7 Negara Terkecil di Dunia yang Harus Anda Ketahui

Travel

Meskipun memiliki wilayah yang kecil, tetapi ketujuh negara terkecil di dunia ini memiliki segudang keindahan alam yang melimpah. Apa saja negara kecil tersebut?

Total jumlah negara yang ada di dunia adalah 194 negara dan memiliki wilayah dengan luas yang beragam. Ada yang sangat luas dan ada yang kecil. Selain wilayahnya, jumlah penduduknya pun berbeda. Memang beberapa diantaranya memiliki wilayah yang sangat kecil bahkan lebih sempit daripada luas wilayah suatu kota. Namun, meskipun negara tersebut memiliki wilayah yang sempit dan kecil, tapi ada yang menyimpan berjuta pesano, lho. Berikut ini negara-negara yang memiliki wilayah kecil di dunia.

7 Negara Terkecil di Dunia yang Harus Diketahui

Negara Tahta Suci yang Paling Kecil di Dunia, Vatikan

Negara terkecil kecil di dunia dengan wilayah yang paling kecil, yaitu Vatikan dengan luasnya hanya 0,44 kilometer persegi. Negara ini juga dikenal dengan sebutan tahta suci, di mana memang berisi banyak gereja katolik. Letaknya negara ini ada di tengah-tengah ibukota Italia, Roma. Jadi bisa Anda simpulkan sendiri kalau luas wilayah negara Vatikan ini memang lebih sempit daripada Kota Roma itu.

Selain itu di Vatikan juga merupakan tempat di mana berdirinya gereja terbesar di dunia, yaitu Basilika Santo Petrus. Di dalam gereja ini menyimpan sejarah yang sangat panjang. Selain itu, ada beberapa karya seni bersejarah dan paling penting, yaitu berasal dari zaman Renaisans, seperti The Pieta dan juga Penciptaan Adam.

Meskipun kecil, negara ini memiliki penghasilan sendiri, yaitu berasal dari kontribusi sukarela satu miliar anggota katolik Kota Roma di seluruh dunia. Kemudian, ada juga dari penjualan perangko, cinderamata bagi wisatawan, dan juga biaya masuk museum. Saking memang negara kecil, jadi tidak ada yang namanya lahan pertanian.

Negara Kepulauan di Timur Australia, Nauru

Negara yang satu ini adalah negara pulau yang pernah terkenal karena tambang fosfatnya. Memang negara ini adalah negara pulau paling kecil di dunia.  namun sekarang negara ini menjadi negara yang tenang dan ada di luar jangkauan turis. Nauru dulu dikenal dengan nama yang berbeda, yaitu Pulau Plesant.

Dimana di sini terdapat tambang fosfatnya yang kaya pada zaman dulu. Namun, sayangnya sekarang sumber fosfat di tempat ini sudah habis sehingga hal ini membuat negara ini memiliki tingkat pengangguran yang tinggi, yaitu 90 persen sedangkan 10 persen penduduk lainnya diperkerjakan oleh pemerintah.

Buruknya lagi penduduk negara ini juga banyak menderita obesitas, dan malah sekarang negara ini menjadi negara dengan tingkat obesitas terbesar. Persentasenya adalah 97 persen pria serta 93 persen wanita di Nauru mengalami obesitas. Sehingga membuat penduduk di negara ini sekitar 40 persen mengalami peyakit diabetes tipe dua.

Negara di Samudra Pasifik dan Timur Laut Australia, Tuvalu

Selanjutnya ada Negara Tuvalu yang luas wilayahnya hanya 26 kilometer persegi. Negara ini termasuk negara yang sepi dan juga agak terpencil. Hal ini karena memang yang letak negara ini yang berada di tengah Samudera Pasifik. Selain itu, negara yang satu ini juga memiliki 10.000 penduduk dengan jalan yang hanya delapan kilometer, dan juga hanya ada satu rumah sakit yang letaknya ada di pulau utama.

Sebelumnya, Tuvalu dikenal dengan nama Kepulauan Ellice, dan juga menjadi wilayah dari Britania Raya. Namun, pada 1978 negara ini merdeka karena sudah dilepas oleh Britania Raya dan menjadi negara terkecil pada urutan empat.

Sektor pariwisata di negara ini tidak terlalu menonjol karena mungkin lokasinya yang jauh membuat turis tidak ingin datang ke sana. Bahkan pada 2010 saja yang datang ke Tuvalu jumlahnya kurang dari 2000 orang. Bahkan tidak semua melakukan wisata karena 65 orang datang ke sana untuk bisnis.

Berada di Tengah-tengah Negara Italia, San Marino

Negara dengan wilayah terkecil di dunia berikutnya adalah San Marino. Untuk nama lengkapnya adalah Republik Serene San Marino yang luas wilayahnya mencapai 61 kilometer persegi. Untuk lokasi dari negara ini berada di tengak-tengah negara Italia.

Rumornya, negara San Marino ini adalah negara tertua di dunia yang juga sudah bertahan hidup lama sebagai negara yang berdaulat. Uniknya lagi, di negara ini PDB per-kapitanya adalah salah satu yang terkaya di dunia dengan populasi penduduk 30.000 jiwa. Penduduknya memiliki tingkat pengangguran yang rendah di dunia.

Berada Sepenuhnya di Pegunungan Alpen, Liectenstein

Selain San Marino, satu lagi negara yang menjadi salah satu negara kecil di dunia tapi, menjadi negara terkaya di dunia adalah Liectenstein. Meksipun luas wilayahnya shanya sekitar 160 kilometer, nilai pengangguran negara ini hanyalah 1,5 persen dari seluruh penduduknya. Wilayahnya ada di Pegunungan Alpen, yang letaknya berada diantara Swiss dan Austria. Untuk bisa masuk ke negara ini emang sedikit sulit karena memang tidak ada bandar udara di negara ini. Jadi, jika mau ke sini harus melalui Bandar Udara Zurich di Swiss.

Negaranya Para Miliarder dan Jutawan Dunia, Monako

Selanjutnya ada Negara Monako yang menjadi negara dengan wilayah terkecil kedua di dunia. Negara ini ada di Frenc Rivera dan juga menjadi tempat tinggal para miliarder dan juga jutawan terkenal di seluruh dunia. luas negara ini sendiri hanyalah dua kilometer persegi, tapi memiliki penduduk yang lumayan padat, yaitu sekitar 36.000 jiwa. Negara Monako sangat terkenal dengan judi dan juga industribaik itu barang maupun jasa. Di sini memang sudah menjadi tempat favorit orang kaya di dunia. Karena banyak berbatasan dengan Prancis membuat bahasa yang digunakan di negara ini adalah Bahasa Prancis.

Bagian dari Mikronesia di Tengah Samudra Pasifik, Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall berada pada urutan terakhir daftar ini Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 181 kilometer. Negara ini masih termasuk ke dalam wilayah mikronesia. Di wilayah perairan negara ini terdapat beragam spesies ikan dan terumbu karang. dengan jumlah sekitar 800 spesies ikan dan 160 jenis terumbu karang.

Comments are closed.