Nusa Penida, Liburan Bak di Surga

Travel

Memanjakan mata dan jiwa dengan keindahan alam di Nusa Penida. Berikut ini destinasi yang bisa Anda kunjungi.

Bali tidak hanya melulu soal Kuta dan Sanur. Ada hidden gem yang perlu dikunjungi secara langsung untuk membuktikan kecantikan alamnya yang memanjakan mata. Salah satunya, Nusa Penida yang disebut sebagai surga tersembunyi di Bali yang menjadi langganan para pelancong lokal maupun luar negeri. Terdapat banyak destinasi cantik yang akan menggoda Anda untuk langsung mengunjungi pulau ini. Apa saja destinasi tersebut?

Destinasi di Pulau Nusa Penida

Broken Beach

Broken Beach atau yang disebut oleh warga lokal dengan nama Pasih UUg merupakan salah satu ikon destinasi wisata di Nusa Penida. Destinasi ini merupakan tebing karang dengan tinggi sekitar 200 meter dengan posisi menjorok ke lautan. Tebing yang terkena abrasi air laut selama berabad-abad hingga membentuk lubang di bagian tengah secara alami ini menjadi pemandangan alam yang sangat indah. Sebutan Pasih Uug merepresentasikan keadaan karang yang memiliki lubang besar di tengahnya, nama tersebut memiliki arti pantai yang rusak atau broken beach yang kemudian banyak dikenal banyak turis dalam dan luar negeri. Destinasi ini berlokasi di Desa Bunga Mekar. 

Baca Juga: Mau Liburan ke Bali dengan Mobil Pribadi? Ini Tipsnya!

Angel’s Billabong

Indah seperti bidadari, tidak heran jika tempat ini diberinama Angel’s Billabong. Destinasi alam ini berupa muara sungai yang berakhir di laut dan berada di antara karang yang membentuk kolam memanjang di ujung muara. Pemandangan alam ini semakin menakjubkan dengan airnya yang jernih sehingga terlihat jika ada ikan atau biota laut yang terperangkap. Lokasinya terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar. Infinity pool ini juga kadang memiliki ombak yang cukup berbahaya saat pasang, maka dari itu pengunjung harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memastikan air surut.

Raja Lima, Bukit Atuh

Layaknya adik-kakak, Raja Lima tak kalah indah dengan Raja Ampat. Tempat ini dapat menjadi alternatif jika belum bisa mengunjungi Raja Ampat. Pengunjung dapat menempuh perjalanan dari pelabuhan selama kurang lebih 1,5 jam menggunakan mobil dengan kondisi jalan yang sudah diaspal. Namun, dibutuhkan supir dengan skill mengemudi yang cukup baik untuk melewati jalan tersebut, karena memiliki lebar jalan yang cukup sempit dan karakter tanah yang berbukit, serta berada di pinggir jurang. Ketika sampai, pengunjung akan disuguhkan pemandangan karang yang memesona dari kejauhan, pasir putih yang lembut di bibir pantai, dan menyaksikan mata air di pinggir laut yang tak memiliki rasa asin dan tak pernah kering.

Smoky Beach

Pasih Andih atau juga dikenal dengan sebutan smoky beach, karena ombak kencang yang menerjang karang memunculkan waterblow dan cipratan sehingga ketika dibidik oleh kamera memiliki kesan smoky. Semburan ombak tersebut dapat mencapai tinggi sekitar 10 meter. Fenomena yang dikenal dengan Devil’s Tears sangat ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Untuk mengabadikan fenomena seperti itu, seseorang harus membutuhkan teknik dan angle khusus. Destinasi ini berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar.

Banah Cliff

Pantai Banah merupakan salah satu destinasi di pulau ini dengan pemandangan yang cantik. Uniknya, destinasi ini memiliki panorama instagenic dengan batu karang berlubang membentuk setengah lingkaran di tengah-tengah laut. Wisatawan yang berada di lokasi harus berhati-hati, karena lokasi tebing untuk melihat Banah Cliff tidak memiliki pembatas. Selain itu, wisatawan perlu membawa perbekalan sendiri, karena di sana tidak ada yang berjualan.

Baca Juga: 5 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Crystal Bay

Crystal Bay Nusa Penida

Crystal Beach adalah salah satu pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan. Dengan ombak yang tak begitu besar, membuat wisatawan tetap merasa aman selama menikmati pemandangan. Pasir putih dengan kejernihan lautnya menjadi salah satu daya tarik Crystal Beach. Tak salah dinamakan Crystal Beach, karena saking beningnya air di pantai ini, wisatawan dapat melihat langsung aneka terumbu karang atau biota laut. Destinasi ini menjadi lokasi yang recommended untuk menikmati bawah laut. Kegiatan seperti snorkeling atau diving menjadi pilihan tepat untuk lebih dekat dengan alam. Crystal Bay juga menawarkan pesona tersendiri dengan panorama pantai yang cantik, bahkan untuk menikmati sunset. Lokasi pantai ini berada di Teluk Penida, Banjar Penida, Desa Sakti. 

Tembeling Water Spring

Wahana berenang alami, Mata Air Tembeling yang tersembunyi. Destinasi alam di pulau ini dengan diameter kola sekitar 5-6 meter ini menjadi salah satu pilihan destinasi alam yang cantik. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini perlu mengetahui peraturan, bahwa kolam yang memiliki ukuran besar hanya dapat digunakan oleh laki-laki, sementara perempuan dapat berenang di kolam yang kecil.

Pantai Kelingking

Pantai Kelingking Nusa Penida

Di pulauini, wisatawan memang akan dikejutkan dengan berbagai macam destinasi alam yang cantik namun tersembunyi. Salah satunya adalah Pantai Kelingking. Perpaduan pasir pantai yang putih, laut yang biru, serta karang dengan warna hijau, hitam, dan putih sungguh memanjakan mata. Memang bukan perkara mudah untuk dapat langsung menikmati alam di bibir pantai. Wisatawan perlu menuruni tebing terjal sepanjang 150 meter selama kurang lebih 1 jam. Pantai ini memang lokasinya cukup jauh dari tebing. Kebanyakan pengunjung menikmati pantainya di atas tebing, masih dengan pemandangan yang indah. Wisatawan yang beruntung bahkan dapat melihat ikan pari Manta yang berenang di sekitar pantai.

Manta Bay

Tak puas rasanya jika hanya melihat ikan pari Manta dari atas. Tak perlu khawatir, karena pengunjung dapat diving dan bertemu langsung dengan ikan pari Manta yang besar dengan rentang sayap lebih dari 3 meter dan memiliki beragam motif. Manta Bay ini memiliki kedalaman sekitar 7 hingga 20 meter, sehingga hanya diperuntukkan bagi penyelam profesional yang memiliki pengalaman.

Malibu point

Salah satu surga diving di Indonesia, maka Bali adalah tempatnya. Kondisi alam yang terjaga, pilihan berbagai macam spot untuk menikmati keindahan bawah laut dengan mudah dapat ditemukan, salah satunya adalah Malibu Point. Penyelam akan menemukan terumbu karang putih, abu-abu dan perak. Akan pula berjumpa dengan variasi ikan seperti ikan pari, ikan hiu karang, ikan pelangi runner dan Jack Besar. Malibu Point memiliki vasibilitas yang cukup baik, dapat mencapai sekitar 20 meter dimana terdapat karang-karang meja besar yang eksotis.

Pulau berpasir putih ini memang menjadi pilihan terbaik di Pulau Bali untuk kunjungan wisata dengan keindahan alam yang memesona. Lalu, adakah tis tertentu untuk menghabiskan liburan di pulau ini?

Tip Berkunjung

Liburan ke Nusa Penida

Memulai Perjalanan dari Pelabuhan

Pelabuhan Sanur menjadi pilihan yang tepat untuk menuju pulau indah ini. Di sana akan ada banyak kapal yang setiap jamnya sudah terjadwal untuk mengantar wisatawan menyebrang ke pulau indah ini. Alternatif lainnya adalah melewati Pelabuhan Benoa, Nusa Lembongan, atau Padang Bai. Patokan harga untuk menyebrang biasanya sekitar 75.000 rupiah, dan jika tak ingin mengantre, wisatawan dapat melakukan booking tiket sekurang-kurangnya 2 sampai 1 hari sebelum keberangkatan. Wisatawan juga perlu mengenakan kostum yang tidak merepotkan. Posisi kapal-kapal di pelabuhan ini memang berada sedikit lebih jauh dari bibir pantai untuk membuat kapal tetap mengapung. Oleh karena itu, wisatawan harus berjalan ke arah kapal dengan kaki yang sudah pasti basah. Pastikan bawaan Anda tetap aman saat melewati air, baiknya menggunakan tas air agar barang bawaan tidak mudah kebasahan.

Menyewa Kendaraan

Wisatawan akan disambut dengan berbagai penawaran sewa kendaraan ketika sampai di Pelabuhan Banjar Nyuh. Kendaraan ini memang merupakan satu-satunya transportasi yang digunakan untuk berkeliling pulau. Sebagai gambaran biasanya harga untuk sewa motor sekitar 75.000 rupiah untuk seharian, dan 500.000 rupiah untuk penyewaan mobil. Harga tersebut sudah termasuk biaya bahan bakar.

Ketahui Waktu Kunjungan

Pastinya wisatawan tak ingin liburannya terganggu dan juga mengalami hal yang tak diinginkan. Maka dari itu, wisatawan perlu mengetahui waktu yang tepat untuk berkunjung. Bulan Juni merupakan bulan yang tak cukup baik untuk berkunjung ke pulau ini, karena angin dari arah Australia sedang menerpa Indonesia khususnya Pulau Bali, sehingga seperti ombak yang besar akan terjadi. Alhasil, wisatawan tidak akan dapat menikmati perjalanan yang maksimal.

Baca Juga: Barang-Barang Wajib Dibawa Saat Liburan Ke Pantai

Plan Your Trip

Ketika berkunjung ke pulau in dengan berbagai macam destinasi alam, pastikan Anda mengetahui spot mana yang membuat waktu dan energi teralokasikan dengan efisien. Kenali wilayah-wilayahnya agar tak menghabiskan waktu dengan sia-sia, jika saja mendadak membuat agenda perjalanan.

Uang Tunai

Tak heran jika destinasi wisatanya tersembunyi membuat pulau satu ini  menjadi nusa yang paling tertinggal. Seperti halnya mesin ATM yang sulit ditemukan di wilayah ini mengharuskan wisatawan membawa uang tunai yang cukup untuk berkeliling dan menikmati fasilitas di destinasi tertentu.

Tour Guide

Pemandu wisata atau tour guide adalah salah satu yang diperlukan untuk menikmati perjalanan selama di pulau cantik ini tanpa perlu khawatir. Pasalnya, pulau dengan destinasi alam yang eksotis, masih sulit diakses pengunjung dengan jalannya yang terjal atau jelek. Demi keselamatan dan kenyamanan, ada baiknya jika Anda menyewa tour guide untuk menuntun perjalanan selama berada di lokasi wisata.

Perlengkapan yang Memadai

Udara di pulau ini akan sangat terik sekali di siang hari dan angin yang cukup kencang.. Wisatawan perlu membawa perlengkapan seperti sunblock, kacamata UV, topi, sandal jepit atau sandal gunung, juga hoodie. Mengingat destinasi di tempat ini merupakan perjalanan alam, sebisa mungkin wisatawan membawa baju ganti bila menuju spot tertentu agar terhindar dari gangguan seperti masuk angin yang diakibatkan keringat pada tubuh atau basah akibat air di pantai.

Comments are closed.