6 Persiapan Wajib Sebelum Berlibur ke Negeri Ginseng

Travel

Mulai dari belajar bahasa, budaya hingga memilih destinasi wisata merupakan sejumlah persiapan yang mesti dilakukan agar liburan Anda ke Negeri Ginseng sangat berkesan.

Bagi pecinta drama Korea tentu sudah asing lagi mendengar Negeri Ginseng. Banyak destinasi wisata yang membuat negara ini menjadi tujuan para pelancong. Namun, tidak sedikit yang mengaku kecewa lantaran tidak bisa menikmati istimewanya Korea Selatan. Beberapa hal alasannya dikarenakan persiapan yang kurang matang dan lain sebagainya.

Berkunjung ke Negeri Ginseng memang tidak bisa sebentar jika Anda menginginkan liburan yang sangat memuaskan. Namun, selain waktu, persiapan yang matang juga diperlukan agar liburan Anda menjadi berkualitas. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Fakta Unik ini Hanya Ada di Myeongdong Korea Selatan

Persiapan Liburan Nyaman ke Negeri Ginseng

Persiapkan Itenerary

Ke mana pun tujuannya, dibutuhkan itenerary yang jelas dan matang. Hal ini disebabkan untuk memberikan gambaran kepada Anda mengenai destinasi mana saja yang akan dimkunjungi dan estimasi waktu yang dihabiskan untuk mengunjungi masing-masing destinasi tersebut. Jadi, persiapkan itenerary terbaik Anda agar liburan menjadi sangat berkesan.

Siapkan Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Waktu terbaik untuk mengunjungi Korea Selatan adalah dari Maret hingga Mei dan dari September hingga November. Hal ini dikarenakan cuaca pada bulan-bulan tersebut sedang hangat dan tiket penerbangan cenderung rendah. Namun, jika Anda ingin menikmati kecantikan Korea di musim dingin berkunjunglah antara Desember dan Februari.

Pada bulan tersebut, suhu di siang hari rata-rata disekitar titik beku dan salju bisa sering terjadi. Selain itu, sebaiknya hindari bulan-bulan musim panas dan juga puncaknya musim hujan. Selama bulan-bulan ini, Seoul sangat lembab dan penuh dengan wisatawan. Sudah dipastikan biaya kamar hotel sedang mahal-mahalnya.

wisata ke Negeri Ginseng

Pilih Moda Transportasi

Persis seperti yang sering kita lihat di berbagai Drama Korea, moda transportasi favorit masyarakat di Negeri Ginseng adalah Subway (kereta bawah tanah), kereta api, dan bus. Subway menjadi favorit karena paling murah. Untuk bisa menggunakannya Anda cukup membeli kartu T-Money di toko serba ada dan mengisi saldonya sesuai kebutuhan.

Subway ini sangat bersih dan nyaman untuk mengantar Anda mengelilingi seoul dan wilayah di sekitarnya. Penggunaannya juga dalam bahasa Inggris jadi jangan takut jika mengalami kendala.

Sementara untuk kereta api yang melayani rute antar kota, KTX adalah transportasi yang terbaik dan tercepat, tapi harganya mahal. Untuk bisa memesan tiket KTX kunjungi saja www.letskorail.com. Disitus ini Anda dapat melihat semua waktu keberangkatan kereta sehingga Anda tahu kapan harus berada di stasiun. Melalui situs tersebut juga Anda dapat memesan tiket secara online dengan kartu kredit.

Sementara untuk moda transpotasi bus, ada intercity bus yang bisa jadi pilihan. Harganya dua kali lebih murah dari KTX, tapi waktu tempuhnya tentu jauh lebih lama dibandingkan kereta api. Anda bisa membeli tiket bus secara langsung di Terminal Bus Ekspres Seoul atau beli secara online di www.kobus.co.kr dan www.bustago.co.kr.

Pesan Hostel

Pastikan Anda sudah memesan hostel atau hotel jauh sebelum keberangkatan karena Korea sangat padat saat peak season. Jika kunjungan utama Anda adalah Seoul, sebaiknya cari penginapan disekitar Myeongdong. Hal ini dikarenakan kawasan ini dekat dengan banyak lokasi wisata. Sementara untuk harga hostelnya mulai dari Rp1 juta per malam. Anda bisa memesan secara online lewat aplikasi pemesanan hotel, seperti Traveloka atau Booking.com.

Jika ingin mendapatkan harga lebih murah, Anda bisa menumpang tinggal di rumah warga. Tapi ini cukup sulit jika sebelumnya Anda tidak memiliki teman disana. Namun, jika ini menjadi bagian dari strategi buat menambah pertemanan dengan warga sana, Anda bisa melakukan cara ini karena warga Korea Selatan sangat ramah dengan orang-orang baru.

Baca juga: 4 Kota Terindah Menikmati Bunga Sakura di Korea Selatan

Siapkan Visa dan Lakukan Vaksinasi

Pengajuan visa Korea Selatan terbilang masih cukup rumit. Anda akan diminta memperlihatkan rekening koran selama tiga bulan terakhir. Jadi, pastikan ya rekening Anda tidak kosong. Setelah urusan visa selesai pertimbangankan juga untuk melakukan vaksinasi diri. Korea memang dikenal sangat bersih, tapi tidak berarti aman dari segala jenis penyakit. Sebaiknya sebelum kemari proteksikan diri dengan beberapa vaksin seperti Tetanus, Tifoid, dan Difteri.

Pelajari Budayanya

Penduduk Korea dikenal sangat menjunjung adat dan budayanya. Oleh karena itu Anda harus mempelajari budaya Korea Selatan lebih dulu, misalnya belajar mengucapkan kata selamat datang dan terima kasih dengan benar. Selain itu kebiasaan-kebiasaan kecil, seperti membuang sampah sembarang juga harus dihindari. Warga Korea Selatan sangat bersih dan mereka tidak suka jika wilayahnya dikotori pelancong.

Jika Anda tak punya waktu untuk mempelajari itu semua, sewa saja pemandu lokal yang bisa berbahasa Inggris. Korea Selatan kurang menyukai penggunaan bahasa asing di negerinya, kehadiran pemandu akan sangat membantu. Anda bisa memesan pemandu secara online di situs www.trazy.com.

Ginseng

Julukan  yang disematkan untuk Korea Selatan, tidak jauh karena ginseng memang tumbuh subur di negara ini. Pemerintahnya pun sangat memperhatikan kualitas ginseng dinegaranya. Tanamanya yang masih dalam kategori umbi-umbian ini hanya dapat tumbuh di negara dengan empat musim.

Namun ginseng Korea Selatan diakui kualitasnya paling baik. Inilah yang membuat negara lain memberi julukan Negeri Ginseng. Meski dikenal punya kualitas terbaik, tapi pemerintah Seoul tidak pernah mengekspor tanaman terbaiknya. Ginseng paling bagus hanya akan dijadikan hadiah atau buah tangan bagi para petinggi negara yang berkunjung ke Korea Selatan.

Sebagai informasi, ginseng di Korea Selatan memiliki kandungan saponin (jenis glikosida) paling tinggi, yaitu 37 saponin dibandingkan Jepang yang hanya memiliki delapan saponin dan China 15 saponin.

Tingginya kualitas umbi yang satu ini tidak lepas dari peran pemerintah Korea. Mereka sangat selektif mengenai penanaman ginseng. Ada daerah khsusus yang hanya diperuntukkan bagi tanaman ini dan diberi nutrisi dengan sangat baik. Tanah yang sudah mengalami panen ginseng pun akan didiamkan setidaknya selama 15 tahun untuk kemudian ditanami kembali.

Baca juga: Liburan ke Jepang atau Korea Pastikan Terlindungi Asuransi

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga nutrisi tanahnya. Sebab, tanaman ginseng tidak bisa tumbuh di dalam tanah yang kurang nutrisi dan terpapar sinar matahari langsung. Pemeliharaan yang tidak main-main ini sepadan dengan nutrisi yang dihadirkan. Katanya rutin mengonsumsi ginseng akan membuat tubuh lebih berenergi dan mencegah penuaan dini.

Tidak heran jika ginseng bagi warga Korea Selatan tak ubahnya vitamin yang dikonsumsi setiap hari, seperti buah-buahan dan sayuran.

 

Comments are closed.