Ketahui Hal Ini Sebelum Jelajahi Negeri Kanguru

Travel

Australia atau yang familiar disebut Negeri Kanguru ini memiliki banyak sekali destinasi indah yang bikin semua turis merasa takjub. Di mana saja lokasi-lokasi yang bisa Anda kunjungi?

Setelah penat dengan kesibukan dan aktivitas sehari-hari, liburan seperti menjadi obat paling manjur untuk mengembalikan lagi semangat. Setiap orang memiliki destinasi impian, dan Australia adalah salah satunya. Negeri Kanguru ini memang menjadi tempat langganan orang berlibur dan menarik banyak perhatian dengan berbagai macam lokasi menarik, kuliner yang menggoda, dan sejarah yang membuat penasaran. Jadi apa saja yang harus Anda ketahui sebelum melakukan trip ke Australia?

Asal Usul Julukan Negeri Kanguru

Negeri Kanguru, begitulah julukan untuk benua termuda di dunia. Benua ini ditemukan pada abad ke-17 oleh James Cook. Lalu mengapa benua ini terkenal dengan julukan demikian”? Saat ditemukan benua ini memang banyak diminati, karena ditemukan berbagai macam penemuan. Banyak flora dan fauna yang ditemukan, selain laba-laba, kalajengking, ubur-ubur dan moluska, kanguru merupakan hewan yang sangat mencuri perhatian dengan kantung besar di tubuhnya. Nama Kanguru sendiri diambil dari Gangguru yang merupakan bahasa asli suku Australia, yakni Aborigin.

Hewan yang berkaki empat, dengan ukuran berbeda, panjang di bagian kaki belakang, dan pendek di bagian kaki depan, maka dari itu kanguru berpindah dengan cara melompat. Bagian paling unik pada hewan ini adalah memiliki kantung di bagian perutnya untuk melindungi anak-anaknya. Australia patut bangga memiliki julukan “Negeri Kanguru”, karena meskipun di negara lain juga memiliki kanguru, jumlah kanguru di Australia tidak ada yang menyaingi. Keunikan kanguru menyebar ke seluruh dunia, maka dari itu  Kanguru menjadi ciri khas yang membanggakan bagi Benua Australia hingga dijadikan simbol negara.

Destinasi Wisata di Negeri Kanguru

Menikmati Waktu di negeri Kanguru

 

Pulau Kanguru adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Rasanya tak puas jika mengunjungi negeri yang terkenal dengan kanguru tanpa bertemu langsung dengan kangurunya. Keadaan alam yang indah juga berbagai macam hewan lainnya selain kanguru seperti koala, ekidna berparuh pendek walabi tammar, posum brushtail, bakindot coklat selatan, pinguin, hingga menengok indahnya kehidupan bawah laut dapat dinikmati di pulau ini.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Liburan ke Jepang?

Mengunjungi Warisan Dunia di Australia

Menjadi ikon Australia, Opera House menjadi destinasi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Opera House yang dibangun pada tahun 1959 oleh Joern Utron, seorang arsitek asal Denmark. UNESCO menetapkan Opera House sebagai salah satu warisan dunia. Ketika berkunjung ke Opera House, wisatawan akan menemukan banyak fasilitas seperti 6 ruang utama yaitu Opera Theatre, Drama Theatre, Studio, Concert Hall, Reception Hall, dan Playhouse. Opera House ini juga dekat dengan Sydney Harbour Bridge, Teluk Farm dan Teluk Sydney, dari sana akan terlihat juga kota metropolitan dari benua putih ini.

Memacu Adrenalin di Wollongong

Jika Anda tidak menyukai liburan yang biasa-biasa saja, Australia punya tawaran yang menarik untuk memacu adrenalin. Sydney Wollongong Skydive merupakan kegiatan ekstrim yang seru untuk dilakukan saat sedang berada di Sydney. Anda akan terjun bebas dari ketinggian 14.000 kaki selama kurang lebih satu menit. Pemandangan Pantai Wollongong dengan biru laut dan putih pasir pantainya akan terlihat ketika melakukan skydiving.

Menikmati Sunset di Uluru

destinasi di negeri kanguru

Eksotisme alam di Australia. Bukan hanya Opera House, Ayers Rocks juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Ayers Rock merupakan gunung batu menyuguhkan keindahan, apalagi menikmati sunrise dan sunset yang memesona di puncaknya.

Berkemah di Bawah Langit Penuh Bintang

Siapa yang senang melihat penampakan langit dipenuhi bintang-bintang? Kegiatan ini bisa dilakukan di Nightfall, Australia. Menghabiskan malam di bawah langit berbintang dengan pemandangan alam yang indah, di pinggir sungai Taman Nasional Lamington. Aktivitas camping seperti menikmati api unggun menambah puasnya liburan di Australia. 

Baca Juga: Destinasi Liburan ke New Zealand yang Wajib Dikunjungi

Menyaksikan Paus Bermigrasi

Kunjungan ke South West, menyaksikan paus yang bermigrasi di Australia bagian barat. Biasanya Paus akan bermigrasi pada bulan April hingga Desember. Pengunjung akan melihat beberapa jenis paus seperti southern right, paus humpback, dan paus biru. Bukan hanya itu, pengalam seperti berenang bersama dengan paus humpback di Coral Bay dan Exmouth akan menjadi pengalaman unik selama berlibur di negara ini.

Mencicipi Kuliner Khas

Tidak hanya terkenal dengan alamnya, Australia memiliki kuliner khas yang wajib dicoba ketika berkunjung. Bagi Anda yang suka mencicipi dessert, Australia memiliki Lamington, kue yang terbuat dari sponge cake yang dilapisi coklat dengan parutan kelapa kering di atasnya. Lalu ada Pavlova, kue maringue yang renyah berpadu dengan whipped cream, potongan buah. Masih dengan hidangan penutup, negeri ini memiliki cemilan tradisional berupa roti soda yang dipanggang diatas arang, dikenal dengan sebutan Damper. Meat Pie juga merupakan makanan yang wajib dicicipi di sini. Jika biasanya Pie berisi buah-buahan, Pie negara ini berisi daging cincang dengan saus tomat, jamur, bawang bombay, dan keju. Jika Anda merupakan pecinta kuliner, ada tur kuliner yang patut untuk diikuti, yakni Tur Coklat dan Tur Craft Beer. Tur Coklat merupakan kegiatan menjelajahi 8 toko coklat selama kurang lebih 2 jam. Sedangkan Tur Craft Beer merupakan kegiatan menuju 4 lokasi berbeda, Anda akan mencicipi berbagai variasi craft beer dan mengetahui bagaimana pembuatan beer di Brisbane.

Persiapan yang Perlu Dilakukan

tip liburan ke negeri kanguru

Jika akan melakukan perjalanan ke Australia, Anda harus mengetahui waktu terbaik untuk berkunjung. Kapan waktu terbaiknya tergantung kota tujuan yang akan dikunjungi. Ketika cuaca hangat, sekitar Februari hingga Maret Adelaide di bagian selatan Australia adalah tempat yang paling pas dikunjungi. Melbourne merupakan kota yang seru untuk dikunjungi ketika musim gugur tiba, sekitar bulan Maret hingga Mei dan paling pas untuk mengunjungi banyak festival. Sedangkan yang paling pas untuk berkunjung ke Perth adalah sekitar bulan September hingga Maret. 

Baca Juga: Liburan ke Korea Selatan? Ini Restoran Halal untuk Kaum Muslim!

Biasanya orang Indonesia paling senang melakukan perjalanan di Australia, karena dapat berkendara dengan jalur kendaraan yang sama. Jalur mobil ada di sebelah kiri dengan kursi pengemudi di sisi kanan. Australia memang sedang gencar mempromosikan self-driving atau menyetir sendiri. Anda bisa menyetir selama berlibur di Australia jika memiliki International Driving License. Perlu diketahui juga, kebanyakan mobil rental di Australia adalah matic dan memiliki fitur cruise control.

Namun, akan lebih menyenangkan sekali melakukan perjalanan di Australia dengan kondisi jalan yang mulus serta disuguhkan pemandangan yang indah. Sebagai informasi yang penting pula, Australia juga memiliki peraturan yang ketat mengenai apa yang tidak boleh dibawa masuk ke negaranya, seperti membawa telur, sayuran, buah, daging, tanaman, bibit, hingga kulit binatang. Anda harus berhati-hati pula jika membawa obat yang tidak biasa untuk dikonsumsi, karena jika ingin tetap dibawa harus memiliki surat keterangan dokter. Nah, bagaimana? sudah siap menjelajahi Australia?

Comments are closed.