9 Fakta Unik Tentang Negara Kepulauan Micronesia

Travel

Selain Indonesia ada beberapa negara kepulauan lainnya yang memiliki keindahan. Sebut saja Micronesia yang letaknya di tengah-tengah Samudra Pasifik. Yuk, intip kepulauan ini lebih dalam lagi.

Kalau lihat di peta Micronesia memang terletak di tengah-tengah Samudra Pasifik. Dikarenakan letaknya, negara ini terbilang cukup ekstrim. Namun dibalik itu, ada banyak pesona alam yang ditawarkan negara ini.  Mungkin banyak orang yang kurang tahu tentang Federasi Micronesia. Hal ini dikarenakan terlihat hanya satu garis pada peta.

Padahal ada banyak hal yang unik dan menarik di dalam negara ini. Dahulunya, wilayah ini bukanlah suatu negara federasi, melainkan wilayah administrasi milik PBB yang berada di bawah Amerika Serikat. Namun, pada 10 Mei 1979 mulai terbentuk negara federasi ini yang resmi berdaulat pada tanggal 3 November tahun 1986 dengan bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu, berikut ini beberapa fakta menarik seputar Micronesia yang banyak belum diketahui.

Fakta-fakta Unik Seputar Micronesia

  1. Negara Federasi Kepulauan Ini Tidak Memiliki Kekuatan Militer

Negara yang satu ini memang tidak memiliki pasukan dan kekuatan militer, pasti terdengar aneh bukan? Memang negara federasi ini tidak memiliki kekuatan militer karena sudah melakukan perjanjian dengan Amerika Serikat. Perjanjiannya adalah Compact of Free Association yang dilakukan pada 1986. Isi dari perjanjiannya adalah bahwa negara federasi ini ada di bawah perlindungan dari Amerika Serikat. Karena hal itu, membuat negara ini tidak takut dengan adanya ancaman negara lain.  Sebab, memang kalau ada yang mengancam, negara federasi ini akan langsung menghadapi pihak Amerika Serikat.

  1. Negara dengan Penduduk Gemuk Terbanyak di Dunia

Penduduk dari negara federasi ini memang banyak yang gemuk, di mana hampir semuanya memiliki tubuh yang kekar, gempal, dan besar. Tidak hanya penduduk yang laki-laki, penduduk yang perempuan juga memiliki tubuh yang sama besarnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh London School of Hygiene of Tropical Medicine, persentase obesitas di negara ini adalah sebesar 92 persen dan obesitas tersebut juga bisa memicu munculnya penyakit diabetes tipe dua.

Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh banyaknya restoran cepat saji yang ada di sini, apalagi dengan pola hidup penduduknya yang tidak sehat. Selain itu, ada juga pengaruh dari standar kecantikan untuk wanita di sini, yaitu wanita yang cantik adalah wanita yang memiliki tubuh gempal dan besar. Berbeda sekali dengan tren kecantikan dunia pada umumnya, malah sangat berkebalikan.

  1. Mata Uang dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Pulau Yap adalah salah satu pulau yang ada di negara federasi ini. Pulau ini  megang teguh adat istiadat dan juga tradisi. Bahkan sistem kerajaannya juga masih ada hingga saat ini meskipun negara sudah dipimpin oleh presiden. Salah satunya saja mata uang yang digunakan di pulau ini.

Uang yang digunakan adalah mata uang batu dengan disebut Rai. Bentuknya lingkaran dengan adanya lubang di bagian tengah. Untuk ukurannya beragam ada yang kecil sampai yang terbesar. Ukuran terkecilnya adalah 3,5 cm sedangkan ukuran terbesarnya adalah berdiameter 4 meter.

  1. Wisata Unik yang Ada di Truk Lagoon

Truk Langoon adalah salah satu tempat yang dijadikan markas oleh Jepang. Kalau masih ingat, Truk Lagoon menjadi tempat penyerangan Jepang ke pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour yang sampai luluh lantah pada perang dunia kedua.

Pada tempat ini, Amerika Serikat membalas serangan Jepang yang membuat banyak kendaraan perang ataupun alat perang lainnya milik Jepang tenggelam ke laut. Untuk sekarang ini kendaraan milik tentara Jepang yang tenggelam di Truk Lagoon berubah menjadi batu karang yang ditinggali oleh berbagai jenis biota laut.

Hingga saat ini, Truk Lagoon menjadi salah satu destinasi wisata yang unik dan bisa menjadi tempat menyelam yang menyenangkan. Namun, sebenarnya tempat ini masih berbahaya karena banyak terdapat bom aktif milik Jepang di tempat ini.

  1. Tarian Tradisionalnya Unik

Salah satu tradisi unik di tempat ini adalah pria dan wanita tidak boleh menari bersama. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan budaya di negara lain. Kalau di sini hanya ada satu tarian yang boleh ditarikan bersama pria dan wanita dalam waktu bersamaan dan itupun harus meminta izin dulu kepada kepala desa.

  1. Festival Olahraga Micronesian Games

Jika pada suatu wilayah selalu ada yang namanya persatuan di bidang olahraga, layaknya di asia ada Asian Games, dan di Asia Tenggara ada SEA Games. Micronesia pun juga ada. Festival olahraga di negara federasi ini dikenal dengan nama Micronesian Games yang merupakan acara atau festival multi olah raga internasional quadrennial. Ada banyak manfaat dari diadakannya festival olah raga, salah satunya adalah menjaga hubungan baik antara negara satu dengan lainnya.

  1. Industri Utama dan Produk Pertaniannya

Negara federasi ini adalah negara kepulauan yang menjadi sub wilayah dari Oceania yang industri utamanya adalah di bidang-bidang tertentu. Industri yang bergerak di negara ini adalah meliputi pariwisata, pengolahan ikan, budidaya khusus, dan juga berbagai industri maritim lainnya.

Untuk hasil pertaniannya, negara ini memiliki pinang, lada hitam, kelapa, umbi-umbian, buah, sayur, dan berbagai varietas lain yang sesuai dengan lingkungan maritim. Namun, karena negara ini belum bisa mencukupi kebutuhannya sendiri sehingga masih melakukan impor.

  1. Presiden Negara Ini Sekarang Memiliki Darah Indonesia

Presiden dari negara federasi ini ternyata masih berdarah Indonesia. Presiden yang menjabat sejak 2015 ini, Peter Martin Christian, masih memiliki darah Maluku. Beliau adalah keturunan Maluku yang ada di generasi ketiga. Bahkan ketika berkunjung ke Indonesia, beliau mengunjungi Maluku tepatnya ke Ambon guna berziarah ke makam leluhur.

  1. Kolonia Adalah Bekas Ibukotanya

Kolonia pernah menjabat sebagai ibu kota di federasu ini. Namun, pada 1989 ibukota negara dipindahkan ke Pohnpei yang populasi penduduknya kurang lebih empat ribu jiwa. Padahal ada Weno yang menjadi kota terbesar dengan jumlah populasi 14.000 jiwa.

Itulah beberapa info mengenai fakta unik yang dimiliki negara federasi ini. Semua artikel ini bisa menambah wawasan Anda ya.

Comments are closed.