Ciri Negara Maju beserta Negara Panutan Dunia!

Travel

Tak mudah menjadi Negara maju yang diakui dunia, beberapa faktor tentu menjadi penilaiannya. Ingin tahu apa saja faktornya?

Keberagaman Negara di dunia, menjadikan setiap Negara memiliki keunikannya masing-masing. Mulai dari budaya, bahasa hingga sosial dan ekonominya. Dari faktor-faktor tersebut lah setiap Negara di dunia memiliki label tersendiri, adapun pembagian suatu negara dapat digolongkan menjadi 3 kategori yaitu negara terbelakang, negara maju, dan negara berkembang.

Dibutuhkan banyak indikator untuk bisa dikategorikan dalam Negara bertaraf maju. Sebab negara kaya saja belum tentu masuk ke dalam kategori Negara bertaraf maju. Hal itu dikarenakan ada beberapa syarat yang tidak bisa dipenuhi, seperti kemajuan di bidang teknologi, kemajuan di bidang ekonomi, dan kondisi sosial politik.

Baca juga: Negara-Negara Terbaik untuk Ekspatriat

Negara maju biasanya memiliki Pendapatan Nasional Bruto (PNB) perkapita tinggi dan memiliki angka pertumbuhan penduduk relatif rendah. Tingkat kematian bayi pun sangat rendah, hal ini dikarenakan oleh kemajuan dalam bidang kedokteran.

Faktor lain yang menyebabkan maju tidaknya suatu bembangunan sosial di negara maju adalah adanya jaminan sosial yang melindungi risiko kehilangan pendapatan. Sebut saja seperti kecelakaan kerja, sakit, hamil, cacat, pengangguran, dan masa tua. hampir setengah dari PNB digunakan untuk membiayai berbagai pelayanan sosial dan kesehatan.

Ciri-Ciri Negara Maju

ciri negara maju

Untuk dapat menjadi sebuah Negara yang disebut maju, suatu Negara perlu memiliki beberapa faktor penunjang yang baik. Suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju apabila memiliki ciri-ciri yang diantaranya:

Lingkungan Fisik

Negara-negara maju, atau advanced country umumnya memiliki wilayah yang sangatlah luas. Dapat diambil contoh seperti negara Amerika Serikat, Australia, dan Kanada yang memiliki daratan yang luas serta sumber daya alam pendukungnya.

SDA di negara ini rata-rata memanglah bermanfaat seperti tambang, emas dan lain sebagainya. Disamping itu, negara-negara tersebut mampu mampu mengembangkan bibir pantai menjadi pelabuhan strategis penopang kegiatan industri dan perdagangan manca negara.

Dalam pemanfaatan tersebut energi negara bertaraf maju telah memanfaatkan sumber energi alternatif, contohnya tenaga listrik dari air terjun, sungai dan lain sebagainya.

Segi Ekonomi

Contoh dari negara bertaraf maju pada umumnya memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan sangat berbeda dengan negara berkembang.

Sebagian besar penduduk bekerja di sektor industri dan jasa, sehingga memiliki tingkat pendapatan perkapita tinggi yang dihasilkan dari industri, SDA, sektor pertanian berkualitas, minyak, dan emas.

Kualitas Penduduk

Syarat ini yang mutlak diperlukan sebuah negara. Karena dari sinilah menjadi penentu maju atau mundurnya suatu negara. Kualitas penduduk dapat diukur melalui tingkat pendidikannya, tingkat kesehatan, dan tingkat kesejahteraan atau pendapatan perkapita.

Contohnya jika suatu negara yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi maka kualitas penduduk negara tersebut baik disebut dengan Negara bertaraf maju dan bukan negara berkembang.

Tingkat kesehatan yang baik berarti ada kaitanya dengan tingkat kematian dan usia harapan hidup.
pada suatu Negara bertaraf maju kematian bayi termasuk rendah kurang dari 1% dan sedangkan usia harap hidup umumnya tinggi lebih dari 75%.

Segi Pendidikan

Contoh Negara bertaraf maju pada umumnya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi yang ditandai dengan perkembangan penguasaan yang pesat dan berbeda dengan negara berkembang.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut mampu mengantarkan negara maju dalam peningkatan di berbagai bidang kehidupan. Itu sebabnya negara maju relatif dikatakan lebih modern, baik dari kebudayaan maupun masyarakat.

Contoh Advanced Country di Dunia

definisi negara maju

Adapun berikut Negara yang sudah maju di dunia yang telah memiliki beberapa faktor penunjang kehidupan yang baik bagi masyarakatnya, yaitu:

Amerika Serikat

Negara superpower atau adidaya ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang melesat. Keberhasilan pertumbuhan ekonomi AS mampu membawa tingkat kesejahteraan hidup yang tinggi terhadap penduduknya. Negara bersimbol elang botak ini mengutamakan sektor jasa dan industri dalam perekonomian.

Negara Adidaya ini atau Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian. Amerika Serikat mempunyai kebudayaan yang bermutu tinggi. Amerika melahirkan banyak sekali tokoh tokoh ilmuan, sastrawan, pemikir, pemusik dan lain-lain.

Baca juga: 10 Negara Terkaya di Dunia 2020

Dengan pengetahuan yang tinggi Amerika Serikat bisa mendeteksi bumi yang berguna untuk teknologi dan pengembangan pengetahuan. Bukan sekedar otak, di taraf fisik, AS diakui dengan segudang prestasi, dari mulai cabang olahraga seperti basket, tenis lapangan, tinju renang, dan atletik.

Sebagian besar dari penduduk Amerika serikat memeluk agama protestan. Bahasa nasional yang wajib digunakan oleh negara Amerika Serikat adalah Bahasa Inggris Amerika. Pendidikan wajib dilaksanakan dari umur 16-18 tahun.

Amerika serikat adalah negara republik yang mempunyai parlemen bikameral. Kekuasaan tertinggi Amerika Serikat dipegang oleh kongres terdiri atas Senat yang beranggotakan wakil negara bagian dan House of Representatives, yakni wakil-wakil yang dipilih oleh negara bagian. Pergantian kekuasaan eksekutif atau presiden dipilih empat tahun sekali dinegara Amerika Serikat

Jepang

Penduduk asli jepang yaitu bangsa Ainu dan sebagian besar penduduk Ainu bertempat di pulau Hokkaido. Agama terbesar negara ini adalah Shinto, yang juga merupakan inti dari kebudayaan sebagian besar masyarakat. Wujud kebudayaan yang paling terkenal diantaranya drama tari noh, kabuki, seni merangkai bunga dan seni bonsai.

Jepang merupakan negara industri terbesar di benua Asia yang didukung penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan, serta budaya disiplin tinggi dari penduduknya sendiri.

Korea Selatan

Korea selatan merupakan negara Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Disebelah Korea utara, republik Korea(Korea Selatan) berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya pernah bersatu sampai 1948.

Perdana menteri ditunjuk presiden dengan persetujuan oleh dewan perwakilan. Negara Korea Selatan memiliki urutan dalam pasar ekonomi nomer lima belas, salah satu macan Asia Timur negara Korea selatan telah mencapai ekspor impor yang sangat memukau.

Jenjang pendidikan di Korea Selatan dibagi menjadi 4 yaitu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi. Pendidikan dinegara Korea Selatan cukup membanggakan di dunia. Bahkan, teknologi pada pendidikan di negara juga dikembangkan sampai keseluruh daratan korea dengan membuat jaringa internet yang berkecapatan tinggi.

Selain itu Korea Selatan termasuk salah satu negara yang sudah maju karena salah satu negara industri terbesar didunia. Negara ini menjadi sarang bermukimnya brand-brand ternama seperti KIA, Samsung, dan LG.

Perancis

syarat negara maju

Dikenal dengan kiblat adibusana (fashion), anggur, musik, roti, kereta api super cepat TGV, dan resor-resor skinya, Perancis menjadi salah satu negara maju dengan pertumbuhan ekonomi dan sosial tinggi.

Perancis adalah salah satu dari penghasil produk pertanian terbesar di Uni Eropa, selain Inggris dan Jerman. Pertanian di negara Prancis kebanyakan adalah berupa petani gandum dan bit gula. Perkebunan apel yang berada di daerah Bretagne dan Normandia. Daerah tersebut menghasilkan sebuah minuman sari apel dan pir yang disebut sider.

Tidak sedikit yang memelihara binatang ternak seperti biri-biri dan lembu. Daerah Roquefort yang menghasilkan kayu, mentega, dan susu. Kepesatan industri Prancis tidak lepas dari kecakapan tenaga ahli dan dukungan modal besar. Negara ini juga memanfaatkan air sebagai tenaga listrik, dalam menopang kebutuhan penduduk atau industri.

Selandia Baru

Negara ini terdiri dari pulau utama dan kepulauan kecil lainnya. Sistem pemerintahan Selandia Baru berupa Monarki Konstitusional yang mengakui Ratu Britania Raya sebagai kepala negara. Untuk urusan pemerintahan, Selandia Baru dipimpin Perdana Menteri, Gubernur atau Jenderal menjadi wakil Ratu Britania Raya sebagai penasehat Perdana Menteri. Selandia Baru bertanggung jawab atas Negara pemerintah sendiri kepulauan Cook dan Niue, serta mengatur Tokelau dan Depedensi Ross.

Baca juga: Mengetahui Konsep Dasar Perhitungan Pendapatan Nasional

Menjadi sebuah kebanggaan jika Negara kebangsaan kita bisa menjadi salah satu advanced country di dunia, tentu hal itu dapat terwujud dengan dukungan dari masyarakat. Terlepas dari itu, sebagai warga Negara yang baik, berbangga hati dengan Negara sendiri dan berusaha menjadi kebanggaan Negara tentu lebih bernilai. Bangga menjadi warga Negara Indonesia!

Comments are closed.