12 Pagoda Terkenal dan Terindah di Dunia

Travel

12 daftar pagoda di bawah ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang Anda kunjungi. Ada banyak kuil terkenal dan terindah di dunia. Kira-kira di mana saja itu?

Bagi Anda yang masih merasa asing dengan nama ini, pagoda adalah semacam kuil yang memiliki atap bertumpuk-tumpuk bergaya Meru. Biasanya pagoda bisa dapat Anda temui di negara-negara yang mayoritas warganya beragama Buddha. Contohnya, seperti di Thailand atau Tiongkok.

Namun, meskipun tempat ini menjadi tempat untuk beribadah umat Buddha, pagoda juga bisa Anda temui di di negara-negara lain yang berpenduduk minim umat Buddha. Pagoda sudah tersebar di berbagai negara dan akhir-akhir ini keberadaan kuil ini semakin menarik dengan berbagai hiasan di atapnya. Sehingga membuat jutaan turis berbondong-bondong datang untuk melihat langsung keindahan dari tempat ini. Bahkan semakin banyak ketertarikan para wisatawan akan tempat ini, membuat kuil-kuil lain yang ada di seluruh dunia dibuat semenarik mungkin untuk memikat hati para turis.

Baca juga: 7 Keajaiban Dunia dan di Indonesia

Pagoda-pagoda Tekenal dan Terindah di Dunia

Jadi, selain menjadi tempat beribadah bagi umat Buddha, kini kuil ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata. Di mana saja pagoda terkenal dan terindah di dunia?

Toji, Kyoto Jepang

Salah satu kuil yang menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia yang pertama adalah Toji di Kyoto, Jepang. Ketertarikan para wisatawan akan tempat ini dikarenakan banyaknya pepohonan dengan daun berwarna-warni yang mengelilingi area sekitarnya.

Peace Pagoda, Sri Lanka

Stupa Buddha yang ada di Sri Lanka ini juga tidak kalah cantik. Peace Pagoda yang berwarna putih ini berada di tengah-tengah hutan hijau. Bayangkan saja betapa indahnya bagunan kuil ini. Belum lagi Anda bisa melihat patung Buddha di tengah-tengah dari bagunan ini yang pasti akan jadi pengalaman yang berbeda ketika Anda bisa mengunjungi kuil ini.

Buddhist Pagoda di Pulau Samui, Thailand

Tempat ini juga sangat cantik dan indah yang terletak di Komplek Kuil Wat Plai Laem, Pulau Samui, Thailand. Selain itu, air yang mengelilingi kuil tersebut juga menjadikan tempat ini semakin terlihat indah sehingga mampu memikat para wisatawan baik wisatawan dari dalam negeri Thailand sendiri maupun dari luar negeri. Bukan hanya itu saja, atap kuil ini juga dihiasi dengan emas sehingga menjadikan bangunan ini semakin terlihat megah.

Baca juga: 9 Fakta Menarik Tembok China yang Megah

Seiganto-ji, Jepang

Selain Toji, Negara Matahari Terbit juga menghadirkan Seiganto-ji, kuil Buddha yang memiliki arsitektur sekaligus pemandangan yang sangat indah. Wisatawan lebih mengenalnya dengan sebutan Temple of Blue Waves. Di Seiganto-ji Anda bisa menikmati kemegahan kuil serta pemandangan hutan serba hijau dan air terjun alami.

Thambuddhei Paya di Monywa, Myanmar

Thambuddhei Paya merupakan salah satu kuil terbesar yang ada di Myanmar. Letak pastinya dari kuil ini berada di kota Monywa. Kuil ini cukup terlihat indah dikarenakan banyaknya stupa-stupa yang mengelilingi satu stupa yang paling besar. Menurut sejarah, Thambuddhei Paya sudah dibangun dan berdiri megah semenjak 1303 M, kemudian dibangun ulang atau direkonstruksi pada 1939 M.

Gyeongbokgung di Seoul, Korea

Selain terkenal dengan K-pop dan dramanya, Korea juga memiliki salah satu kuil terindah di dunia, yaitu Gyeongbokgung yang terletak di Seoul, Korea. Gyeongbokgung mulai dibangun pada 1395 M. Pagoda ini juga sering disebut dengan nama Northern Palace atau Istana Utara karena lokasinya yang jauh di wilayah utara Korea.

Pagoda Shwedagon Paya di Yangon, Myanmar

Selain Thambuddhei Paya, kuil terbesar di Myanmar lainnya adalah Shwedagon Paya atau yang memiliki nama lain Shwedagon Zedi Daw. Kuil ini juga dikenal dengan julukan Pagoda Emas karena terdapat sebuah stupa atau Pagoda dengan ketinggian 98 meter (321,5 kaki). Bagian atas stupa tersebut bertatahkan dengan sekitar 5.000 berlian – stupa yang paling besar berlapiskan emas berlian 72 karat.

Shwedagon Paya terletak di Yangon, Myanmar. Tepatnya di bagian barat Danau Kandawgyi, di Bukit Singuttara, dan mendominasi pemandangan kota Yangon, Myanmar. Menurut sejarah, Stupa Buddhis atau Shwedagon Paya ini adalah kuil yang paling suci bagi bangsa Birma, karena menyimpan beberapa relik Buddha terdahulu, yaitu tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama, Buddha historis.

Chureito di Fujiyoshida, Jepang

Chureito merupakan salah satu Pagoda terindah yang ada di dunia. Kuil ini terletak di Fujiyoshida, Jepang, yang memiliki suasana romantis dan indah sehingga mampu menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, kuil ini juga dikelilingi dengan keindahan pepohonan sakura yang begitu memesona. Apalagi, struktur bangunan yang digunakannya merupakan struktur bangunan bernuansa Jepang.

Global Vipassana di Mumbai, India

Meskipun negara India terkenal dengan negara Hindu, namun di negara yang memiliki kisah Mahabharata yang ternyata terdapat salah satu Pagoda terindah di dunia. Namanya Global Vipassana. Kuil yang begitu megah dan terletak di barat daya Mumbai India ini memiliki luas bangunan sekitar 15,5 hektare.

Selain itu, kuil ini juga dianggap sebagai salah satu keajaiban arsitektur di abad ke-21 karena pembangunan baru terselesaikan pada bulan November 2008 M setelah membangun selama 11 tahun lamanya.

Baca juga: Sejarah dan Fakta Menarik di Balik Menara Pisa

Cebu Taoist di Cebu, Filipina

Arsitektur kuil yang terletak di Cebu, Filipina, ini juga sangat cantik dengan ornamen yang begitu sejuk dipandang mata. Pepohonan yang ada di sekitarnya juga menambah kesan keindahan tersendiri sehingga mampu menarik para traveler dunia.

Tran Quoc di Hanoi, Vietnam

Salah satu kuil terindah di dunia adalah Tran Quoc yang terletak di semenanjung kecil di sisi timur dari West Lake, Hanoi, Vietnam. Menurut sejarah, Tran Quoc merupakan salah satu kuil paling kuno di Vietnam yang sudah berusia lebih dari 1.500 tahun.

Kaunghmudaw di Sagaing, Myanmar

Selain Thambuddhei dan Shwedagon, di Myanmar juga terdapat Kaunghmudaw yang bentuknya seperti lonceng besar. Menurut cerita bangunan yang megah di Myanmar ini dibangun sejak 1636 M oleh raja Thalun dan puteranya. Sebelumnya, kubah Pagoda ini dicat putih secara terus menerus untuk menandakan kemurniannya. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, tempat yang indah ini kini dilapisi dengan emas.

Comments are closed.