Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Travel

Kebahagiaan penduduk suatu negara akan menentukan di mana posisi negara tersebut dalam daftar negara paling bahagia di dunia. Adakah Indonesia dalam daftar tersebut?

Setiap orang pasti menginginkan hidup yang bahagia, tak terkecuali Anda, kan? Kebahagiaan merupakan hal yang paling ingin dirasakan oleh setiap orang di berbagai belahan dunia selain kekayaan. Bahkan, tak hanya kekayaan, kebahagiaan pun menjadi tolak ukur penting di setiap negara. Semakin bahagia penduduknya, tentu semakin bagus nilai untuk hidup di negara tersebut.

Maka, tak heran jika banyak warga yang tinggal di negara yang indeks kebahagiaannya rendah pindah ke negara dengan indeks yang lebih baik. Bahkan, di Indonesia sendiri, tak sedikit orang atau keluarga yang memilih untuk tinggal dan menetap di negara lain untuk mendapatkan kebahagiaan yang belum pernah dirasakan di sini.

Banyak faktor yang menentukan indeks kebahagiaan suatu negara, beberapa di antaranya adalah tingkat pendidikan, tekanan hidup, dan angka kriminalitas. Nah, dari poin-poin tersebut, muncul daftar negara yang mendapatkan predikat negara paling bahagia di dunia.

Mana saja? Inilah daftar negara paling bahagia di dunia!

Baca juga: 10 Negara yang Dihapuskan dari Peta Dunia

Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia

Finlandia

Negara berpenduduk 5,5 juta ini menjadi negara paliing bahagia di dunia saat ini. Hal ini tak lepas dari tingkat stres yang dirasakan oleh penduduk yang amat sangat rendah. Selain itu, lingkungan yang hijau dan sehat juga membuat Finlandia menjadi negara dengan suasana hutan per mil persegi tertinggi dibandingkan negara Eropa lainnya.

Tak ketinggalan dari tingkat kriminalitas seperti kejahatan di jalanan dan juga korupsi yang sangat kecil juga menjadikan masyarakat setempat merasa aman dan nyaman dalam melangsungkan kehidupan. Bahkan, pajak tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah setempat tak menjadi masalah bagi masyarakatnya.

Norwegia

Masih di wilayah Skandinavia, nama Norwegia pun masuk dalam daftar negara paling bahagia di dunia. Meski berada satu tingkat di bawah tetangganya, Finlandia, nyatanya tingkat kebahagiaan masyarakatnya sangatlah tinggi, terpaut sedikit di bawah sang pemuncak daftar negara paling bahagia di dunia.

Salah satu faktor yang membuat negara ini masuk dalam daftar tersebut adalah kesetaraan sosialnya yang sangat tinggi. Jadi, tak pernah terdengar kasus antara golongan sosial satu dengan yang lain di negara ini.

Denmark

Negara satu ini menjadi negara paling bahagia nomor tiga di dunia, di bawah dua tetangganya. Standar hidup yang tinggi yang dijalankan oleh seluruh masyarakatnya tak membuat masyarakat terjebak dalam pusaran stres. Pasalnya, semua sistem di negara ini, mulai dari pendidikan hingga kesehatan, berjalan dengan sangat baik dan merata.

Islandia

Negara yang disebut-sebut sebagai penyedia destinasi alam paling memukau di bumi ini ada di posisi empat negara paling bahagia di dunia. Deretan pemandian air panas alami dan air terjun cantik tiada dua selalu jadi highlight perjalanan banyak pelancong.

Baca juga: Negara-Negara Terbaik untuk Ekspatriat

Meski jumlah penduduknya tidak terlalu besar, nyatanya hal tersebut justru menjadikan Islandia lebih mudah menjamin segala hal yang menjadi hak warganya.

Belanda

Berbicara tentang Belanda, kebanyakan pelancong sangat mungkin membayangkan pemandangan kota berupa kanal-kanal dengan jalur sepeda di kanan-kiri. Suguhan tak lekang waktu ini sangat mungkin Anda lakoni di kota di negara ke-5 paling bahagia di dunia.

Swiss

Swiss menempati posisi ke-6 negara paling bahagia di dunia 2019. Negara satu ini dikenal memiliki perpaduan antara lanskap alam yang sanggup membuat napas Anda tertahan dan bangunan-bangunan tua nan megah. Pemandangannya siap membawa Anda seolah memasuki lorong waktu kembali ke berabad silam.

Swedia

Menjelajah jalan-jalan asing untuk menemukan spot cantik seperti Stortorget Square di kawasan kota tua di ibu kota Swedia, Stockholm, jadi salah satu ide perjalanan di sini. Sembari santai, biarkan mata Anda menangkap deretan gedung tua yang sudah berdiri sejak abad ke-13.

Selandia Baru

Tragedi penembakan di dua masjid di kota Christchurch menunjukan penduduk Selandia Baru sangat suportif. Kedermawanan pada sesama begitu tampak tak lama setelah peristiwa nahas itu berlangsung. Seperti tetangganya, Selandia Baru juga merupakan salah satu destinasi road trip paling cantik di bumi.

Kanada

Menyusul di posisi sembilan, ada Kanada. Wilayah ini merupakan satu-satunya negara di Amerika, baik Utara maupun Selatan, yang berhasil masuk 10 besar. Kanada dikenal memiliki banyak ‘pertunjukan’ alam memukau, termasuk Banff National Park di Alberta.

Baca juga: 5 Fakta Unik Negara di Dunia

Australia

Wilayah di Selatan Indonesia ini menempati posisi ke-10 negara paling bahagia di dunia. Road trip jadi ide perjalanan yang disarankan untuk menikmati keseluruhan pesona Australia. Mulai dari modernitas kota-kota besar, deretan wilayah sunyi di gurun, lanskap pesisir memukau, hingga pemandangan bawah laut yang spektakuler.

Satu lagi kelebihan yang dimiliki oleh Denmark, yaitu kecilnya celah kekayaan antar masyarakatnya. Jadi, bisa dibilang, tak ada kelas sosial yang jauh berbeda di negara satu ini.

Lalu, di urutan berapakah Indonesia? Negara kita berada di urutan ke-92 dalam daftar negara paling bahagia di dunia. Ya, sangat jauh jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Semoga negara kita terus merangkak dan menjadi salah satu negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia suatu hari nanti ya.

Namun, tak perlu pesimis dengan peringkat ini. Meski memang jauh dari urutan teratas, Indonesia sendiri masih memiliki banyak destinasi wisata incaran para pelancong dunia. Kehabagiaan bisa Anda dapatkan dengan mengenal berbagai kebudayaan dan menikmati keindahan tujuan wisata di berbagai daerah Indonesia.

Comments are closed.