Mudahnya Mengajukan Visa Korea Indonesia

Travel

Supaya visa Korea Indonesia Anda cepat diproses dan disetujui, pastikan syarat-syarat berikut ini Anda persiapkan dengan benar.

Semenjak maraknya K-pop, dan juga K-drama yang booming beberapa tahun belakangan ini, nama Korea rasanya tidak pernah sepi dibicarakan oleh masyarakat dunia. Hal ini juga terlihat dari meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke negeri Gingseng tersebut. Namun, seperti berkunjung ke negara-negara lain, ada banyak persiapan yang harus Anda lakukan.

Selain paspor, tentu visa Korea menjadi hal penting yang harus Anda siapkan. Hingga saat ini kebijakan dari Korea masih mengharuskan warga negara Indonesia untuk memiliki visa ketika berkunjung ke sana.

Di balik itu, Kedutaan Besar Republik Korea mengumumkan kemudahaan baru dalam pengajuan visa Korea Indonesia. Kemudahan ini terdapat pada multiple entry visa yang kini berlaku hingga 5 tahun dengan masa tinggal setiap kunjungan selama maksimal 30 hari.

Tentu multiple entry visa ini sangat berguna sekali untuk Anda yang berencana untuk berkunjung ke Korea berkali-kali. Namun, untuk mendapatkan visa Korea, tentu ada beberapa syarat yang harus Anda ketahui. Berikut ini syarat visa Korea Indonesia:

Aplikasi Dokumen

Syarat pertama, Anda wajib menyiapkan dokumen-dokumen penting yang harus dibawa ketika melakukan pengajuan visa korea Indonesia di Kedutaan Besar Korea Selatan. Berikut ini detail dokumen yang harus Anda persiapkan:

  1. Paspor asli dan foto kopi
  2. Formulir aplikasi visa yang sudah Anda isi dengan lengkap dan jujur. Untuk formulir aplikasi visa ini bisa Anda dapatkan di http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2711/list.do
  3. Kartu keluarga asli dan foto kopi
  4. Surat keterangan kerja dan foto kopi SIUP tempat Anda bekerja
  5. Surat keterangan mahasiswa/siswa jika masih bersekolah
  6. Foto kopi rekening koran

Biaya Pembuatan Visa

Setelah seluruh dokumen penting siap, syarat berikutnya untuk pengajuan visa Korea Indonesia, yaitu Anda harus menyiapkan biaya untuk pembuatan visa. Biaya yang dikeluarkan berbeda-beda sesuai dengan jenis visa yang Anda pilih. Berikut ini ulasan selengkapnya:

  1. Single Entry Visa Korea (Visa Korea untuk kunjungan di bawah 90 hari) Biaya: Rp544.000,00.
  2. Multiple Entry Visa Korea (Visa Korea untuk kunjungan berkali-kali berlaku untuk 5 tahun): Rp1.224.000,00.
  3. Double Entry Visa Korea (Visa Korea untuk 2 kali masuk dan berlaku untuk 6 bulan termasuk tujuan berobat): Rp952.000,00.

Namun, biaya pembuatan visa ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi Anda harus cek secara berkala di website resminya Kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia.

Catatan Penting Mengenai Pengajuan Visa Korea

  1. Jika Anda ingin mengajak ibu pergi ke Korea, tetapi pekerjaannya hanya sebagai Ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan, Anda harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga.
  2. Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, wajib melampirkan surat sponsor dari perusahaannya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan).
  3. Usahakan untuk baca berkali-kali persyaratan dan juga lengkapi dokumen sebelum melakukan pengajuan visa Korea Indonesia. Hal ini agar visa Anda cepat dan diproses dan disetujui.

Jika sudah mendapatkan infnormasi sebanyak ini, jangan sampai visa Korea Indonesia Anda ditolak ya. Selamat Liburan!

Comments are closed.