14 Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget

Travel

Sebagai masyarakat Indonesia, perlu berbangga hati bahwa negara ini memiliki kekayaan yang melimpah. Salah satunya adalah makanan tradisional yang menjadi kuliner terbaik di Indonesia.

Bukan hanya budaya, pesona alam, dan juga adat istiadatnya saja, tetapi kuliner juga menjadi salah satu tujuan para turis berkunjung ke Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki kuliner khas tradisionalnya masing-masing.

Meskipun berstatus makanan tradisional, tetapi tidak sedikit jenis makanan yang sudah terkenal di dunia. Sebut saja, rendang khas Padang, sate khas Madura, nasi goreng, kerak telor, dan berbagai makanan lainnya. Nah, selain yang disebutkan tadi, kira-kira apa saja makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa kelas dunia?

Jenis-jenis Makanan Tradisional Indonesia

Soto

Salah satu makanan tradisional ini pasti bisa akan Anda temui di mana-mana baik itu ketika musim hujan ataupun musim panas. Sebab, menu makanan ini identik dengan makanan yang berkuah dan cocok untuk disantap ketika sedang dingin. Makanan berkuah kuning ini memiliki racikan bumbu dan kekentalan kuah yang berbeda di setiap daerah. Misalnya, warna dan kekentalan soto Lamongan berbeda dengan Banjar atau Betawi. Untuk Anda pecinta pedas, menyantap soto ini akan lebih nikmat jika dicampur sambal yang pastinya membuat nafsu makan Anda akan bertambah.

Bakso

Sama halnya seperti soto makanan ini juga tidak perlu diperbincangkan lagi. Sebab, bakso merupakan makanan khas Indonesia yang selalu ada di setiap musim. Baik itu musim kemarau ataupun hujan, masyarakat pasti akan mudah menemukan makanan ini. Namun, tidak dipungkiri memang kenikmatan bakso bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat apalagi rasa kaldu pada kuahnya yang sangat mantap. Meksipun kini ada beberapa jenis bakso, kira-kira apa bakso favorit Anda?

Bubur Ayam

Meskipun menu makanan yang satu ini tidak berkuah, tetapi banyak dicari baik itu pagi, siang, ataupun malam hari. Rasa bubur yang hangat dicampur dengan irisan daging ayam yang lembut membuat suasana makan Anda menjadi lebih nikmat.

Sup

Tidak dipungkiri memang makanan berkuah itu bisa membuat tubuh menjadi rileks. Sup akan menjadi salah satu menu makanan hangat yang paling sering dimasak ketika musim hujan. Sebab, kuah kaldu yang bercampur dengan rempah-rempah menjadi pilihan yag tepat untuk menghangatkan tubuh ketika hawa dingin melanda. Apalagi jika Anda menyantap sup ini dicampur dengan irisan acar dan juga nasi putih. Pasti makin nikmat. Ada beberapa jenis sup yang bisa dikonsumsi, seperti sup ayam, sup daging, sup iga, dan masih banyak lagi.

Tahu Campur

Makanan khas Jawa Timur ini masuk ke dalam menu makanan tradisional yang difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Tahu campur merupakan makanan yang terbuat dari campuran beberapa bahan, seperti tahu goreng, perkedel, selada, dan mi kuning. Tentu tidak terlupakan kuah khasnya dan juga kerupuk sebagai pelengkap. Namun, ketika hujan turun, tahu campur bisa dipilih sebagai menu makanan yang menghangatkan.

Makanan Tradisional Lumpia semarang

Makanan khas Semarang yang satu ini adalah salah satu makanan yang menjadi primadona para pelancong dan menjadi kudapan yang wajib Anda coba. Di Semarang banyak terdapat penjual lumpia dan mereka memilik ciri khas masing-masing.

Lumpia memiliki dua varian, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng tergantung selera Anda mau pilih yang mana. Makanan tradisional ini berisikan udang atau ayam cincang yang dimasak bersama dengan rebung dan bumbu lainnya. Beberapa pilihan lumpia yang terkenal di Semarang terdapat di Jalan Pemuda, Jalan Mataram, dan Jalan Pandanaran. Selain sebagai kudapan, ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman kantor atau kerabat Anda saat berkunjung ke Semarang.

Pisang Plenet

Pisang plenet adalah salah satu makanan tradisional yang unik dan sangat cocok untuk dijadikan kudapan. Kalau pisang goreng mungkin Anda sudah sering menikmatinya bukan? Cara pembuatan pisang inilah yang menjadikan nama dagang yang unik. Cara pembuatannya yang dibakar di atas bara api hingga layu dan kecokelatan lalu diplenet menggunakan papan kecil seperti talenan. Kemudian pisang diolesi margarin, taburi dengan meises, gula halus, dan selai nanas hingga dibuat menyeruapi sandwich. Jalan Pemuda dan Jalan Gajah Mada di Semarang adalah salah satu tempat di mana Anda bisa menemukan makanan ringan nan unik ini.

Cakalang Fufu

Cakalang fufu adalah makanan tradisional khas Manado yang berbahan dasar ikan cakalang. Sebelum diproses menjadi cakalang fufu, ikan calakang akan diasap terlebih dahulu sebelum melalui tahap selanjutnya. Proses pengasapan tersebut yang mendasari penamaan “Fufu” yang artinya diasap/pengasapan. Ikan cakalang memiliki rasa yang sangat enak, empuk, dan gurih karena sebelum diasap, ikan tersebut lumuri garam dan bubuk soda.

Panada

Jika dilihat, panada memang berbentuk mirip dengana pastel. Namun, yang membedakan hanyalah isinya saja. Pastel pada umumnya berisikan sayur-sayauran sedangkan makanan khas Manado ini berisikan olahan ikan cakalang. Bumbu yang digunakan juga memiliki olahan khusus khas manado, yaitu bumbu panpis. Bumbu panpis ini terbuat dari ikan cakalang yang diproses menggunakan bawang merah, cabai merah, daun jeruk, daun bawang, dan kemangi. Urusan rasa tentunya sudah tidak diragukan lagi enaknya.

Makanan Tradisional Tahu Gimbal

Tahu gimbal juga merupakan makanan khas Semarang yang sudah terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat. Untuk mencoba makanan yang berisikan bakwan udang atau gimbal, potongan tahu, lontong, tauge, telur dadar, dan irisan kubis mentah yang disiram dengan bumbu kacang bercampur petis udang ini, Anda bisa menyambangi sekitaran taman KB yang berada di depan SMA 1 Semarang. Pilihan lain Anda juga bisa kunjungi daerah Simpang Lima, dan daerah Plampitan yang sajian tahu gimbalnya terkenal sangat enak. Duh, pasti sudah tidak sabar untuk wisata kuliner di Semarang, kan?

Sambal Roa

Siapa yang hingga saat ini belum mengetahui sambal roa? Sekadar informasi, banyak wisatawan yang berburu sambal roa ini jika berkunjung ke Manado. Mengapa sambal roa ini sangat terkenal? Sambal roa memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu dan racikan yang hanya ada di Manado saja. Sambal roa ini berasal dari ikan roa atau ikan julung yang diracik bersama bumbu-bumbu lainnya, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan bahan-bahan lainnya.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Makanan Tradisional Kue Lekker Paimo

Lekker juga merupakan makanan khas Semarang yang sudah terkenal. Salah satunya, Lekker Paimo sudah berdiri sejak 1978 dan terletak di depan SMA Kolose Loyola Karanganyar Semarang.

Keistimewaan Lekker Paimo disukai karena isiannya yang enak dan sambalnya yang pedas menggoyang lidah. Lekker Paimo memberikan pilihan lekker tebal atau lekker tipis kepada pembelinya. Untuk lekker tipis biasanya isiannya manis seperti meisses, pisang, karamel, dan keju, sedangkan lekker tebal menawarkan isian asin seperti sosis keju, abon keju, jangung manis, hingga telur tuna dan keju.

Bubur Manado

Bubur Manado tidak kalah terkenalnya dengan makanan yang sudah disebutkan di atas dan biasanya menjadi hidangan untuk sarapan pagi. Berbeda dengan bubur lainnya, makanan khas Manado yang ini dicampurkan dengan sayuran sebagai bahan utama tanpa menggunakan daging. Mungkin pertama kali Anda melihat terasa aneh, tetapi jika sudah mencobanya pasti akan ketagihan.

Makanan Tradisional Kacang Goyang

Makanan khas Manado lainnya, yaitu kacang goyang. Meskipun hanya berupa cemilan, tetapi makanan ini tetap menjadi salah satu oleh-oleh khas Manado yang banyak diburu. Kacang goyang terbuat dari kacang atom yang dibalut dengan terigu yang telah dicampur dengan gula pasir sehingga kacangnya pun didominasi rasa manis.

Comments are closed.