Nama Proklamator Indonesia yang Dipakai Sebagai Nama Jalan di Luar Negeri

Travel

Kita sebagai masyakakat Indonesia turut bangga pasalnya ada beberapa nama proklamator Indonesia yang digunakan sebagai nama jalan di negara-negara besar, lho!

Mungkin Anda semua sudah tahu bahwa nama jalan di Indonesia didominasi dengan nama-nama pahlawan dan tokoh besar lainnya yang memiliki peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa ada nama-nama proklamator Indonesia juga dijadikan sebagai nama jalan di luar negeri? Ya, ternyata di negara yang dulu pernah menjajah Indonesia ini terdapat beberapa jalan yang diberi nama sesuai dengan nama tokoh-tokoh penting di Indonesia. Mungkin salah satu faktornya karena tokoh tersebut yang telah membuat sejarah penting bagi negara tersebut. Memberi nama jalan dengan nama pahlawan adalah salah satu cara sebuah bangsa untuk mengenang para pahlawannya. Beberapa nama proklamator Indonesia di jalan Belanda yang dapat Anda temui ketika berada di sana.

SEMUA DAPAT DISKON! Traveling happy, tanpa tapi! Anda tinggal senang-senang selama perjalanan. Belanja asuransi perjalanan. HARGA HEMAT di Futuready.com Gunakan kode promo TRAVEL10 dan langsung dapat DISKON 10%!

nama proklamator indonesia

Ir. Soekarno

Siapa yang tidak kenal dengan sosok pahlawan yang satu ini? Mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia tentu jasanya tersebut tidak akan pernah dilupakan oleh semua masyarakat Indonesia. Jika Anda ingin melihat nama Ir. Soekarno di luar negeri, Anda bisa kunjungi pusat kota Rabat yang tepatnya di depan kantor Pos kota Rabat. Nama jalan tersebut yaitu ”Rue Soukarno”. 

Mohammad Hatta

Salah satu tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia ini namanya didaulat menjadi nama jalan di kota Haarlem, Belanda. Bung Hatta merupakan salah satu orang Indonesia yang menuntut ilmu di Belanda hingga 11 tahun dan juga aktif dalam perkumpulan Indonesia di Belanda. Pemerintah Belanda melalui Walikota RH Claudius mengabadikan nama Bung Hatta sebagai nama jalan dengan nama Mohemmed HattaStraat.

R.A. Kartini

Sama seperti Bung Hatta, tokoh pelopor kebangkitan perempuan di Indonesia ini menginspirasi perjuangan kesetaraan harkat dan martabat untuk perempuan di Belanda sehingga namanya digunakan sebagai nama jalan hingga di beberapa kota seperti, kota Utrecth, Amsterdam, dan Haarlem. Nama R.A Kartini bukan hanya terdapat pada satu tempat saja, tetapi ada tempat berbeda yang menggunakan nama R.A Kartini sebagai nama jalan, yaitu R.A. Kartinistraat di kota Utrecth, Kartinistraat di Venlo, Raden Adjeng Kartinistraat di Amsterdam dan Kartinistraat di Haarlem

Irwan Soejono

Walaupun namanya tidak begitu diketahui di Indonesia, Irwan ialah mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Belanda dan ikut bergabung dengan pasukan bawah tanah Belanda ketika perang dunia ke-2. Beliau tewas setelah ditembak oleh tentara nazi-jerman dan sebagai tanda hormat namanya dapat Anda lihat di daerah Osdrop. Akhirnya pemerintah Belanda mengabadikan namanya menajadi salah satu nama jalan di Kota Amsterdam Belanda dengan nama Irawan Soejonostraat.

Munir

Seorang aktivis HAM Indonesia, Munir, tewas ketika perjalan ke Amsterdam. Beliau pernah menjabat sebagai direktur eksekutif lembaga pemantauan hak asasi manusia memiliki peran mengusut kasus tentang orang hilang pada masa orde baru, namanya kini dapat Anda lihat di salah satu jalan di Kota Den Haag Belanda

Berbagai nama proklamator Indonesia di luar negeri yang dibuat untuk menghormati jasa para pahlawan yang rela berkorban untuk banyak orang, kita pun juga harus menghormati mereka dengan meneruskan perjuangan mereka yang belum berenti sampai masa itu saja.

Leave a Reply