Maya Bay Ditutup, Simak Kegiatan Lain di Phi Phi Island

Travel

Maya Bay menjadi surga bagi Phi Phi Island. Sayangnya, sejak pertengahan 2018 teluk ini ditutup sebagai upaya pemulihan. Lalu, hal seru lain apa yang bisa Anda lakukan di Phi Phi Island ini?

Kini, Jika Anda ingin berlibur ke Kepulauan Phi Phi di Thailand, Anda mungkin akan merasa sedikit kecewa karena salah satu surga milik Phi Phi Isand yaitu Maya Bay kini sedang ditutup untuk sementara waktu. Kepulauan Phi Phi ini sendiri berada diantara pulau Phuket dan Thailand daratan. Secara politik kepulauan ini merupakan bagian dari Provinsi Krabi.

Meskipun demikian, tak perlu mengurungkan niat ke kepulauan Phi Phi, sebab diantaranya masih banyak tempat seru lainnya yang bisa Anda kunjungi dan nikmati di Phi Phi Island. Sebelum Anda berencana untuk kembali berlibur pulau indah ini, pastikan selalu memiliki asuransi perjalanan dan pantau terus kabar berita mengenai tempat tujuan Anda. Namun, apa sesungguhnya alasan ditutupnya Maya Bay? Dan kegiatan lain apa yang bisa Anda nikmati di Phi Phi Island? Di bawah ini pemaparannya.

Baca juga: Ribet Ngurus Visa? Yuk, Liburan ke Negara Bebas Visa untuk WNI!

Tentang Keindahan Maya Bay

wisata selain maya bay

Kepulauan Phi Phi dengan Maya bay adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Teluk Maya adalah teluk indah yang dikelilingi oleh tebing setinggi 100 meter di tiga sisi. Di dalam teluk ada beberapa pantai, sebagian kecil pantai atau beberapa pantai hanya ada pada saat air surut. Yang utama adalah pantai yang memiliki panjang sekitar 200 meter dengan pasir putih halus lembut, karang bawah air berwarna-warni dan ikan eksotis di dalam air yang sangat jernih.

Maya Bay telah menjadi daya tarik wisata utama dari Phi Phi sejak The Beach difilmkan di sini pada tahun 1999. Teluk Maya sebetulnya sudah populer sebelum menjadi latar setting pembuatan film tetapi sekarang orang di seluruh dunia yang belum pernah mendengar tentang Phi Phi pasti telah mendengar tentang Teluk Maya. Meskipun memang telah dipakai oleh Hollywood sebagai salah satu setting filmnya, teluk ini tetap mempertahankan kealamiannya sebagai tempat liburan dengan keindahan yang menakjubkan.

Teluk Maya terletak di pulau tak berpenghuni Phi Phi Ley, tak jauh dari Phuket, Thailand Selatan. Dulunya banyak yang tak mengetahui keindahan teluk ini. Namun sejak dipakai di filmThe Beach, keindahannnya mulai menarik perhatian para wisatawan. Meskipun memang semakin populer, teluk ini tetap menjadi salah satu tujuan wisata alam yang paling indah di Thailand Selatan.

Berjalan-jalan di sepanjang kelok pantai berpasir putihnya, sekali-kali berhenti sebentar untuk mengambil foto sampan yang berwarna-warni, berkontras cantik dengan air laut yang berwarna biru kehijau-hijauan. Anda juga bisa mencoba berenang di lautnya yang jernih atau menjelajahi gua-gua laut di balik tebing kapurnya.

Meskipun beberapa bagian batu karang (terutama di bagian teluk yang dangkal) sudah rusak, daerah ini masih tetap merupakan destinasi diving yang istimewa. Menyelam di Teluk Maya Corner menawarkan kesempatan bagi para pemula untuk menjelajahi ragam kehidupan laut di balik batu karang dan gua-gua laut. Penyelam yang sudah lebih berpengalaman bisa menuju Teluk Maya South di mana berkumpul spesies hiu karang, ragam kura-kura, dan ikan Bannerfish.

Setiap harinya sejumlah powerboat, sampan, dan kapal pesiar berkumpul di teluk ini untuk mengantar Rribuan pengunjung. Tercatat kunjungan turis ke teluk ini sekitar 3.500 orang per hari. Dengan mobilitas turis yang tinggi itulah, lama-kelamaan situasi alam mulai terganggu. Dengan banyaknya yang turis, aspek kenyamanan mulai terusik. Bahkan parahnya lagi, bentang alam di Teluk Maya pun ikut rusak.

pulau maya bay

Pada tahun 1998-1999, karang yang rusak berjumlah sekitar 30 persen. Tetapi sekarang 90 persen terumbu karang di sana sudah rusak. Kerusakan terumbu karang tersebut akibat jangkar dari kapal dan terinjak-injak atau tersentuh oleh turis. Tidak ada jalan lain, didukung oleh pihak taman nasional dan konservasi alam, pemerintah Thailand akhirnya menutup sementara Teluk Maya dari kunjungan turis sejak pertengahan 2018.

Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Phi Phi

Phi Phi Islands adalah salah satu tujuan pantai terindah di Thailand yang paling populer, destinasi ini adalah termasuk destinasi yang harus dikunjungi karena akan memberikan kejutan kecil bagi siapa pun yang berkunjung. Terletak di Laut Andaman Thailand sekitar 46 kilometer dari Phuket, Phi Phi memiliki dua pulau utama – Phi Phi Leh dan Phi Phi Don.

Phi Phi Leh adalah tempat dimana Anda akan menemukan Teluk Maya. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kepulauan Phi Phi ini termasuk hopping tour. Namun, semenjak pertengahan 2018, pulau utama ditutup oleh pemerintah Thailand sebagai upaya pemulihan. Bagi Anda yang berencana ke Phi Phi Island tak perlu khawatir, sebab masih ada kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan selain bersantai di Teluk Maya, seperti kegiatan di bawah ini:

Berenang dan Snorkeling di Pileh Lagoon

Pileh Lagoon adalah sebuah jalan masuk kecil di pulau terbesar kedua di kepulauan Phi Phi. Air di dalam laguna yang indah ini akan menjadi pantai dengan air biru paling jernih yang pernah Anda lihat. Perairan disini sangat dangkal dan begitu hangat seperti berenang di dalam bath tub, tidak ada karang atau apa pun yang dapat menghalangimu, dan bagian bawahnya terbuat dari pasir putih halus yang hanya tergelincir di antara jari-jari kakimu. Sangat dekat dengan Viking Cave Pileh Lagoon Pulau Phi Phi adalah tempat yang indah untuk bersantai snorkeling dan berenang dengan visibility yang luar biasa.

Baca  juga: Ribet Ngurus Visa? Yuk, Liburan ke Negara Bebas Visa untuk WNI!

Mengujungi Para Penghuni Berbulu di Monkey Beach

Monkey Beach terletak di sisi barat daya Tonsai Bay, sekitar 700 m dari dermaga. Ini adalah hamparan pasir berpasir putih seluas 150 m yang dipagari air laut yang super jernih. Bagian belakang pantai adalah tebing batu kapur yang agak curam, ditutupi dengan vegetasi subur sebagai habitat para monyet, maka tak heran apabila tempat ini disebut dengan Monkey Beach. Monkey Beach tidak hanya terkenal dengan penghuninya yang berbulu. Fakta menarik lainnya adalah bahwa ini adalah salah satu tempat snorkelling terbaik di Thailand. Perairan dangkal di sebelahnya menampung habitat bawah laut yang penuh warna dan hidup, yang benar-benar memberimu perasaan seperti berenang di akuarium.

Sebagian besar orang yang mengunjungi Monkey Beach membawa kebiasaan buruk memberi makan monyet, jadi mereka sekarang berharap untuk mendapatkan sesuatu untuk dimakan ketika mereka melihat pengunjung datang. Berhati-hatilah dengan perilaku hewan liar ini dan jangan terlalu dekat dengan mereka.

Makan Siang di Pantai Andaman

kuliner maya bay

Destinasi selanjutnya adalah Anda akan di bawa ke sebuah resort di Pantai Andaman, dimana Anda akan diberi waktu untuk menyantap makanan dengan menu khas Thailand. Pantai Andaman adalah pantai yang belum tertalu banyak dijamah oleh para turis lokal maupun mancanegara, jadi masih sangat natural, tenang, dan tentu saja indah. Dihiasi dengan air laut yang berwarna biru kehijauan , langit yang berwarna biru cerah, dan angin laut yang berhembus sejuk. Agenda makan siang mu akan lebih berwarna dengan makanan yang lezat dan pemandangan yang tak ternilai harganya.

Baca juga: Legoland Malaysia, Taman Hiburan Pertama di Asia Tenggara

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Tak perlu lagi kebingungan jika berkunjung ke Phi Phi Island, sebab banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan. Keputusan pemerintah Thailand dalam penutupan teluk surga Thailand ini, tentu berdampak baik bagi keberlangsungan kehidupan alam. Oleh karenanya, patut bagi Anda ikut mengapresiasinya ya!

Sebelum berkunjung ke Phi Phi Island, jangan lupa daftarkan diri Anda pada asuransi perjalanan dari Futuready agar liburan Anda semakin lengkap.

Comments are closed.