Sebelum Pergi Mudik Lebaran, Lakukan Persiapan Ini!

Travel

Bagi yang beragama muslim, mudik lebaran sudah menjadi kegiatan rutin tahunan. Agar terasa menyenangkan, lakukan persiapan sebaik mungkin.

Kurang lebih satu bulan dari sekarang, seluruh umat muslim akan melakukan ibadah tahunan selama sebulan penuh, apa lagi kalau bukan puasa Ramadhan. Ya, kita semua yang menjalankan perlu menjaga hawa nafsu, baik pada makanan dan minuman, dan juga emosi.

Selain identik dengan puasa, momen ini pun tak lepas dari budaya yang sangat kental dengan masyarakat muslim di Indonesia, yakni mudik lebaran. Setelah sebulan penuh berpuasa, sebagian besar orang akan pulang ke kampung halamannya untuk merayakan kemenangan bersama orangtua dan keluarga terdekat.

Namun, mudik lebaran bukan hanya berangkat ke kampung halaman. Lebih dari itu, nyatanya perlu persiapan yang matang sebelum akhirnya berangkat mudik agar perjalanan terasa aman, nyaman, dan menyenangkan.

Baca juga: 5 Tip Liburan Musim Salju di Turki

Apa saja hal yang perlu dipersiapkan saat ingin mudik? Simak penjabarannya di bawah ini!

Persiapan Mudik Lebaran yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Banyak opsi kendaraan yang dapat dipilih untuk menuju kampung halaman. Pilihlah kendaraan yang menurut Anda paling aman dan nyaman. Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil, periksa dan persiapkan terlebih dahulu kendaraan Anda seperti membawanya ke bengkel. Lalu, carilah jalur mudik alternatif yang aman.

Persiapan jalur yang matang dapat membantu Anda mengurangi kemacetan di jalan. Untuk mengisi bahan bakar kendaraan, manfaatkanlah promo kartu kredit agar Anda bisa memperoleh banyak keuntungan. Jika menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat dan kereta, carilah kendaraan yang paling nyaman.

Persiapkan Barang Bawaan

Tahapan kedua yang haru Anda persiapkan sebelum mudik lebaran selanjutnya adalah dengan membuat daftar barang bawaan beberapa hari sebelum pergi. Daftar barang bawaan berguna untuk mendata agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang penting, seperti charger gadget atau kamera, yang tertinggal karena lokasi tujuan yang jauh dari kota akan menyulitkan mencari barang pengganti yang tertinggal.

Daftar tersebut juga berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena nanti akan merepotkan di kendaraan dan juga dapat dipastikan saat pulang barang yang dibawa akan bertambah karena buah tangan. Selain itu, jika naik pesawat, barang yang melampaui kapasitas juga akan dikenakan biaya bagasi tambahan.

Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

Selama Anda mudik, dapat dipastikan banyak pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk sampai di tempat tujuan dan juga selama di sana. Beberapa minggu sebelum mudik, Anda dapat membuat daftar anggaran pengeluaran, seperti anggaran untuk tiket, penginapan, angpao lebaran, oleh-oleh, dan pengeluaran tak terduga.

Persiapan anggaran tersebut dapat membantu Anda mengetahui berapa besar pengeluarannya dan dapat mempersiapkan keuangan Anda sebelum bepergian. Jika Anda dapat menggunakan hanya uang THR untuk mudik, itu adalah hal yang baik.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Pasti banyak biaya tak terduga yang dikeluarkan, seperti tiket objek wisata, membeli air mineral saat perjalanan mudik dan saat di kampung halaman, dan lainnya. Di kampung halaman yang jauh dari kota juga sulit ditemukan keberadaan mesin ATM.

Banyak juga tempat membeli oleh-oleh yang tidak mempunyai mesin EDC (Electronic Data Capture). Siapkan uang tunai secukupnya dan juga siapkan uang tunai cadangan. Sebaiknya, uang tunai cadangan dipisahkan tempatnya agar tidak terpakai untuk hal yang tidak terlalu penting.

Siapkan Fisik dan Obat-obatan Pribadi

Salah satu tip mudik lebaran yang tak boleh terlewat adalah dengan menyiapkan kotak P3K di dalam mobil. Mudik dapat dikatakan sebagai aktivitas yang cukup melelahkan. Anda harus mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit di perjalanan. Apalagi jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maka harus siap kondisi fisik agar tidak terjadi kecelakaan.

Baca juga: 5 Obat Paling Penting Dalam Sejarah di Dunia

Olahraga kecil rutin setiap hari dan istirahat yang cukup serta makan yang dijaga dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat-obatan pribadi jadi jika ada yang sakit di jalan dapat langsung diobati dan dapat mudik kembali dengan nyaman.

Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Kemacetan saat mudik itu sering terjadi, kemacetan bisa terjadi di mana saja, seperti di dalam tol, di jalanan panjang, atau jalanan kecil yang menjadi jalur mudik. Oleh karena itu, hal penting berikutnya adalah membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Saat berkendara di tengah kemacetan yang membuat stres, Anda bisa berpotensi lapar dan haus, bahkan hal ini bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat menyetir.

Hindari mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar, Anda sebaiknya makan terlebih dahulu lalu melanjutkan kembali perjalanan Anda. Sebab itu, penting untuk menyediakan makanan ringan seperti buah-buahan, roti, atau camilan favorit saat mudik dengan kendaraan pribadi.

Begitu juga ketika Anda memutuskan untuk pergi mudik lebaran menggunakan transportasi lain seperti kereta. Anda tak perlu khawatir didera rasa lapar saat perjalanan jika Anda memiliki makanan dan minuman yang siap disantap.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Bawa Hiburan Selama Mudik

Selama perjalanan, Anda dapat mengisi waktu dengan smartphone. Persiapkan smartphone kesayangan Anda dan jangan lupa untuk mengisi daya baterainya. Anda juga dapat membawa powerbank agar tetap bisa mengisi baterai gadget di jalan. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa agar tetap tersambung ke internet dan juga ada persiapan dalam keadaan darurat.

Selain gadget, buku adalah opsi lain yang dapat Anda bawa dan menjadi hiburan selama di perjalanan. Anda juga dapat menambah kebersamaan dengan saudara dengan cara membawa papan permainan yang dapat dimainkan selama perjalanan untuk menghabiskan waktu.

Jangan Terlalu Boros Membeli Oleh-oleh

Membeli oleh -oleh adalah tradisi yang wajib dilakukan oleh mereka yang mudik. Saat membeli oleh–oleh, jangan takut untuk menawar harganya, tetapi jangan juga menawar terlalu sadis agar tetap mendukung usaha daerah. Anda juga dapat memakai bahasa daerah agar timbul rasa kebersamaan ke pedagang.

Jika Anda berpergian dengan banyak saudara, belilah oleh-oleh bersama dalam jumlah yang banyak, karena biasanya membeli banyak sekaligus akan mendapatkan potongan harga.

Sudah tahu kan, bahwa mudik lebaran tidak sesederhana yang dibayangkan. Jadi, persiapkanlah segala sesuatunya sebaik mungkin agar perjalanan Anda tidak terkendala.

Comments are closed.