10 Negara Terkaya di Dunia 2019

Travel

Dari sekian banyak, kira-kira negara mana saja ya yang termasuk ke dalam negara terkaya di dunia tahun 2019 ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Jika mendengar negara terkaya, apa yang ada di benak Anda? Perlu Anda ketahui, luasnya negara dan juga banyak populasi dalam negara tersebut, bukan menjadi acuan bahwa negara tersebut memiliki kekayaan yang berlimpah. Ya, mungkin itu menjadi aset yang seharusnya bisa diolah sehingga menghasilkan keuntungan. Namun, tidak semua negara bisa mengolahnya seperti yang diharapkan.

Salah satu negara tersebut bisa disebut sebagai negara terkaya, bisa dilihat dari perekomiannya yang berkembang. Bukan hanya itu saja, minimnya kemiskinan dan juga penduduk sejahtera juga bisa menjadi faktornya. Lalu, di tahun ini negara mana saja yang termasuk ke dalam golongan terkaya di dunia? Dilansir dari www.swedishnomad.com berikut ini 10 negara terkaya di dunia tahun 2019.

Baca juga: 10 Negara yang Dihapuskan dari Peta Dunia

10 Negara Terkaya di Dunia

Negara Terkaya di Dunia Pertama Qatar

Sama seperti tahun lalu, Qatar masih menduduki peringkat pertama negara terkaya di dunia. Hal ini bisa dilihat dari total PDB (Produk Domestik Bruto) negara tersebut per orang pada 2019 masih diproyeksikan tetap di atas USD 134.000, sedikit naik dari tahun lalu. Cadangan minyak, gas, dan petrokimia Qatar sangat besar, dan populasinya sangat kecil di atas 2,6 juta. Dilihat dari angka tersebut, Qatar akan menduduki daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun mendatang. Prestasi ini bahkan lebih luar biasa mengingat bahwa Arab Saudi dan sekutunya memberlakukan blokade terhadap Qatar pada 2017.

Lukemburg

Setelah Qatar, diurutan kedua rupanya diduduki oleh Lukemburg. Negara yang memiliki luas sangat kecil ini rupanya mampu bersaing dengan negara lain. Kekayaan negara ini tumbuh dengan kecepatan yang luar biasa. Lukemburg memiliki PDB per kapita sebesar USD 112.710. Perbankan, teknologi, dan industri merupakan beberapa sektor ekonomi yang berpengaruh besar di negara ini.

Singapura

Ekonomi Singapura tumbuh sebesar 3,2 persen pada 2018. Pertumbuhan ini dirasa lebih lambat dibandingkan dengan 2017, yaitu sebesar 3,9 persen. Namun, pertumbuhan tersebut rupanya tidak terlalu berpengaruh pada hasil perekonomian negara ini. Singapura masih bisa menduduki peringkat ketiga negara paling kaya karena PDB per kapitanya masih cukup tinggi, yaitu di angka USD 93.680.

Bagaimana Singapura menjadi begitu kaya? Ketika Singapura merdeka pada 1965, setengah dari populasinya buta huruf. Dengan kondisi itu, hampir tidak ada sumber daya alam. Singapura menarik diri dengan dorongan melalui kerja keras dan kebijakan cerdas, menjadi salah satu tempat paling ramah bisnis di dunia. Hari ini, Singapura adalah pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat dan 97 persen populasi orang dewasa dengan kecerdasan.

Brunei Darussalam

Salah satu negara Asia Tenggara ini masuk ke dalam daftar 10 negara terkaya di dunia. Hal ini disebabkan Brunei Darussalam memiliki PDB per kapita lebih dari USD 86.000 dan Sultan Brunei masuk ke dalam urutan kedua dalam daftar pemimpin terkaya di dunia. Negara ini bisa sangat maju, karena sebagian besar sumber ekonominya dihasilkan dari minyak dan gas.

Baca juga: Negara-Negara Terbaik untuk Ekspatriat

Negara Terkaya di Dunia Kelima Irlandia

Ekonomi Uni Eropa sedang mengalami masa sulit. Di tengah ketidakpastian terkait dengan Brexit dan ketegangan perdagangan, kenaikan harga minyak dan kesengsaraan ekonomi Italia, para pejabat zona euro terpaksa memangkas perkiraan pertumbuhan mereka untuk 19 negara anggota menjadi 1,1 persen.

Namun, berbeda dengan Irlandia, perekonomian negaranya terus tumbuh. Pada 2019, negara ini diprediksi akan berkembang lebih dari empat persen. Mengkonsolidasikan perannya sebagai ekonomi yang tumbuh paling cepat dari blok setelah krisis keuangan 2008. Sebagai negara berpenduduk kurang dari lima juta jiwa, Irlandia adalah salah satu negara yang paling terpukul oleh penurunan global.

Menyusul beberapa langkah reformasi yang sulit secara politik, termasuk pemotongan tajam dalam upah sektor publik, dan restrukturisasi sektor perbankannya. Negara kepulauan ini memperoleh kembali kesehatan fiskal, meningkatkan tingkat pekerjaannya, dan melihat PDB per kapita hampir dua kali lipat ke level saat ini. Apakah warga negara merasakan dua kali lebih kaya 10 tahun yang lalu? Mungkin tidak. Irlandia adalah salah satu negara bebas pajak korporat terbesar di dunia, dengan orang-orang biasa mendapatkan manfaat infinitel.

Norwegia

Mesin ekonomi Norwegia didorong oleh minyak. Sebagai produsen minyak bumi utama di Eropa Barat, negara ini diuntungkan oleh kenaikan harga setelah bertahun-tahun mengalami penurunan. Dengan pemasukan besar-besaran ini, penghasilan tersebut mampu memompa stimulus ke dalam perekonomian.

Bukan hanya itu, angka PDB per kapita yang tinggi benar-benar merupakan cerminan dari kesejahteraan finansial masyarakat. Norwegia memiliki salah satu kesenjangan ketimpangan pendapatan terendah di dunia.

Negara Terkaya di Dunia Ketujuh Uni Emirat Arab

Tahun ini Uni Emirat Arab semakin mengkokohkan barisannya dengan naik satu peringkat di daftar negara paling kaya dari tahun lalu. Pertanian, perdagangan, dan minyak menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk perekonomian negara ini.

Bukan hanya itu, hingga saat ini penduduknya yang sangat kosmopolitan menikmati kekayaan yang cukup besar, arsitektur tradisional Islam bercampur dengan pusat perbelanjaan mewah, dan para pekerja datang dari seluruh dunia yang terpikat oleh gaji bebas pajak.

Ekonomi Uni Emirat Arab juga semakin beragam. Di luar sektor hidrokarbon yang dominan secara tradisional, pariwisata dan konstruksi, serta perdagangan dan keuangan, adalah industri besar. Banyak yang diantisipasi juga adalah Dubai World Expo 2020, acara terbesar yang pernah diadakan kota ini yang diharapkan dapat menarik sekitar 25 juta pengunjung di luar negeri.

Kuwait

Gurun Arab yang datar meliputi sebagian besar wilayah Kuwait. Baru pada 1938 minyak ditemukan di bawah pasirnya. Banyaknya minyak yang dihasilkan membuat negara negara ini menyumbang delapan persen dari total cadangan dunia. Industri minyak saat ini menyumbang hampir setengah dari PDB negara itu dan lebih dari 90 persen ekspornya. Dengan populasi sekitar empat juta yang hampir seluruhnya terkonsentrasi di daerah perkotaan, negara kecil di tepi Utara Teluk Persia ini adalah salah satu yang paling maju dan demokratis di Timur Tengah.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Dunia dari Setiap Negara

Switzerland

Negara berikutnya berhasil menjadikan dirinya sebagai pusat keuangan adalah Swiss. Layanan perbankan dan keuangan mampu menyumbang sebagian perekonomian negara ini. Selain itu, Swiss juga memiliki industri produksi dan pariwisata yang penting. Sebagian besar orang Swiss akan dikenal kaya di sebagian besar negara di dunia.  Misalnya, satu liter susu bisa dengan mudah berharga USD 7 dan pembersih atau pelayan biasa bisa menghasilkan lebih dari USD 3.000 per bulan.

Amerika Serikat

Negara ini masih menjadi kekuatan dunia utama yang telah membentuk dunia menjadi seperti sekarang ini. Amerika Serikat adalah negara terkaya di dunia jika Anda mempertimbangkan PDB nominal. Tetapi, ketika mengukur PDB per kapita, Amerika Serikat akan berada di posisi ke-10 di antara negara-negara terkaya di dunia.

Amerika Serikat memiliki kesenjangan pendapatan yang sangat besar dan ada perbedaan besar dalam upah minimum untuk mereka yang kaya. Krisis keuangan juga menghantam ekonomi Amerika Serikat dengan keras, tetapi mereka telah berhasil pulih dengan cukup baik, dan dolar AS sekuat sebelumnya.

Comments are closed.