Madagaskar, Surga Bagi Pecinta Alam Liar

Travel

Menjadi rumah bagi ribuan satwa liar dan unik, Madagaskar menawarkan wisata alam bagi para pecinta alam liar. Di sini Anda bisa bercengkrama dengan berbagai hewan buas.

Sering menjadi latar film animasi pulau Madagaskar menyimpan keunikan tersendiri. Khususnya flora fauna yang beragam dan berusia ribuan tahun. Meski tempat ini sering dikira sebuah pulau, nyatanya kawasan ini adalah negara pulau. Letaknya di lepas pesisir Afrika bagian selatan, Samudera Hindia.

Punya luas 226.917 mil persegi menjadikannya pulau terbesar ke-empat didunia. Dihuni oleh 26,2 juta jiwa membuat daerah beriklim tropis ini jadi negara pulau yang padat. Banyak orang tertarik mengunjungi pulau ini karena keindahan alamnya, tapi negara ini punya banyak keunikan lain selain alam yang kerap jadi daya tarik. Berikut diantaranya:

Baca juga: 9 Fakta Unik Tentang Negara Kepulauan Micronesia

5 Hal Unik Tentang Madagaskar

Pernah Dipimpin Ratu yang Kejam

Dulu sekali Madagaskar pernah dipimpin oleh seorang ratu yang kejam bernama Ranavola. Selama 33 tahun masa pemerintahannya sang ratu memperlihatkan kekuasannya dengan kekerasan. Ia melakukan upaya pembersihan ras dan agama diseluruh pulau. Mereka yang menantang ratu akan dipaksa bekerja membangun istananya.

Akibatnya di era 1833-1839 populasi penduduk pulau menurun dratis dari lima juta menjadi 2,5 juta. Ia juga tak segan meracun dan meleparkan ke jurang para pekerja setianya jika kedapatan berkhianat. Sisa-sisa peninggalan berupa istananya Rova Antananarivo, masih dapat Anda dilihat di ibukota.

Surga Bagi Pecinta Alam Liar

wisata madagaskar

Menurut Conservation International, hanya 17 negara yang pantas berjuluk “megadiverse”. Masing-masing memiliki sejumlah besar spesies yang berbeda yang tidak ditemukan di tempat lain. Negara dengan jumlah penduduk sebanyak 25,57 juta ini jadi salah satu negara yang masuk dalam jajaran megadiverse tersebut. Di antara hewan-hewan unik yang menghuni pulau ini. Populasi bunglon terbesar di dunia ada di sini. Lusinan spesies Lemur juga ada di pulau yang tak berbasan darat dengan negara manapun ini. Berbeda dengan gambaran pada film animasi besutan Disney dengan nama yang sama, justru di sini Anda tidak akan melihat harimau, jerapah, atau kuda nil.

Rumah Bagi Spesies Fauna Unik

Saat berkunjung kemari Anda akan kaget melihat betapa uniknya kekayaan fauna pulau ini. Ada kijang berleher jerapah, lemur, yang jari tengah panjangnya membantunya menemukan belatung bersembunyi di dalam pohon, dan tikus raksasa Malagasi, yang bisa melompat tiga kaki ke udara.

Bahkan pulau ini punya spesies burung paling langka didunia yakni rol tanah berekor panjang. Kota pesisir Toliara, yang  berlokasi di barat daya pulau utama, dikelilingi oleh laguna, lumpur, rawa air tawar dan, yang paling penting, rumpun Didierea madagaskariensis yang aneh. Pohon-pohon gurita besar ini bertunas dari tanah berpasir, memberikan nuansa yang tidak wajar ke tempat tersebut.

Memiliki beberapa Situs Warisan Dunia

Beberapa diantaranya adalah Royal Hill of Ambohimanga, situs pemakaman berusia 500 tahun, hutan hujan Atsinanana, yang merupakan rumah bagi banyak spesies langka primata dan lemur, dan Cagar Alam Ketat Tsingy de Bemaraha, sebuah labirin batu kapur yang menutupi sebagian besar bagian barat pulau itu. Geologi yang unik pulau ini juga menjadikannya lahan basah bagi spesies endemik yang telah berevolusi dan beradaptasi dengan kehidupan manusia.

Ganja jadi Konsumsi Sehari-hari

Hampir satu dari 10 orang Malagasi (sebutan masyarakat lokal) merokok ganja, menurut Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Narkoba dan Kejahatan, persentase jumlah perokok ganja di pulau ini yang lebih tinggi daripada di Belanda. Tidak ada regulasi hukuman khusus atau hukuman mati di negara ini jadi para perokok maupun penjual ganja dapat dengan bebas menikmatinya di jalanan ibu kota.
Madagaskar menyimpan begitu banyak kekayaan alam hayati, ada kepulauan pantai pasir putih, para pecinta satwa liar dapat menjelajahi hutan hujan , bertemu dengan satwa-satwa langka sementara pecinta sejarah bisa mengelilingi warisan budaya UNESCO, untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan jangan lewatkan 5 objek wisata menarik di pulau ini:

5 Objek Wisata Menarik di Madagaskar

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Pulau Komodo, Sudah Tahu?

Antananarivo

wisata madagaskar

Mencerminkan perpaduan indah antara tradisi dan budaya, ibu kota ini adalah tempat berbaur pendatang dan pribumi. Disebut juga Tana, kota ini terletak di lereng pegunungan di ketinggian 1.400 meter. Bagian kota yang lebih tua masih menampilkan kolonialisme Prancis dan struktur Paris yang berjajar di lereng bukit. Dibandingkan dengan pulau lain, Antananarivo adalah salah satu kota maju. Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi disini adalah Ambohimanga, Rova, dan Musée Andafiavaratra.

Avenue Of The Baobab

Di sisi barat pulau berdiri pohon-pohon Baobab yang tinggi yang berjejer secara simetris, terbentang antara Morondava dan Belon’i Tsiribihina. Pohon-pohon Baobab secara lokal dikenal sebagai Renala yang berarti, ‘Ratu hutan’. Pohon-pohon aneh setinggi 30 meter ini telah ada sejak 1000 tahun, waktu terbaik untuk menyambangi hutan pohon-pohon ini adalah ketika matahari terbenam.

Tsingy Of Bemaraha

Sebuah taman alami yang terdiri dari endapan fosil dan monolit kolosal. Di sini Anda akan melihat pemandangan batu-batu besar dan berduri membentuk batu kapur yang dibentuk 5 juta tahun yang lalu dan secara lokal dikenal sebagai Tsingies. Dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, keajaiban alam ini adalah salah satu tempat paling populer di Afrika bagi para petualang.

Taman Nasional Ranomafana

Diperkaya dengan beragam flora dan fauna, taman nasional Ranomafana tersebar di area seluas 400 km.  Kata Ranomafana berarti ‘air panas’ dalam bahasa lokal. Disini Anda juga diperbolehkan untuk mandi di bawah air yang mengalir di salah satu air terjun di dalam taman. Taman ini juga merupakan rumah bagi spesies lemur bambu emas yang terancam punah.

Taman Nasional Zahamena

Menginjakkan kaki di taman nasional hutan hujan ini, Anda akan mendapatkan euforia seakan tengah berjalan di lokasi syuting film Hollywood. Dikelilingi oleh kabut dan awan hujan, taman nasional ini adalah rumah bagi beberapa jenis burung. Para pelancong yang pernah kemari menyarankan untuk menginap di Vavatenina atau Ambatondrazaka.

Taman Nasional Masoala

wisata madagaskar

Pemandangan Hutan Hujan yang tenang dan pemandangan spesies langka seperti Falanouc dan tokek berekor daun. Surga alami ini tersebar di wilayah hutan hujan sepanjang 250 mil dan juga tempat berteduh tiga taman laut. Selain beragam spesies satwa liar, taman ini juga melindungi burung dan reptil seperti Tomat Frog. Taman laut di sekitarnya adalah resor yang sempurna untuk para penggemar petualangan karena menawarkan kegiatan seperti kegiatan snorkeling dan kayak.

Baca juga: Menikmati Bulan Madu di Pulau Maladewa

Comments are closed.