Sejarah di Balik Patung Merlion Park Singapura

Lifestyle & LeisureTravel

Di balik keistimewaan dan keindahannya, ternyata ada rahasia yang cukup menarik untuk Anda ketahui. Apa saja fakta menarik dari patung di Merlion Park Singapura?

Salah satu alasan wisatawan berlibur ke Singapura adalah ingin menyaksikan patung singa yang ada di Merlion Park. Pasalnya, patung ini menjadi landmark paling terkenal dari negara ini yang bahkan sudah sangat mendunia. Oleh karena itu, tidak heran jika membahas tentang Singapura, maka patung Merlion sudah seperti melekat di dalamnya.

Baca juga: 6 Pusat Perbelanjaan Murah Meriah di Singapura

Patung Merlion juga menjadi salah satu spot foto paling favorit bagi para wisatawan. Meski banyak yang tahu patung ini, tapi tidak banyak yang tahu tentang fakta-fakta unik di balik patung singa ini. Mereka hanya sekedar menikmati keindahannya saja. Nah, agar pengetahuan Anda semakin luas, berikut ini fakta dari patung singa di Merlion Park Singapura.

Fakta Menarik Patung Singa Merlion Park

Memiliki Makna dan Sejarah Panjang

Jika diperhatikan dengan seksama, bentuk patung Merlion sebetulnya adalah kepala singa yang berbadan ikan dan berada di atas puncak ombak. Kepala singa melambangkan sosok singa yang pernah dilihat oleh Pangeran Sang Nila Utama. Ketika itu, sang pangeran menjumpai sosok singa tersebut saat menemukan kembali Singapura di tahun 11 Masehi. Kisah ini tak hanya menyebar lewat cerita, akan tetapi juga tertulis dalam “Sejarah Melayu”.

merlion park singapura

Ikan dalam patung Merlion melambangkan kota kuno Temasek yang jika diartikan dalam bahasa Jawa artinya laut. Temasek ini adalah nama Singapura sebelum Pangeran Sang Nila Utama mengubahnya menjadi “Singapura” yang dalam bahasa Sansekerta bermakna Kota Singa.

Ternyata, di balik patung Merlion ini tersimpan sejarah panjang. Bahwa dahulunya Singapura adalah sebuah perkampungan nelayan yang sederhana.

Merlion Memiliki Anak Bernama “Cub”

Pasti Anda juga tidak tahu bahwa Merlion ternyata memiliki patung anakan yang bernama Cub. Jika Merlion memiliki tinggi 8,6 meter dengan bobot 70 ton, maka Cub berukuran lebih kecil. Tinggi Cub hanya sekitar dua meter dan bobotnya tiga ton.

Meski berbeda ukuran, Merlion dan Cub ini dibuat oleh orang yang sama, yaitu Mr. Lim. Bagian badan patung terbuat dari semen. Kemudian pada bagian kulit menggunakan pelat porselen sedangkan bagian mata menggunakan cangkir teh kecil yang berwarna merah.

Memiliki Replika di Berbagai Tempat Singapura

patung singa merlion park

Untuk yang satu mungkin sudah banyak tahu bahwa patung Merlion ternyata juga memiliki beberapa replika, bahkan ada juga yang ukurannya lebih besar dari ukuran patung Merlion aslinya. Salah satunya yang berada di Sentosa Island dengan memiliki tinggi 37 meter. Bedanya, Merlion di Sentosa Island ini tidak mengucurkan air dari mulutnya. Wisatawan juga bisa naik ke atas patung replika Merlion ini. Selain di Sentosa Island, replika patung Merlion juga ada di Gunung Faber dan Tourism Court di Orchard Spring Lane.

Baca juga: Jurong Bird Park Singapura dan Fakta Menariknya

Menjadi Lambang Penyambutan Siapa pun yang Datang ke Singapura

Meskipun memiliki nilai sejarah dan makna di baliknya, Merlion dan Cub ternyata dibangun dengan tujuan lain. Dalam prasasti perunggu yang terletak tidak jauh dari patung Merlion tertulis bahwa Merlion didirikan sebagai lambang untuk menyambut semua pengunjung ke Singapura. Artinya, patung yang diresmikan oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew pada tanggal 15 September 1972 ini memang ditujukan untuk siapapun yang datang ke Singapura.

Patung Merlion Sempat Mengalami Pemindahan Singgasana

Tahu kan Anda bahwa dulunya Merlion dan Cub terletak di seberang Elizabeth Walk, atau tepatnya di Singapore River? Dikarenakan adanya beberapa kesepakatan, patung tersebut pun dipindahkan ke Merlion Park yang terletak 120 meter dari Singapore River. Lokasi ini juga bersebelahan dengan One Fullerton, taman seluas 2.500 meter persegi dengan fasilitas restoran, lounge, dan klub dansa di tepi sungai. Cub juga ikut dipindahkan bersamaan yang didirikan 28 meter di belakang Merlion dan dipasang pompa sehingga mampu menyemburkan air setiap saat.

Cara Menuju ke Merlion Park

Kini Anda sudah mengetahui mengenai sejarah patung Merlion yang menjadi ikon Singapura dan terkenal di seluruh dunia. Setelah mengetahui, tentu Anda sudah tidak sabar untuk menikmati dan melihat langsung keindahan dari patung singa ini.

Menggunakan MRT (Mass Rapid Transit) adalah pilihan transportasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menuju patung legendaris ini. Sebab, semua detinasi yang ada di Singapura sangat mudah dikunjungi menggunakan MRT. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menuju lokasi wisata merlion menggunakan MRT dari berbagai daerah di Singapura.

Dari Changi Airport dengan MRT

  • Naik MRT dari stasiun Changi, naik MRT green line (east west line) jurusan Tanah Merah dan turun di tanah merah stasiun.
  • Naik MRT green line jurusan Joo Koon dan turun di Raffles Place stasiun.
  • Keluar stasiun melalui exit B dan jalan menuju singapore river. kemudian belok kanan dan jalan hingga menemui cavanagh bridge dan hotel fullerton. setelah itu menyeberang ke taman.

Dari Bugis dengan MRT

  • Dari stasuin MRT bugis, naik MRT green line menuju marina bay dan turun di raffles place station.
  • Keluar stasiun melalui exit B dan jalan menuju singapore river. kemudian belok kanan dan jalan hingga menemui cavanagh bridge dan hotel fullerton. setelah itu menyeberang.

Dari Harbourfront dengan MRT

  • Dari stasiun MRT harbor front (lantai dasar mall vivo city), naik MRT purple line jurusan Punggol dan turun di outram park station.
  • naik MRT green line jurusan Pasir Ris dan turun di raffles place
  • Keluar stasiun melalui exit B dan jalan menuju singapore river. kemudian belok kanan dan jalan hingga menemui cavanagh bridge dan hotel fullerton. setelah itu menyeberang ke lokasi.

Dari Chinatown dengan MRT

cara menuju merlion park

  • Dari stasiun MRT chinatown, naik MRT purple line jurusan punggol dan turun di stasiun dhoby ghaut.
  • Naik MRT red line jurusan marina bay dan turun di raffles place station.
  • Keluar stasiun melalui exit B dan jalan menuju singapore river. kemudian belok kanan dan jalan hingga menemui cavanagh bridge dan hotel fullerton. setelah itu menyeberang ke lokasi wisata.

Baca juga: Jewel Changi Airport: Wisata Baru di Singapura

Comments are closed.