Palung Laut Terdalam di Bumi, Ada di Asia Juga!

Travel

Palung laut merupakan titik terendah lautan di bumi. Tingkat kedalamannya yang sangat dalam membuat lokasi ini sulit diidentifikasi dan diteliti.

Bumi terbagi menjadi dua bagian, yakni daratan dan lautan. Bahkan, sebagian besar bagian dari bumi adalah lautan dengan persentasi kurang lebih 70 persen sedangkan daratan hanya memiliki 30 persen saja.

Bagian daratan di bumi merupakan bagian yang hampir 100 persen teridentifikasi. Sebab, proses meneliti bagian darat bumi tidaklah sesulit bagian lautannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan lengkap dan detailnya bagian geografis daratan bumi pada peta maupun globe. Mulai dari titik terendah hingga tertinggi di daratan semua sudah teridentifikasi dengan baik.

Hal ini berbanding terbalik dengan lautan. Memegang persentase yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daratan di bumi, nyatanya masih banyak sekali bagian dari lautan yang belum teridentifikasi sepenuhnya. Faktanya, lautan juga memiliki tingkat kedalaman yang berbeda. Nah, beberapa memiliki titik terdalam lautan di bumi ini disebut sebagai palung laut.

Palung laut merupakan jurang yang berada di dasar lautan yang dianggap sebagai bagian terdalam dari samudera. Ada banyak sekali palung laut di dunia. Tapi, sebagian sudah berhasil teridentifikasi karena kedalamannya yang masih dapat dijangkau oleh peralatan canggih buatan manusia. Sayangnya, tak sedikit pula yang tidak bisa dijamah karena kedalamannya sangatlah dalam. Beberapa palung laut tersebut berhasil mendapat predikat terdalam di bumi.

Penasaran dengan palung laut tersebut? Mari kita simak bersama daftar urutannya dan penjelasannya berikut ini!

Daftar Palung Laut Terdalam di Bumi

Palung Mariana

Kedalaman: 11.034 meter

Bagian dari: Samudera Pasifik

Titik terendah: Challenge Deep

Palung Mariana merupakan bagian laut terdalam di dunia. Letak Palung Mariana berada di sebelah timur Kepulauan Mariana dan menjadi bagian dari Samudera Pasifik. Lokasi terdalamnya berada di kerak bumi dengan kedalaman sejauh 11.034 meter. Bahkan, kedalaman palung ini lebih jauh dari ketinggian gunung tertinggi di dunia, Mount Everest di atas permukaan laut. Titik terdalamnya ini bernama challenge deep. Belakangan peneliti pun mengklaim bahwa terdapat kehidupan organisme makhluk hidup di Palung Mariana ini.

Palung Tonga

Kedalaman: 10.882 meter

Bagian dari laut: Samudera Pasifik

Titik terendah: Horizon Deep

Palung Tonga menjadi palung yang ada di Samudera Pasifik yang berada di bagian barat daya. Bagian lautan ini menjadi bagian terdalam di dunia yang kedua setelah Palung Mariana. Kedalaman Palung Tonga ini sejauh 10.882 meter di bawah permukaan laut. Titik terendah dari Tonga bernama horizon deep.

Palung Filipina

Kedalaman: 10.545 meter

Bagian dari laut: Samudera Pasifik

Titik terendah: Galathea Depth

Palung Filipina menempati peringkat tiga laut paling dalam di dunia. Kedalaman palung ini mencapai 10.545 meter di bawah permukaan laut. Letaknya berada di perairan bagian timur wilayah Filipina di Asia Tenggara. Titik terendahnya disebut galathea depth. Palung Filipina memiliki beberapa nama lain seperti Palung Mindanao dan Philippine Deep.

Palung Kuril-Kamchatka

Kedalaman: 10.542 meter

Bagian dari laut: Samudera Pasifik

Titik terendah: Vitiaz Deep

Palung Kuril-Kamchatka (biasa disebut Palung Kuril saja) merupakan salah satu palung di perairan Samudera Pasifik. Kedalaman palung ini adalah 10.542 meter, menjadikannya sebagai laut terdalam keempat di dunia. Letaknya di dekat Pulau Kuril di dekat wilayah perairan Jepang.

Palung Kermadec

Kedalaman: 10.047 meter

Bagian dari laut: Samudera Pasifik

Palung Kermadec terletak di selatan Samudera Pasifik membentang di perairan dekat wilayah Selandia Baru. Kedalaman Palung Kermadec sejauh 10.047 meter dan menjadi salah satu bagian lautan terdalam di dunia. Palung ini membentuk sistem kesatuan dengan Palung Tonga menjadi subduksi sistem Tonga-Kermadec dengan panjang 2.000 kilometer dari utara ke selatan.

Palung Jepang

Kedalaman: 10.375 meter

Bagian dari laut: Samudera Pasifik

Titik terendah: Tuscarora Deep

Palung Jepang terletak di bagian utara Samudera Pasifik dekat wilayah perairan Jepang. Kedalamannya mencapai 10.375 meter menjadi salah satu palung terdalam di dunia. Palung Jepang juga menjadi bagian dari sirkum api Lautan Pasifik. Aktivitas di palung ini kerap menjadi penyebab bencana gempa bumi atau tsunami yang melanda Jepang.

Palung Izu-Ogasawara

Kedalaman: 9.810 meter

Bagian dari laut: Samudera Pasifik

Palung Izu-Ogasawara juga disebut sebagai Palung Izu-Bonin. Bagian palung ini terdiri dari Palung Izu di sebelah utara serta Palung Bonin atau Ogasawara di sebelah selatan. Letaknya di perairan Jepang di sebelah barat Samudera Pasifik. Kedalaman palung ini sedalam 9.810 meter di bawah kedalaman laut.

Palung Laut Puerto Rico

Kedalaman: 8.800 meter

Bagian dari laut: Samudera Atlantik

Titik terendah: Milwaukee Deep

Palung Puerto Rico menjadi palung terdalam di dunia yang tidak menjadi bagian dari Samudera Pasifik. Palung ini merupakan bagian dari Samudera Atlantik yang terletak di perbatasan Laut Karibia. Kedalaman maksimum palung ini berada 8.800 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalamnya disebut milwaukee deep.

Palung South Sandwich

Kedalaman: 8.428 meter

Bagian dari laut: Samudera Atlantik

Titik terendah: Meteor Deep

Palung South Sandwich terletak di perairan Samudera Atlantik dengan kedalaman mencapai 8.428 meter di bawah permukaan laut. Palung ini menempati urutan kedua terdalam di Samudera Atlantik. Letaknya berada 100 kilometer di sebelah timur pulau South Sandwich. Titik terendah dari palung South Sandwich bernama meteor deep.

Palung Atacema

Kedalaman: 8.065 meter

Bagian dari laut: Samudera Pasifik

Titik terendah: Richards Deep

Palung Atacema juga bisa disebut Palung Peru-Chile, karena letaknya yang berdekatan dengan wilayah garis pantai negara Peru dan Chile di Amerika Selatan. Letaknya di sebelah timur Samudera Pasifik. Kedalaman maksimum Palung Atacema adalah 8.065 meter di bawah permukaan laut. Titik terendahnya disebut richards deep.

Seperti yang tertulis di atas, kedalamannya sangatlah sulit untuk dijamah bahkan dengan alat tercanggih yang ada saat ini. Tak heran masih banyak misteri yang belum terkuak dari lautan di bumi ini.

Comments are closed.