Mudik dengan Mobil Pribadi? Lebih Nyaman dengan 8 Hal Ini

Travel

Mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi bersama keluarga tentu menyenangkan. Agar makin aman dan nyaman, persiapkan 8 hal berikut ini.

 

Ramadhan dan Lebaran adalah momen yang ditunggu oleh berjuta orang di Indonesia. Sebab pada saat itulah, banyak orang saling berkunjung, pulang kampung, dan berbagi keceriaan bersama keluarga.

Tak heran jika jalanan menuju luar kota macetnya luar biasa. Jika perjalanan darat Jakarta menuju Yogyakarta normalnya ditempuh sekitar 10-14 jam, saat Lebaran bisa dua atau bahkan tiga kali lipat lamanya!

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mudik naik mobil bersama keluarga, banyak hal yang perlu disiapkan. Apa saja?

  1. Selalu Cek Kendaraan Sebelum Berangkat

Kondisi kendaraan sangat menentukan. Penting untuk mengecek bensin, oli, aki, rem, hingga tekanan ban agar selamat sepanjang perjalanan.

  1. Hitung Jumlah Rombongan Dalam Satu Mobil

Kapasitas mobil ada batasnya. Jika mobilnya sedan untuk maksimal berlima, jangan dipaksa lebih. Jika kelebihan beban, bisa berbahaya. Sebab kelebihan beban kendaraan bisa mengakibatkan patahnya as kendaraan atau rusaknya peredam kendaraan.

  1. Bawa Peralatan Dan Suku Cadang Untuk Kondisi Darurat

Meski sudah disiapkan, ada saja kondisi yang mungkin terjadi. Misalnya ban bocor atau radiator kepanasan.  Suku cadang yang perlu dibawa misalnya ban serep, air aki dan radiator, lampu utama untuk jalan di malam hari, hingga busi kendaraan.

  1. Miliki GPS Dan Peta Jalan Alternatif

Saat mudik dan padat kendaraan, Anda bisa mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan. Pastikan juga untuk meng-update data di GPS mobil karena sering kali jalan alternatif yang muncul berbeda dengan aslinya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penunjuk arah seperti aplikasi Google Maps atau Waze.

  1. Miliki Daftar Pos Mudik Untuk Beristirahat

Jalan jauh dan macet pasti melelahkan. Jika mengantuk segera cari pos istirahat terdekat. Biasanya di pos istirahat selain bisa tidur sejenak, ada beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Misalnya periksa oli dan tekanan ban gratis. Bahkan, tak jarang ada pula klinik kesehatan untuk memastikan kondisi Anda tetap fit sepanjang perjalanan.

  1. Bawa Uang Tunai Dan Makanan yang Cukup

Ada saja kebutuhan yang kadang perlu dibeli sepanjang perjalanan. Selain itu, di saat macet dan tak bisa bergerak, Anda bisa tetap relaks menikmati persediaan makanan.

  1. Lindungi Keluarga Dengan Asuransi Kecelakaan

Tak ada yang bisa mengira apa yang akan terjadi sepanjang perjalanan. Karena itu sebagai antisipasi, Anda perlu memiliki asuransi. Misalnya saat tiba-tiba kelelahan dan harus dirawat di rumah sakit.

Dengan menyiapkan kesemua hal di atas, semoga perjalanan mudik Anda dengan mobil pribadi makin nyaman dan menyenangkan. Semoga selamat sampai tujuan.

Leave a Reply