10 Negara Paling Berbahaya di Dunia untuk Traveling Saat Ini!

Travel

Tak semua negara memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini terbukti dari cukup banyaknya negara yang masuk daftar negara paling berbahaya di dunia.

Tinggal di negara yang memiliki indeks kebahagiaan dan keamanan yang tinggi tentu menjadi impian setiap orang. Selain karena merasa diayomi sepenuhnya oleh pemerintah, tentu warga negara juga merasa sangat aman tinggal di negara kelahirannya tersebut.

Sayangnya, tidak semua negara memiliki indeks standar kebahagiaan dan keamanan yang tinggi atau bahkan hanya sekadar cukup. Tak sedikit negara yang memiliki standar jauh di bawah negara-negara yang dinyatakan aman. Bahkan, beberapa negara pun dianggap sebagai negara paling berbahaya di dunia.

Hal ini tak lepas dari banyaknya konflik internal antara masyarakat dengan pemerintah. Alasan lainnya juga karena seringnya terjadi perang di negara tersebut, rendahnya tingkat keamanan masyarakat, hingga permasalahan ekonomi yang melanda. Tentu, negara yang masuk dalam daftar tersebut sebaiknya dihindari untuk dikunjungi oleh wisatawan, terlebih untuk menetap dalam waktu yang lama.

Baca juga: Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Negara mana saja dianggap sebagai negara paling berbahaya di dunia? Mari kita simak bersama di bawah ini!

Negara Paling Berbahaya di Dunia

Suriah

Suriah merupakan negara paling berbahaya selama tiga tahun terakhir ini. Negara ini mulai berbahaya sejak dimulainya perang saudara pada tahun 2013. Hal ini tak lepas dari banyaknya aksi teror dan jatuhnya korban jiwa di negara ini selama enam tahun terakhir. Bahkan, beberapa negara melarang warga negaranya untuk pergi ke Suriah atas alasan keamanan dan keselamatan.

Afghanistan

Rasanya hampir semua orang tahu bahwa Afghanistan merupakan negara yang penuh konflik dan tak lepas dari perang. Saat ini Afghanistan memang mengalami konflik antara kelompok bersenjata Taliban dengan pemerintah. Hal ini membuat negara satu ini menjadi negara yang hampir tidak pernah masuk dalam daftar negara yang aman untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Sudan Selatan

Sudan juga mengalami konflik antara pasukan pemerintah dengan oposisi. Masalah ini muncul sejak 2013, yaitu perebutan kekuasaan politik antara Presiden Kiir melawan mantan wakilnya, Riek Machar. Hal ini membuat banyak sekali perang terjadi di negara satu ini. Bahkan, jumlah korban jiwa yang jatuh akibat konflik ini terbilang banyak. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi negara satu ini, sebaiknya batalkan rencana tersebut dan pilih negara lain yang jauh lebih aman.

Irak

Perang saudara Irak yang berlangsung sejak 2014 hingga 2017 menyebabkan negara ini menjadi berbahaya. Pada 2014, pemberontakan di Irak mampu menumbangkan Fallujah, Mosul, Tikrit, dan wilayah-wilayah utama di Irak utara oleh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Peristiwa ini mengakibatkan pengunduran diri paksa Perdana Menteri Irak, Nouri al-Maliki.

Belum lagi serangan udara dari Amerika Serikat, Iran, Suriah, dan 12 negara lainnya. Akibatnya, Irak menjadi negara ke-4 paling berbahaya di dunia. Tingkat keamanan di negara ini sangat jauh dari kata aman.

Somalia

Perang sipil yang terjadi sejak 1991 membuat Somalia menjadi negara tak aman dan berbahaya. Perang ini masih terus berlanjut sampai sekarang. Gerakan perang dimulai sejak rezim Siad Barre pada 1980. Dampak perang ini, Somalia masuk dalam daftar negara berbahaya di dunia.

Hal ini semakin diperkuat dengan banyaknya perompak yang berasal dari negara satu ini. Kasus kapal laut dibajak oleh pembajak Somalia terbilang banyak dan bahkan masih berlangsung hingga saat ini. Tentu, hal tersebut menjadi refleksi bahwa sebagian masyarakat Somalia bukanlah masyarakat yang ramah dan mencintai kedamaian.

Baca juga: 6 Negara Terbaik di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Korea Utara

Negara yang masih tertutup terhadap dunia luar juga dikategorikan sebagai negara berbahaya. Ya, walaupun Korea Utara sudah membuka diri kepada wisatawan, tapi jalan-jalan ke negara ini harus berhati-hati dan ekstra wasapada.

Kalau Anda ingin berwisata ke sini, ada banyak sekali peraturan yang harus Anda patuhi supaya Anda bisa pulang dengan selamat. Seperti salah satunya jangan pernah jalan-jalan tanpa ditemani pemandu wisata resmi Korea Utara. Bisa-bisa Anda ditangkap dan diinterogasi oleh polisi setempat.

Pakistan

Sejatinya, negara ini memiliki beragam tempat wisata yang indah. Sayangnya, negara yang berdekatan dengan India dan Afghanistan ini memang sudah lama terkenal sebagai salah satu negara dengan tingkat keamanan yang masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah situasi politik di Pakistan yang tak kunjung membaik dan masih terus bergejolak. Selain itu, keamanan negara ini juga sering menjadi pertanyaan karena letaknya yang berdekatan dengan Afghanistan.

Ukraina

Laporan yang dibuat oleh IEP tahun 2016, Ukraina juga tercatat sebagai negara yang berbahaya atau tidak aman. Negara yang berada di Eropa Timur ini padahal punya berbagai objek wisata dengan pemandangan yang indah misalnya saja Kiev yang sudah populer di mata para turis.

Sayangnya, konflik politik internal negara ini dan eksternal dengan beberapa negara sekitarnya membuat Ukraina dirasa kurang aman untuk dijadikan tempat wisata sampai saat ini.

Republik Demokrasi Kongo

Setelah digulingkannya rezim otoriter di negara itu, tepatnya sejak 1997 negara selalu dilanda perang saudara. Lebih dari 5,5 juta orang tewas akibat perang atau situasi yang diakibatkan perang. Pengungsian besar-besaran sebabkan penyebaran penyakit berbahaya seperti malaria. Di samping itu, kasus kurang gizi menyebar luas di negara ini.

Baca juga: 6 Negara Terbaik di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Republik Afrika Tengah

Negara ini sejatinya telah merdeka dari Prancis sejak 1960, sayangnya langsung dikuasai rezim militer. Pemilu pertama diadakan 1993, tapi gagal menciptakan stabililitas. Pemerintah serta kelompok Kristen dan Islam adu kuat memperebutkan kekuasaan. Hal inilah yang membuat negara satu ini selalu dilanda konflik dan perang antar warga negaranya. Korban jiwa pun sudah banyak berjatuhan akibat konflik internal ini.

Setelah melihat daftar negara di atas, tentu Anda akan berpikir ulang jika ingin mengunjungi negara tersebut, kan? Masih banyak negara yang jauh lebih aman dan memiliki destinasi wisata yang menakjubkan.

 

Comments are closed.