10 Padang Rumput Terindah di Indonesia

Travel

Menikmati alam itu bukan hanya di pantai atau pegunungan saja. Indonesia punya padang rumput terindah untuk Anda bersantai dan menikmati keindahan alam. Patut jadi destinasi liburan Anda berikutnya!

Bagi orang Indonesia, padang rumput lebih sering disebut padang sabana. Sebagai negara kepulauan, selain memiliki laut dan pantai yang sudah tidak perlu diragukan lagi, ada banyak juga sabana yang tak kalah indah dari di Afrika ataupun New Zealand. Nah, mau tahu di mana saja padang sabana itu?

Beberapa Padang Rumput di Indonesia

Keindahan sabana pastinya membuat Anda berdecak kagum akan alam Indonesia yang luar biasa. Kalau mau mengecek peta Indonesia, padang rumput ini bisa Anda tandai untuk jadi destinasi wisata berikutnya!

Padang Rumput Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Anda mau tahu padang sabana terluas di Indonesia? Sumba Timur jawabannya. Anda akan sangat mudah menemukan padang sabana dengan spot menarik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuda liar Sumba di beberapa tempat yang menjadi lahan peternakan bagi penduduk sekitar di sana.

Sabana Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur

Sabana Kepulauan Komodo tentu sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Pernah menjadi salah satu kandidat keajaiban dunia ini, menjadi tempat yang hingga sampai saat ini selalu ramai dikunjungi. Selain Anda bisa bertemu Komodo, ternyata pemandangan di pulau Komodo yang terkenal dengan kadal besar ini memang luar biasa indah. Pulau ini didominasi tumbuhan liar seperti lontar dan rerumputan.

Jika Anda berkunjung ke pulau ini tidak ada salahnya untuk naik ke atas bukit dan menikmati indahnya perpaduan sabana yang luas dan pantai yang indah.

Baca juga: Selain Gurun Sahara, Ini Gurun Terluas di Dunia Lainnya!

Padang Rumput Baluran, Jawa Timur

Africa Van Java, memang sangat pas menjadi julukan dari Taman Nasional Baluran yang terletak terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Anda wajib datang ke sini karena pemandangan bisa membuat Anda berasa di Afrika. Sekejap mata Anda akan sulit untuk berkedip memandangi keindahan dari pemandangan hamparan sabana yang sangat luas serta pohon-pohon dengan latar gunung di belakangnya. Bahkan, Anda mudah menemui burung merak, banteng, dan kijang di area tersebut.

Tidak hanya padang savbana, Anda juga bisa main ke Pantai Bama untuk melihat matahari terbit.  Anda bisa menyusuri area Bird Watching untuk melihat burung-burung yang hidup bebas di alam liar.

Padang Rumput Sembalun, Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Sabana di jalur pendakian Gunung Rinjani sebelah timur ini sangat luas, membentang sepanjang 6 kilometer. Anda bisa menjumpai sabana ini mulai Basecamp Sembalun hingga Pos 3 yang terletak di ketinggian 2.631 meter di atas permukaan laut (mdpl). Anda akan melihat hamparan sabana yang begitu luas. Jika cuaca cerah, pemandangannya bikin Anda takjub. Sabana ini menjadi salah satu daya tarik Gunung Rinjani.

Savana Cikasur, Gunung Argopuro Jawa Timur

Anda tahu Argopuro? Gunung yang terletak di Situbondo, Jawa Timur ini tak kalah pamor dengan Semeru dan Bromo. Gunung ini salah satu tempat yang memiliki banyak sabana adalah Gunung Argopuro. Tampak ilalang yang menguning saat kemarau dan gradasi hijau tua di saat musim hujan begitu cantik. Belum lagi, kesan mistis yang timbul saat hamparan sabana tertutup kabut, tapi hal itu membuat Cikasur tetap menawan.

Padang Rumput Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Sabana Merbabu memang tidak seluas tempat yang lain, tapi pemandangannya tak kalah indahnya. Sabana di sini ada di beberapa titik seperti di lembah, Anda bakal betah melihat pemandangan di sana. Salah satu cara mengunjungi Sabana Merbabu, Anda bisa melakukan pendakian dari Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Banyak juga yang menyebutnya Sabana Selo.

Baca juga: Lokasi Api Abadi di Dunia, Ada Pula di Indonesia Lho!

Oro-oro Ombo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Oro-oro Ombo termasuk spot sabana yang sangat Indah. Padang rumput ini terletak di antara Ranukumbolo dan Cemoro Kandang. Setelah mendaki tanjakan cinta, hamparan Sabana Oro-Oro Ombo akan menyambut Anda dengan pemandangannya yang sangat indah. Jika Anda melakukan pendakian ke Semeru setelah musim hujan, bunga lavender yang sedang mekar akan mengubah padang ini menjadi ungu. Anda bisa bayangkan betapa cantiknya Oro-Oro Ombo saat itu.

Padang Rumput Gunung Bromo, Jawa Timur

Anda tidak akan kecewa jika harus pergi ke Bromo berulangkali. Spot Sabana Bromo yang sangat luar biasa indah ini bakal menyihir Anda untuk datang kembali. Mengapa? Sabana Bromo menyajikan keindahan alam yang luar biasa, padang rumput yang luas, bukit-bukit kecil dengan ilalang dengan warna berbeda. Anda akan merasakan suasana yang tenang dan udara sejuk. Ditambah lagi kabut yang sesekali datang di pagi hari. Anda bakal betah berlama-lama di Sabana Bromo ini.

Baca juga: Ini Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Padang Rumput Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Barat

Kenawa menjadi salah satu tempat yang menjadi destinasi favorit wisatawan lokal hingga mancanegara. Pulau Kenawa merupakan pulau kecil yang masih berada di daerah Sumbawa Barat NTB. Selain pantainya yang sangat indah, Anda bisa menikmati padang sabana yang sangat unik, karena terletak di sebuah pulau kecil di tengah lautan. Anda harus datang ke sini, selain menikmati pantainya tentu Anda bakan terpesona oleh hamparan sabana di Pulau Kenawa ini.

Savana Tanjung Ringgit, Lombok, NTB

Panorama alam Lombok tak ada habisnya. Ada Sabana Tanjung Ringgit. Di tempat ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dari atas hamparan padang sabana yang luas. Pemandangan ciamik itu dikombinasi dengan pemandangan tebing pantai yang curam dengan hamparan sabana yang luas inilah yang membuat Tanjung Ringgit begitu memesona.

Comments are closed.