Coba Packing Koper Ala Marie Kondo, Efektif!

Travel

Terkadang kita selalu kerepotan dalam menyusun barang-barang di dalam koper untuk liburan. Agar lebih efektif, coba teknik yang diterapkan Marie Kondo.

Bagi sebagian orang, nama Marie Kondo mungkin masih asing. Namun bagi para ibu-ibu rumah tangga, nama yang satu ini dalam beberapa bulan belakangan ini mungkin sering Anda dengar. Pasalnya, nama wanita ini tengah menjadi sorotan lantaran metode gaya hidup yang ia coba ajarkan dengan nama KonMari.

Marie Kondo dikenal sebagai seorang tidying expart, atau dalam bahasa sederhananya dirinya dikenal sebagai seorang ahli beres-beres. Seperti julukannya tersebut, ternyata dirinya sudah memiliki kebiasaan untuk selalu terorganisir sejak usia belia dan menjadi seorang konsultan bersih-bersih sejak usianya masih 19 tahun.

Dari kebiasaannya inilah kini dirinya berhasil menjadi seorang ahli yang membantu orang-orang yang ada di seluruh dunia untuk mentransformasi rumah mereka yang tadinya berantakan disulap menjadi ruang yang penuh kedamaian dan inspirasi.

Marie memberi nama metode bersih-bersinya ini dengan nama KonMari. Metode yang mendorong seseorang untuk membersihkan berdasarkan kategori, bukan lokasi. Contoh sederhananya, dimulai dengan pakaian, kemudian buku, kertas, aksesori, hingga pada akhirnya item yang bersifat sentimental atau bersifat pribadi.

Metode KonMari juga mengharuskan seseorang untuk hanya menyimpan barang-barang yang “berbicara” ke dalam hati mereka dan membuang barang-barang yang tidak lagi memicu kebahagiaan, berterima kasih atas palayanan dari barang-barang tersebut, dan membiarkannya pergi.

Seperti halnya yang tertulis pada situs resmi KonMari, Marie Kondo memiliki sebuah tagline: it’s about choosing joy, atau memilih kebahagiaan. Dan, dalam hal bersih-bersih, KonMari memiliki enam peraturan yang harus dipraktikkan, yakni:

  1. Berkomitmen pada diri sendiri untuk bersih-bersih.
  2. Mengimajinasikan gaya hidup paling ideal bagi diri Anda.
  3. Kemudian, selesaikan dengan membuang barang-barang yang sudah tidak diperlukan terlebih dahulu.
  4. Lanjutkan dengan membersihkan sesuai dengan kategori, bukan lokasi.
  5. Jangan lupa untuk selalu ikuti dengan alur yang tepat.
  6. Dan yang terakhir adalah tanya pada diri Anda sendiri, apakah barang yang dipilih tersebut membawa kebahagiaan pada diri Anda ataukah tidak.

Baca juga: Jewel Changi Airport: Wisata Baru di Singapura

Tidying Up with Marie Kondo

Metode KonMari semakin populer dan banyak yang mempraktikkanya berkat serial televisi di Netflix yang berjudul Tidying Up with Marie Kondo. Acara televisi dengan delapan episode ini memperlihatkan Marie mendatangi berbagai latar belakang keluarga lalu membantu para pemilik rumah tersebut mentransformasi rumah yang tadinya sangat berantakan menjadi sebuah ruangan yang nyaman, bersih, dan rapi.

Sebenarnya, jauh sebelum serial televisi Netflix ini tayang, Marie pernah menulis buku best seller dengan judul The Life Changhing Magic of Tidying Up. Buku yang dinobatkan sebagai #1 New York Time Best-selling Book.

Berkat kiprahnya di dunia bersih-bersih ini, Marie sudah menghadiri berbagai acara televisi terkenal di Jepang serta sudah banyak mengisi laman-laman majalah terkemuka dunia, seperti The New York Times, Time Magazine, Vogue Magazine, The Wall Street Journal, hingga acara the Ellen Show.

Ternyata tidak sampai di situ saja, wanita yang memiliki paras wajah imut dan sangat cantik ini namanya juga pernah masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Time Magazine.

Packing Koper Liburan Ala Marie Kondo

Mengemas barang-barang ke dalam koper memang tampak mudah dan terdengar sepele. Namun faktanya hal sederhana ini tidak pernah mudah dilakukan. Entah kenapa Anda sering merasa takut ketinggalan sesuatu dan pada akhirnya justru memasukkan barang-barang secara berlebihan yang justru membuat repot diri Anda sendiri.

Atau Anda sebelumnya sudah merencanakan paduan outfit yang akan dipakai selama liburan, tapi saat tiba di tujuan dan membuka koper, semua bawaan Anda sudah berantakan. Sangat mengesalkan pastinya.

Untungnya kini ada beberapa tip dan metode packing yang bisa Anda coba untuk mengatasi hal-hal menyebalkan tersebut. Salah satu metode yang saat ini paling terkenal adalah metode dari Marie Kondo. Seperti apa caranya?

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Tiket Pesawat

Jangan Pernah Lupa untuk Membuat Daftar Rencana

Apa rencana Anda selama liburan? Pergi ke mana saja? Makan di mana? Dan mau bertemu siapa? Dengan sederet rencana tersebut, Anda tidak akan bingung lagi barang apa saja yang seharusnya dimasukkan ke dalam koper.

Pilih Barang yang Hanya Dibutuhkan

Jangan lupa untuk memastikan kembali bahwa barang yang Anda masukkan ke dalam koper adalah barang yang memang Anda butuhkan selama liburan nanti dan bukan barang yang mungkin dibutuhkan.

Sebaiknya Susun Barang secara Vertikal

Di dalam metode KonMari, barang-barang disusun secara vertikal, bukan horizontal. Tujuannya, selain akan lebih mudah untuk dilihat dan diambil, barang yang disusun secara vertikal akan menyisakan lebih banyak tempat di koper atau tas.

Baca juga: Ketinggalan Pesawat, Lakukan Langkah Ini!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Jangan Pernah Penuhi Koper

Meskipun masih ada ruang di dalam koper untuk memasukkan oleh-oleh sepulang liburan, jangan pernah tergoda untuk memenuhi koper hingga tidak bisa ditutup. Sebaiknya tanya kembali pada diri Anda, apakah barang-barang yang akan Anda bawa pulang tersebut bisa memberi kebahagiaan? Apakah Anda benar-benar membutuhkan barang-barang tersebut? Atau justru barang-barang tersebut hanya akan membuat rumah menjadi semakin berantakan.

Jangan Lupa untuk Mengeluarkan Semua Barang dengan Penuh Rasa Syukur

Pada saat sudah sampai di rumah, keluarkan semua barang dari dalam koper. Jangan lupa untuk bersyukur, bersihkan koper, dan barang bawaan Anda. Jangan lupa juga untuk menyimpannya kembali dengan benar.

Jika ditelaah lebih mendalam lagi, sebenarnya metode KonMari yang dicetuskan oleh Marie Kondo ini sudah sering diajarkan oleh para orangtua Anda sejak dulu. Namun terkadang Anda lebih memilih untuk menganggapnya angin lalu. Dan, semoga apa yang diajarkan oleh Marie Kondo ini bisa menginspirasi diri Anda semua ke depannya.

Comments are closed.