasa lelah, cukup istirahat menikmati pemandangan sebentar sambil memakan camilan dan meminum air yang Anda bawa.

Bawalah Topi Saat Mengunjungi Batu Caves

Waktu terbaik mengunjungi Batu Caves adalah siang hari, karena pemandangannya akan terlihat jelas di bawah cerahnya sinar matahari. Tapi, risiko yang akan dihadapai adalah teriknya matahari yang akan membuat Anda banjir keringat dan mungkin saja menyebabkan sakit kepala.

Jadi, jika Anda ingin mengunjungi Batu Caves di siang hari, jangan lupa membawa topi untuk menutupi kepala dan mata Anda dari tajamnya sengatan sinar matahari agar perjalanan Anda mengelilingi tempat wisata satu ini berjalan lancar dan menyenangkan.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Gunakan Celana Panjang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Batu Caves bukan hanya obyek wisata, melainkan tempat ibadah umat Hindu di Malaysia. Jadi, sudah seharusnya pengunjung berpenampilan sopan di sana. Kejadian yang sering terjadi adalah pengunjung yang diharuskan menyewa kain karena menggunakan celana pendek.

Nah, agar tidak mengeluarkan biaya tambahan ini, sebaiknya Anda menggunakan celana panjang dan baju yang sopan ya. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda sudah menghormati agama lain.

Jangan Menggantungkan Barang Berharga

Batu Caves terletak di alam terbuka, jadi sudah pasti banyak tumbuhan dan hewan yang mengelilingi obyek wisata ini, salah satu yang dominan adalah monyet. Seperti yang Anda tahu, monyet sangatlah lihai mengambil sesuatu sambil melompat dari satu tempat ke tempat lain.

Agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan gantungkan barang-barang berharga di tubuh Anda, karena monyet akan sangat mudah merampasnya. Simpanlah barang-barang seperti kamera dan smartphone di dalam kantung celana atau tas.

Dengan menerapkan poin-poin di atas, liburan Anda di Batu Caves tentu akan lebih aman dan menyenangkan. Siap atur tanggal untuk berkunjung ke sana?

Comments are closed.