Nonton Konser Di Luar Negri : Perhatikan 9 Hal Ini

Travel

Dari mulai paspor hingga penginapan. Ini hal yang harus Anda persiapkan saat berencana nonton konser di luar negeri.

Bagi sebagian orang, nonton konser sudah menjadi hobi. Setiap kali ada musisi yang dikenal dan populer, tanpa berpikir panjang, Anda langsung berburu tiket, termasuk ketika konser diadakan di luar negeri. Harga bukan menjadi masalah, jika sudah menyangkut hobi. Namun, tak sedikit yang mengaku gagal dan bahkan tidak sempat nonton konser.

Banyak sebab mengapa hal itu terjadi, salah satunya karena kesalahan sendiri, misalnya lupa membawa tiket konser. Tak mau kan sudah melakukan perjalanan jauh, tapi gagal bertemu musisi idaman? Biar aktivitas konser Anda di luar negeri berjalan mulus coba buat check list ini.

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Nonton Konser di Luar Negeri

Siapkan Dokumen Penting

Hal ini meliputi paspor dan visa. Sebagai informasi untuk pembuatan paspor setidaknya Anda butuh dua pekan sementara untuk visa bisa sampai berbulan-bulan bergantung pada negara yang dituju. Oleh karena itu jangan tunda mengurus kedua dokumen ini, lebih cepat selesai lebih baik.

Ajak Sesama Fans untuk Nonton Bareng

Kalau Anda punya sense musik yang berbeda sehingga tak banyak teman mau menyaksikan konser yang sama, sebaiknya carilah komunitas fans musisi yang ingin ditonton. Coba ajak bertemu dan ceritakan rencana Anda untuk nonton di luar negeri. Siapa tahu mereka berniat untuk bergabung.

Ada keuntungan yang Anda dapat jika berangkat nonton dengan rombongan, salah satunya memangkas biaya menginap. Sebab Anda bisa menyewa hotel bersama dengan mereka. Namun, jangan asal mengajak ya. Pilih yang bisa Anda percaya dan betul-betul menyukai musisi yang sama.

Booking Hotel Jauh-Jauh Hari

Berbagai hotel yang letaknya dekat dengan venue konser biasanya sudah diburu sejak jauh hari. Anda juga tak boleh ketinggalan, sebaiknya instal beragam aplikasi pemesanan hotel agar bisa mendapatkan kamar dengan harga terbaik. Ada banyak hotel yang menerima pembayaran uang muka terlebih dulu. Dengan begitu, Anda tak akan terlunta-lunta di sana.

Sering terjadi para penonton  menginap di lokasi atau di bandara karena kehabisan hotel. Jangan sampai Anda menjadi bagian dari mereka karena menginap di tempat umum sangat tidak nyaman dan bakal mengurangi euforia Anda bertemu sang idola.

Dapatkan Tiket dari Promotor Resmi

Bisa jadi inilah poin paling penting saat akan nonton sebuah konser, pastikan tiket yang Anda beli benar-benar dari promotor resmi. Jangan salah, ternyata banyak penipuan berkedok promotor seperti ini yang menjual tiket palsu. Sebab penipuan dilakukan sangat teliti banyak yang akhirnya jadi korban. Jangan sampai Anda jadi salah satunya.

Carilah berita diberbagai media massa, mereka biasanya mencantumkan nomor promotor maupun website promotor. Jika beruntung Anda juga bisa mendapatkan harga presale yang jauh lebih murah. Hindari beli tiket diwaktu mepet karena harganya akan melambung sementara posisi kursi yang tersedia mungkin tidak cukup bagus untuk melihat langsung idola Anda.

Inilah beberapa situs yang biasanya menjual tiket konser di luar negeri

Singapura (Sistic – www.sistic.com.sg)

Malaysia (Ticketpro – www.ticketpro.com.my, Ticketcharge – www.ticketcharge.com.my, Axcess – www.axcess.com.my)

Korea (Interpark Ticket – http://ticket.interpark.com/Global/index.asp)

Thailand (Thaiticketmajor – www.thaiticketmajor.com)

Australia (Ticketek – www.ticketek.com.au, Ticketmaster – www.ticketmaster.com.au, Venuetix – www.venuetix.com.au)

Jepang (Tokyo Gig Guide – www.tokyogigguide.com)

Macau (Macau – www.macau.com, Venetianmacao – www.venetianmacao.com, Macau Ticket – www.macauticket.com)

Pelajari Rute ke Tempat Konser

Nonton di luar negerti tidak jauh beda dengan liburan. Anda tetap butuh itenerary, butuh panduan moda transportasi, dan juga mengenal seluk beluk kota yang akan disambangi. Nah, agar tidak bingung nanti setelah sampai di bandara, sebaiknya pelajari dulu rute ke arah venue.

Misalnya, paling efektif naik moda transportasi apa. Apakah bus, kereta bawah tanah atau taxi. Ini sangat membantu Anda agar tidak terlunta-lunta dan malah membuang waktu hanya untuk mencari jalan ke lokasi konser. Tak sedikit loh yang batal nonton karena tersesat lama ditengah jalan. Selalu siap sedia dengan google maps ya, setidaknya aplikasi ini bisa menuntun Anda ke arah yang tepat.

Jangan Bawa Terlalu Banyak Barang

Ingat ya tujuan Anda keluar negeri hanyalah untuk menikmati konser bukan berlibur. Jadi, cukup bawa perbekalan untuk beberapa hari saja. Biasanya dari mulai penerbangan hingga konser usai hanya akan menghabiskan waktu maksimal dua hari. Membawa barang banyak hanya akan membuat Anda lelah dan gagal menikmati konser dengan nyaman.

Barang yang penting untuk dibawa adalah alat mandi pribadi, obat-obatan pribadi dan pakaian yang sesuai dengan tema konser. Lebih sedikit bawaan lebih baik ya agar saat pulang nanti Anda punya space untuk barang belanjaan. Sedikit barang juga mempersingkat waktu, karena Anda tak perlu menunggu bagasi saat pesawat sampai ditujuan.

Pilih Hotel yang Dekat dengan Lokasi

Saat memilih hotel perhatikan betul dimana lokasinya, pastikan tida begitu jauh. Posisi hotel yang jauh hanya akan membuat biaya transportasi membengkak dan tentunya rugi waktu. Mahal seditik tak apa, toh Anda jadi memiliki banyak tenaga untuk bersenang-senang di konser nanti.

Namun, hal ini juga tidak ada salahnya jika Anda memang ingin sekalian menyusuri area lokasi konser. Mungkin Anda adalah tipe “kapan lagi saya bisa kesini”. Namun jika ini jadi pilihan, pastikan ya berangkat ke lokasi sedini mungkin.

Siapkan Mata Uang Asing

Meski disetiap bandara ada loket penukaran mata uang asing dari Rupiah ke berbagai mata uang lain, namun lebih baik Anda menyiapkan sejak di Indonesia. Pasalnya, harga penukarannya bisa jadi lebih mahal dan belum tentu mendapatkan pecahan yang diinginkan.

Siapkan uang lebih ya, setidaknya dua kali lipat dari total pengeluaran yang kira-kira dibutuhkan. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat Anda berada disana.

Pelajari Budaya dan Iklim Negara Tujuan

Memang tujuan Anda hanyalah nonton, tapi saat berada di negeri orang wajib hukumnya menghargai budaya dan adat mereka. Ingat, pengunjung konser bisa jadi lebih banyak berasal dari negara tempat penyelenggaraan acara.

Mudahnya, pelajari kata-kata sederhana seperti tolong, maaf dan terimakasih. Juga cari tahu hal yang paling tidak disukai oleh warga disana. Jangan sampai mendapat masalah karena ketidaktahuan Anda.

Satu lagi hal yang tak boleh dilewatkan adalah mencari tahu iklim atau musim dinegara tujuan, apakah sedang winter, summer atau malah sedang musim semi. Persiapkan fisik, mental dan juga barang bawaan yang disesuaikan dengan iklim atau musim yang tengah berlangsung disana.

Itulah beberapa hal yang harus disiapkan saat akan menyaksikan konser diluar negeri. Persiapkan jauh-jauh hari dan pastikan pulang dengan aman.

Comments are closed.