Mau Liburan ke Luar Kota dengan Mobil? Ini Tipnya!

Travel

Jalan-jalan ke luar kota menggunakan mobil merupakan pengalaman seru dan menyenangkan, ini dia tip liburan dengan mobil untuk perjalanan yang memberikan pengalaman berharga.

Merencanakan perjalanan ke luar kota melalui jalan darat merupakan pilihan efektif, hemat, dan flksibel. Apalagi jika liburannya bersama-sama dengan keluarga besar, tentu sangat menyenangkan. Bukan hanya itu saja, liburan ke luar kota menggunakan mobil bersama orang terdekat dan keluarga bisa menghangatkan suasana. Berkendara sambil bercerita, mendengarkan musik, karaoke, hingga keseruan lainnya yang bisa Anda lakukan di sepanjang perjalanan.

Anda yang tinggal di ibu kota seperti Jakarta dan bosan liburan yang hanya itu-itu saja, ada banyak tempat wisata luar kota yang jaraknya masih terjangkau. Sepeti Bandung, Bogor, Anyer, Garut, Pangandaran, Yogyakarta, Lampung, Palembang, atau bisa juga ke Bali. Bukan hanya menikmati keindahan destinasi wisatanya saja, tetapi di setiap kota tentu memiliki kuliner khas yang patut Anda cicipi. Nah, bagi Anda yang merencanakan liburan ke luar kota menggunakan mobil.

Ini tips liburan dengan mobil ke luar kota?

Jaga Kondisi Tubuh

Tip liburan dengan mobil ke luar kota yang pertama, yaitu persiapkan kondisi fisik Anda dengan baik beberapa hari sebelum berangkat, seperti berolahraga, istirahat teratur, dan menjaga pola makan. Jika rute yang ditempuh terbilang jauh, sebaiknya nyetir secara bergantian dengan anggota keluarga yang bisa menyetir. Seperti pasangan Anda misalkan.

Cek Kondisi Mobil

Periksa sebaik mungkin seputar komponen-komponen mobil yang bisa mengalami kerusakan saat di jalan, sehingga hal tersebut tidak akan Anda alami. Ini penting sebagai tip liburan dengan mobil. Misalnya, Anda memeriksa kondisi aki. Apakah masih laik untuk digunakan dalam kondisi medan yang jauh.

Periksa kondisi Ban

Selanjutnya tip liburan ke luar kota dengan mobil, yaitu periksa ban. Kondisi ban sangat penting untuk diperiksa terlebih dahulu. Cek tekanan ban agar tidak terlalu tinggi tekanan anginnya atau terlalu rendah. Cek juga alur ban yang harus bisa di segala kondisi, jangan mengambil risiko bila menggunakan ban yang sudah tipis, karena bisa berpotensi menjadi penyebab kecelakaan.

Periksa Kondisi Rem, Gas, dan Kopling

Sebaiknya Anda bisa memeriksa kondisi kontrol utama pada kendaraan, seperti setir kemudi mobil, pedal rem, pedal gas, dan juga pedal kopling. Cek satu-persatu dan pastikan agar semuanya berfungsi dengan baik untuk menghindari dari kecelakaan.

Periksa Sistem Pendingin Mesin

Periksa dengan baik sistem pendingin mesin yang meliputi thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dan coolant level. Sistem pendingin udara (AC) juga harus Anda perhatikan dingin atau tidaknya, agar saat di perjalanan bisa optimal digunakan. Tip liburan dengan mobil tentunya ada hal yang harus membuat nyaman.

Periksalah Radiator

Air radiator harus diperiksa dengan saksama untuk menjaga mesin tetap stabil, gunakan air radiator yang berkualitas baik dan benar. Kegunaannya untuk mengurangi panas pada indikator mesin, karena kalau sampai air radiator kering dan tidak diperhatikan akan repot kalau radiator meledak di perjalanan. Air radiator juga bisa mengurangi karat pada radiator, sehingga mesin mobil akan tetap terawat. Ini juga faktor penting dalam tip liburan dengan mobil.

Jangan Membawa BarangTerlalu Banyak

Dalam melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, perhatikanlah beban yang mobil agar seimbang. Bawalah barang seperlunya saja untuk kebuthan Anda di perjalanan dan sampai tujuan. Jangan membawa barang-barang tidak perlu yang memakan tempat dan menambah beban saja sepeti ingin pindahan, itu akan membuat mobil tidak seimbang karena kelebihan beban.

Membawa Orang Sesuai Muatan

Baik itu perjalanan dekat ataupun jauh, Anda tetap harus mematuhi kapitas yang diberikan setiap mobil. Jangan pernah membawa orang melebihi kapasitas yang diberikan. Pasalnya, jika Anda memaksakan untuk membawa muatan lebih dari kapasitasnya, tentu itu akan membahayakan perjalanan Anda.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Beristirahat Bila Mengantuk di Jalan

Ini penting sebagai poin terakhir tip liburan dengan mobil. Ketika dalam perjalan Anda sudah mulai letih dan mengantuk janganlah dipaksakan menyetir. Lebih baik Anda beristirahat sejenak pulihkan tenaga, setelah semuanya segar Anda bisa kembali memulai perjalanan lagi. Seperti kita tahu risiko mengantuk di jalan bisa berakibat kecelakaan dan merugikan orang lain.

Membawa Uang Tunai

Dikarenakan perjalanan yang Anda lakukan adalah melalui darat, tentu akan banyak tempat yang disinggahi sebagai tempat untuk beristirahat. Apalagi daerah yang Anda kunjungi terbilang pelosok dan sulitnya ATM. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyediakan uang tunai agar jika ada kebutuhan dadakan yang ingin dibeli, Anda tidak sulit untuk bertransaksinya.

Persiapkan Bensin dan E-money

Perjalanan panjang tentu membuat Anda membutuhkan bahan bakar yang penuh. Isi penuh bahan bakar sebelum berangkat untuk menghindari bensin habis di jalan. Belum lagi jika susah menemukan pompa bensin selama perjalanan. Jangan sampai bensin sudah tipis Anda baru panik mencari pom bensin, ini sangat riskan untuk perjalanan jauh.

Oh ya, semua pembayaran tol sekarang sudah tidak lagi menggunakan uang tunai. Pastikan juga e-money cukup untuk membayar tol apabila jalur yang dilalui membutuhkan jalur bebas hambatan.

#Siapindulu Asuransi Mobilnya di Futuready

Futuready menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di website Futuready.com. Cara belinya mudah dan aman karena Futuready sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready juga telah memegang izin usaha resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.