Menara Eiffel Paris: Sejarah Hingga Fakta Unik yang Wajib Diketahui

Travel

Siapa yang tidak tahu menara Eiffel? Pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia, tempat ini tidak pernah sepi oleh wisatawan mancanegara.

Salah satu Ikon yang seakan tidak pernah lepas dari perhatian mata dunia adalah Menara eiffel atau Eiffel Tower. Menara Eiffel sendiri adalah ikon kota Paris, Perancis yang setiap harinya seakan tidak pernah sepi untuk berkunjung. Eiffel yang diambil dari bahasa Perancis asli, yakni tour eiffel merupakan menara besi yang dibangun di tepian Sungai Seine, Paris tepatnya di Champ de Mars.

Sejarah Menara Eiffel 

Sejarah Menara Eiffel

Catatan sejarah menyebutkan, penyematan nama eiffel  sendiri diambil dari perancangnya, yakni Gustave Eiffel. Pengambilan nama ini juga sebagai apresiasi kepada Gustave karena mampu membangun bangunan tertinggi di Paris kala itu. Ditambah strukrur bangunan menara yang unik dan terkenal secara global.

Sejak dibangunnya menara di tahun 1889 hingga saat ini, tercatat lebih dari 200.000.000 orang telah menginjakkan kakinya ke Paris sekedar mengunjungi menara ini.Atusiasme pengunjung secara tidak langsung menjadikan Menara Eiffel sebagai salah satu penyumbang terbesar devisa negara.

Struktur bangunan ini memiliki ketinggian sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81. Tinggi ini terhitung dari antena setinggi 79 kaki (24 meter) dan struktur bangunan utama 1.063 kaki (325 meter). Sebelum menara Chrysler Building di New York City menjadi yang tertinggi pertama di Dunia, Menara Eiffel dinobatkan tertinggi hingga tahun 1930.

Fakta Unik Menara Eiffel

Uniknya, struktur besi yang digunakan membangun Eiffel memiliki berat hingga 7.300 ton. Di sampin itu, untuk keseluruhan struktur ditambah komponen-komponen non besinya memiliki total berat 10.000 ton. Adapun fakta-fakta unik lainnya dari menara ini adalah:

Diproyeksikan Berdiri Hanya Selama 2 Dekade

Menjadi bangunan ikonik selama ini, nyatanya perancang aslinya hanya memproyeksikan bangunan ini berdiri selam 2 dekade saja alias 20 tahun. Menara ini aslinya dirancang oleh Compagnie des Etablissements Eiffel guna mengikuti event ternama di Paris kala itu di tahun 1889 yaitu World’s Fair.

Baca Juga: Selengkapnya Sejarah Patung Liberty di Amerika Serikat

Diproyeksikan untuk sementara, Eiffel Tower seharusnya dirobohkan pada tahun 1909 tepat 20 tahun setelah resmi dibangun. Namun, karena beberapa hal kemudian urung dirobohkan, termasuk karena Eiffel memiliki antena radio besar yang sangat berguna bagi Pemerintahan Paris.

Pernah Menempati Posisi Pertama Sebagai Bangunan Tertinggi di Dunia

Dengan ketinggian total 350 meter, Eiffel Tower sempat menjadi bangunan tertinggi pertama di dunia. Terhitung dari pertama kali dibangun di tahun 1889 hingga 4 dekade kemudian di tahun 1929. Pada tahun ini, Eiffel Tower digeser dengan kehadiran Chrysler Buillding dari New York City tepat di tahun 1930.

Menjadi Barang Jual oleh Penipu

Sempat di awal-awal, Eiffel Tower sempat digunakan sebagai modus penipuan oleh seorang bernama Victor Lustig. Victor kala itu membuat dokumen palsu kepemilikan dan menipu perusahaan dealer besi loak. Victor Lustig kemudian mengirimkan biaya pemeliharaan yang dapat dikatakan sangat mahal dan meminta uang dalam jumlah yang banyak.

Perancang yang Sama dengan Patung Liberty

Menara Eiffel Paris

Sebelum menjadi bangunan apik hingga saat ini, rancangan Patung Liberty sempat berpindah-pindah. Perancang aslinya meninggal secara tiba-tiba di tahun 1879, sehingga diambil alih oleh Gustave Eiffel. Seorang perancang asli dari Eiffel Tower. Struktur dan sistem rangka penopang Patung Liberty dirancang penuh oleh Gustave Eiffel.

Menjadi Kritikan dan Pusat Bebencian Seniman Perancis

Kendati Eiffel Tower saat ini merupakan ikon kebanggaan serta menjadi pusat perhatian masyarakat Perancis hingga Dunia. Diawal kehadirannya, Eiffel Tower menjadi pusat kebencian oleh sebagaian masyarakat Prancis kala itu, khususnya dari kalangan seniman di Paris. Bahkan di tahun 1887, saat akan dibangunnya Eiffel Tower, 300 seniman berkumpul dan mengeluarkan petisi bahwasanya bangunan Eiffel sama sekali tidak akan berguna dan mengerikan.

Baca Juga: Burj Khalifa Gedung Tertinggi Dunia

Mempunyai Laboratorium Tersembunyi di Dalamnya

Gustave Eiffel tak hanya membangun menara indah dengan rangkaian besi saja, di dalamnya Ia secara diam-diam membangun laboratorium metereologi. Laboratorium ini tersembunyi di lantai tiga Eiffel Tower. Di laboratorium ini, bersama dengan beberapa ilmuawan Perancis lainnya, Gustave Eiffel melakukan berbagai percobaan termasuk ilmu fisika, kimia, aeorodinamika bahkan merancang terowongan angin.

Hampir Dihancurkan Hitler Pada Masa Perang Dunia II

Pada masa Perang Dunia II, saat tegangan terjadi antara blok Barat dan Bblok Timur terjadi. Eiffel Tower pernah hampir menjadi rongsokan besi tidak berguna. Tepatnya saat Jerman berhasil menguasai Perancis, Pemimpin Nazi yakni Adolf Hitler pernah melayangkan perintah kepada Jenderal Dietrich von Choltitz untuk merobohkan Eiffel Tower bersamaan dengan pusat kota Paris. Namun, beruntungnya von Choltitz menolak perintah penghancuran tersebut.

Pernah Terbakar

Di tahun 1956, tepatnya pada tanggal 3 Januari Eiffel Tower pernah mengalami kebakaran. Untungnya kebakaran tersebut tidak berakibat fatal, namun kebakaran menghanguskan puncak menara. Dan di tahun berikutnya, 1957, menara kembali diperbaiki dan antena radio kemudian ditambahkan kembali.

Bisa Tumbuh Saat Musim Panas

Dirancang full dari rangkaian besi menyebabkan bangunan Eiffel Tower dapat tumbuh. Pertumbuhan ini disebabkan oleh proses pemuaian yang umumnya terjadi pada besi saat temperatur atau suhu tinggi. Nah, saat musim panas tiba Eiffel Towe dapat tumbuh.

Tercatat Eiffel Tower dapat tumbuh hinggi 20 cm dari ketinggian sebenarnya saat musim panas karena Matahari tepat berada di puncak tertinggi. Uniknya lagi, puncak dari Eiffel Tower dapat bergeser dari titik keberadaan Matahari hingga 25 cm. Hal ini karena terjadinya ekspansi termal pada bagian yang menghadap tetap ke Matahari.

Pesona Eiffel Tower dengan 20.000 Lampu di Malam Hari

Senja di Menara Eiffel

Menjadi perhatian Dunia bahkan setiap harinya tidak pernah sepi akan pengunjung, Eiffel Tower memikat banyak orang terutama saat malam hari. Di Malam hari Eiffel terlihat sangat cantik didukung dari cahaya terang dari 20.000 lampu yang terpasang menyebar ke seluruh bagiannya.

20.000 lampu ini yang tercatat secara resmi berdasarkan statistik. Sayangnya, keindahan lampu Eiffel Tower tidak bisa diabadikan. Ada peraturan yang melarang sembarang orang untuk menerbitkan foto Eiffel Tower saat semua lampu menyala. Hal ini didukung ketetapan Undang-Undang yang dikeluarkan oleh Uni Eropa bahwasanya desain pencahayaan ini termasuk ke dalam karya seni. Bahkan bagi para Fotographer profesional sekalipun harus memiliki izin terlebih dahulu dari Societe Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel.

Baca Juga: Dokumen Pengajuan Visa Schengen yang Wajib Dimiliki

Menjadi Obsesi Berlebihan Seorang Wanita Hingga Dinikahi

Fakta unik terakhir adalah pernah menjadi objek obsesi berlebihan dari seorang wanita bernama Erika La Tour Eiffel. Di tahun 2007, Erika terobsesi dengan Eiffel Tower hingga mengaku mencintai dan ingin memiliki Eiffel Tower. Bahkan Ia secara terang-terangan mengaku memiliki ketertarikan seksual dengan Eiffel Tower hingga dia ingin menikahinya.

Menjadi pusat perhatian Dunia yang hingga saat ini seakan tidak lekang oleh waktu, Eiffel Tower, setiap harinya tidak sepi akan kunjungan. Kehadiran Eiffel dianggap menambah nuansa romantisme yang selalu erat dengan identitas Kota Paris, Perancis.

Comments are closed.