Mudik Aman Bersama Keluarga Menggunakan Mobil Pribadi

Travel

Mudik aman bersama keluarga menggunakan mobil pribadi menjadi favorit sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk merayakan hari raya lebaran di kampung halaman. Agar aman dan nyaman ini tipnya!

Setiap tahunnya liburan hari raya menjadi momen yang dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman dengan berkumpul bersama keluarga atau lebih dikenal dengan mudik. Tradisi mudik ini di mana kampung halaman mungkin jaraknya jauh dari tempat tinggal Anda sekarang, ditambah momen liburan yang membuat sebagian orang juga memanfaatkan liburan sehingga jalan menjadi lebih padat dan ramai. Hal ini tentu membutuhkan kewaspadaan dan kosentrasi yang tinggi selama dalam perjalanan agar mudik bisa berlangsung aman dan nyaman.

SEMUA DAPAT DISKON! Mudik aman bersama keluarga saat lebaran dengan asuransi mobil terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo PUASAYUK dan langsung dapat DISKON 10%

mudik aman

Berikut ini tips-tips mudik yang aman saat menggunakan kendaraan pribadi

Periksa Kondisi Mobil

Cek kondisi mobil Anda beberapa hari sebelum berangkat mudik, terlebih bila perjalanan mudik dengan jarak jauh. Sebaiknya servis dahulu sebelum berangkat agar kondisi mobil enak aman dan nyaman saat dikendarai. Anda juga mengeceknya sendiri, antara lainnya rem, ban, lampu, ac, radiator dan mesin. Dengan kondisi mobil yang baik dan sehat, tentu perjalanan mudik akan berlangsung aman dan nyaman.

Barang Muatan

Barang yang dibawa sekiranya bawalah yang diperlukan saja, hindari sampai kelebihan muatan karena bisa mengganggu stabilitas dan keseimbangan mobil.

Fisik Anda dan Keluarga

Istirahat yang cukup pada malam sebelum melakukan perjalanan mudik. Fisik yang sehat dan fit begitu penting untuk menikmati perjalanan mudik aman dengan mobil. Kondisi fisik pengemudi bisa memengaruhi keselamatan penumpang. Hindari rasa kantuk dan Lelah, karena bisa mengganggu konsentrasi pengemudi saat di perjalanan. Kalau Anda Sudah merasa mengantuk segeralah cari tempat peristirahatan dan posko-posko siaga. Perjalanan mudik dengan jarak yang jauh, sebaiknya membuat peraturan agar yang menyetir ada dua orang sehingga bisa bergantian, saat salah satu driver merasa lelah dan mengantuk.

Informasi Rute Perjalanan

Cari tahu informasi dan perluas pengetahuan Anda tentang rencana mudik Anda, yaitu rute perjalanan, jalur laternatif, kondisi terbaru di perjalanan, posko siaga, dan semua hal-hal yang berkaitan dengan mudik.

Bawa Obat-obatan Makanan dan Minuman

Perjalanan  mudik yang jauh dan memakan waktu lama tentunya butuh asupan energi untuk bisa terus mengemdui dengan prima. Bawalah makanan dan minuman secukupnya yang bisa Anda temukan di minimarket atau supermarket di jalur yang terlintasi oleh Anda. Rutin juga meminum air putih atau air mineral selama di perjalanan, juga siapkanlah obat-obatan standar untuk meredakan pusing, demam, hingga flu.

Taat Aturan Lalu-Lintas

Mengemudilah dengan baik dan benar jangan terburu-buru ingin cepat sampai ke tujuan. Hindari melanggar rambu-rambur lalu-lintas saat dimana saja, karena hal yang ditakutkan adalah bisa berakibat fatal dengan menyebabkan kecelakaan yang bisa membuat orang kehilangan nyawa. Jangan lupa selalu gunakan sabuk pengaman selama di perjalanan.

Kecepatan

Kendalikan kecepatan Anda dengan batas normal waspadai kendaraan-kendaraan di sekitar Anda, bila jalanan sedang kosong janganlah mengebut tetaplah denga tasa kecepatan normal sesuai kondisi jalan.

Mudik aman dan nyaman dengan menggunakan mobil tentu merupakan momen seru bersama keluarga, yang bisa menambah kehangatan dan keakraban keluarga. Untuk itu tips tips di atas bisa Anda coba saat melakukan perjalanan mudik nanti.

Leave a Reply