Negara Yunani: 7 Fakta Menarik dari Negara Dewa-Dewi

Travel

Negara Yunani memiliki pemandangan yang indah, sejarah kuno yang menakjubkan, dan warganya yang ramah. Tentu negara ini harus ada dalam Bucket List  liburan Anda!

Negara Yunani dikenal sebagai salah satu destinasi sejarah dunia, disini Anda akan menemukan bagaimana sistem demokrasi lahir dan berkembang. Selain sejarahnya, Yunani juga dikenal punya pemandangan indah yang bersih. Tidak heran jika tiap tahunnya Athena, jantung kota Yunani selalu dipadati turis asing.

Dikenal sebagai negeri para dewa, Yunani masuk dalam daftar 10 destinasi terbaik di Eropa. Lantas apa yang membuatnya jadi tempat wisata paling bagus di Eropa? Mungkin karena sejumlah fakta di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Negara Balkan? Di Mana Letaknya?

Fakta Menarik Negara Yunani

Acropolis, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia

Jika ingin melihat bagaimana sebuah sejarah jadi destinasi menarik, Acropolis adalah jawabannya. Masuk menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Acropolis merupakan kota tua yang sangat megah. Berisi bangunan kuno dan menjadi benteng kota selama ribuan tahun. Masih tegak berdiri hingga saat ini Acropolis menjadi pusatnya kota tua di dunia.

Tidak sulit untuk bisa ke sini karena letaknya tidak terlalu jauh dari Athena. Namun, karena posisinya yang berada di atas bukit sehingga cukup menguras keringat Anda.  Jangan salah, semua lelah akan terbayar ketika Anda melihat bangunan termegah, yakni Parthenonn. Sebagai informasi, bangunan ini juga dibangun ribuan tahun silam sebagai persembahan untuk dewa strategi dan perang, Athena.

Varietas Terkaya di Eropa

Selain kaya akan bangunan bersejarah, Athena juga punya kekayaan flora fauna yang memikat mata. Di sana Anda akan menemukan 116 spesies mamalia, 18 spesies amfibi, 59 spesies reptil, 240 spesies burung, dan 107 spesies ikan. Athena punya banyak koleksi binatang khas Eropa yang hampir punah. Didukung dengan kondisi alam yang masih baik, Athena bisa menjadi rumah terbaik bagi flora fauna seluruh Eropa.

Punya Salah Satu Zona Biru Dunia

Jika ingin belajar hidup sehat dengan rentang usia panjang, Anda perlu mengunjungi salah satu kota di Negara Yunani, yaitu Ikaria. Masuk dalam lima besar zona biru dunia, menjadikan Ikaria tempat yang paling tepat untuk langkah Anda mengenal hidup secara alami.

Zona biru merupakan sebutan para ilmuwan yang merujuk untuk daerah dengan memiliki penduduk yang rentang hidupnya terpanjang di dunia. Penduduk Ikaria memang dikenal sangat pemilih dalam soal gaya hidup. Cobalah Anda berkunjung ke sana, Anda akan melihat langit biru yang indah dan areal yang dipenuhi dengan pepohonan.

Tidak heran jika kualitas hidup warga disini sangat baik. Jarang sekali warganya yang menderita berbagai penyakit yang diakibatkan karena polusi udara maupun gaya hidup tidak sehat.

Baca juga: 10 Negara yang Dihapuskan dari Peta Dunia 

Perlu Anda ketahui, di sini sistem negara Demokrasi lahir ribuah tahun silam. Konsep demokrasi berasal dari Athena, di mana kata Yunani demokratia (δημοκρατία) berarti “kekuasaan rakyat”. Istilah-istilah politik umum lainnya seperti monarki, aristrokrasi, dan tirani juga dipinjam dari orang Yunani kuno. Dalam demokrasi Athena, warga memilih secara langsung tentang undang-undang dan pemilihan dilakukan secara eksklusif oleh warga laki-laki. Mereka bahkan memiliki kekuatan untuk mengasingkan politisi selama 10 tahun.

Kalua Anda ingin belajar bagaimana demokrasi dapat berkembang dan menyebar keseluruh dunia, mungkin perlu mempelajari bagaimana para arsitokrat negara ini saling berjajak pendapat. Negara Yunani dikenal memiliki arsip sejarah yang baik, apapun yang dicari dapat Anda temukan disini.

Dikenal dengan Cita Rasa Kopinya yang Berbeda

Jika Anda seorang pecinta kopi, negara ini wajib Anda kunjungi. Kopi Yunani (mirip dengan kopi Turki) dibuat dengan gilingan kopi halus yang direbus dalam panci tinggi dan sempit yang dikenal sebagai briki, cezve, atau ibrik. Tiga bagian utama dari kopi Yunani yang menjadi pembeda dengan kopi lainnya adalah dasar kopi yang tebal, aroma yang kuat, dan busa krim sebagai penutup.

Ada harus menghirupnya secara perlahan, habiskan ampas yang tertisa mengendap di bagian bawah gelas karena bagian itu memiliki kenikmatan berada. Orang Yunani juga suka kopi es, ada beberapa rasa yang dapat dipesan, seperti freddo cappuccino, freddo espresso, dan frappe yang selalu populer.

Jangan kaget saat mampir ke Negara Yunani karena masyarakat di sana lebih senang menyeduh kopi dengan air dingin dan meminumnya disertai dengan permen.

Wisata Kuliner yang Melimpah

wisata kuliner di yunani

Negara Yunani juga dikenal dengan kuliner sehat yang sangat beragam, seperti Tzatziki, Keju Feta, Moussaka, Gyros, Spanakopita, Souvlaki, Salad Yunani, Calamari, Kleftiko, dan banyak lagi hidangan lainnya. Semua itu adalah makanan Yunani yang harus Anda coba ketika Anda mengunjungi Yunani.

Jangan heran juga jika disetiap sudut kota Anda melihat koulouri. Makanan ini adalah semacam roti bagel besar yang bisa dimakan sendiri atau dengan keju krim. Ini merupakan roti favorit masyarakat di Yunani yang biasa disantap untuk sarapan bersama dengan segelas kopi dan permen.

Budaya Kekeluargaan yang Kental

Dibanding negara Eropa lain, Yunani dikenal dengan masyarakatnya yang ramah. Hal ini karena mereka terbiasa hidup berdampingan dengan keluarga dan tetangga. Tidak seperti negara di Eropa pada umumnya yang bersikap masa bodoh, masyrakat Athena lebih peduli dengan sekelilingnya. Bagi mereka semua yang tinggal di Athena adalah keluarga, dan keluarga haruslah memberikan kehangatan.

Baca juga: Liburan Tanpa Travel Agent? Begini Caranya!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Sejarah Yunani, Kejatuhan para Dewa

Dibalik bukti sejarah yang indah menawah, Yunani punya cerita kelam yang panjang, yauitu ketika setiap negara saling berperang karena rasa dengki dan iri.

Dulu bangsa Yunani terbentuk dari dua bangsa, yakni Sparta dan Athena. Keduanya menjadi incaran Persia yang mulai memperluas wilayah kekuasaannya. Keduanya berhasil mengusir Persia yang kala itu jadi negara terkuat di dunia. Setelah mengusir perisa, Athena menguasai beberapa wilayah jajahan Persia dan meningkatlah kondisi ekonomi Athena.

Tapi berkembangnya Athena menjadi duri dalam daging karena diam-diam bangsa Sparta menaruh iri. Kekuatan militer Athena yang besar jadi ancaman buat Sparta hingga muncullah ide-ide pemisahan diri dan perlawanan. Lalu pada 431 SM meledaklah perang Peloponnesos yang melibatkan bangsa Sparta dan Liga Delia (keduanya adalah bangsa terkuat pada masa Yunani).

Perang yang berlasung selama 27 tahun ini mengakibatkan kemiskinan dan kehancuran di Yunani. Masyarakat pun menganggap dewa-dewa sudah mati. Tidak lama kemudian peradaban Yunani jatuh ditangah Makedonia. Raja Philip II memanfaatkan momen perpecahan di Yunani untuk menaklukan negeri para dewa dan membuat mereka jadi negeri jajahannya.

Comments are closed.