Pantai Pink di Labuan Bajo dan Beragam Fakta Menariknya

Travel

Pantai Pink menjadi buah bibir para pecinta traveling di seluruh dunia. Di samping keindahannya, ada fakta menarik yang patut kita ketahui.

Tak perlu diragukan lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki gugusan pantai terindah di dunia. Tak heran jika banyak wisatawan asing rela datang ke tanah air untuk menikmati indahnya pantai-pantai di tanah air.

Salah satu pantai yang cukup menarik perhatian para wisatawan belakangan ini tak lain adalah Pantai Pink di Labuan Bajo. Pantai yang sepintas terlihat berwarna pink ini menjadi magnet bagi para pecinta pantai dan laut, karena keindahan dan kebersihannya.

Tapi, di balik keindahannya, terdapat fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang, termasuk Anda. Apa saja fakta menarik yang dimaksud? Ini dia!

Fakta Menarik Pantai Pink di Labuan Bajo

Tempat Mendaratnya Tentara Jepang

Pada masa perang dunia kedua, Jepang berhasil menduduki wilayah Indonesia. Itu pasti Anda sudah tahu karena banyak tertulis di buku sejarah sekolah. Tapi tahukah Anda, konon dahulu kala, para tentara Jepang menjadikan Pantai Tangsi ini sebagai salah satu pintu masuk mereka ke wilayah Nusantara. Bahkan, demi strategi perang, militer Jepang sampai rela membangun pangkalan militer di kawasan tersebut. Alasan utamanya mungkin karena lokasinya yang masih terpencil dan jarang terlihat orang pada masa itu.

Pasirnya Tidak Berwarna Pink

Saat teman Anda bertanya, Pantai Pink itu apa? Dan Anda menjawab, “Pantai yang pasirnya berwarna pink”. Jika Anda benar-benar menjawab itu, bersiaplah untuk menyesal, karena Anda salah menduga. Tahukah Anda, meskipun bernama Pantai Pink, pasir pantai ini tidak benar-benar berwarna pink. Warna pink yang dihasilkan adalah hasil pantulan cahaya matahari yang terpantul dari rangkaian koral mati yang tersapu ombak. Warna pasir pantai ini juga tidak selalu berwarna pink, hanya pada jam tertentu saja.

Lokasinya Cukup Jauh Bahkan Bagi Orang Lombok Sendiri

Apa yang membuat pantai ini begitu asri dan alami seperti tanpa tersentuh? Bukan, bukan karena kebijakan pemerintah kota, tapi memang lokasinya yang terbilang cukup jauh dan sulit dijangkau bahkan bagi warga lombok sendiri. Tidak percaya? Coba saja berlibur sendiri tanpa jasa paket travel, dan kemudian bertanya tentang cara sampai ke Pantai Pink. Ada dua kemungkinan yang akan Anda temui: Pertanyaan bernada heran tentang alasan Anda pergi ke sana, dan sulitnya mencari mobil dan driver yang mau mengantar Anda ke sana. Ya, cara termudah untuk mencapai Pantai Pink memang menggunakan jasa travel yang memang menyediakan paket liburan ke Pantai Pink.

Pemandangan Menawan dari Atas Bukit

Lokasinya yang terletak di sebelah tenggara Pulau Lombok, dan di kelilingi oleh perbukitan dan beberapa Gili (pulau kecil), menjadikan pemandangan Pantai Pink cukup indah jika dilihat dari perbukitan. Tidak hanya bisa menikmati sunrise dengan sempurna, Anda juga bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil dan perbukitan lainnya.

Pantainya Pemancing

Tahukan Anda, Pantai Pink merupakan pantai yang dimiliki oleh para pemancing dari dahulu, sebelum namanya mencuat sebagai daftar wisata. Sejarah mengatakan bahwa pantai ini selalu dijadikan sebagai lokasi pemancingan yang mana Anda bisa menemukan beberapa macam jenis ikan dan habitat ekosistem bawah laut yang penuh akan tumbuhan ataupun alga.

Beberapa kapal yang Anda gunakan untuk snorkeling saat ini adalah kapal yang digunakan dahulu oleh para pemancing untuk disewakan. Warga lokal Lombok memang memiliki minat memancing yang sudah turun temurun terutama warga yang berada di pesisir pantai sebagai mata pencaharian pokok mereka.

Pernah Akan Dibangun Jembatan atau Dermaga

Fenomena yang satu ini merupakan hal yang pernah terjadi pada 2017 silam. Saat itu, pemerintah setempat bermaksud membangun dermaga di Pantai Pink untuk menambah keindahan pantai. Akan tetapi karena beberapa penolakan, dermaga yang sudah dibangun namun belum kelar terpaksa harus dibongkar karena kurangnya support dari berbagai elemen.

Hal tersebut tentunya akan mengganggu keindahan Pantai Pink yang memiliki luas bibir pantai 10 meter dengan panjang yang membentang seluas 300 meter. Sangat indah bagi Anda untuk mengabadikan momen wisata Anda satu hari penuh.

Memiliki Pulau Tak Berpenghuni

Sebagai salah satu tujuan wisata yang sudah sangat terkenal di Lombok, Pantai Pink juga menawarkan wisata snorkeling dan mengunjungi berbagai gili yang dimiliki, tentunya hal tersebut akan menambah daftar wisata Anda

Pulau Gili yang dimiliki masih dikatakatan sebagai pulau yang masih virgin dan natural. Kondisi ini sangat baik karena memang sangat jauh dari sentuhan tangan manusia, hal tersebut akan menambah kenikmatan wisata Anda tentunya.

Alam bawah laut pun akan menjadi sorotan utama, bagaimana tidak keindahan habitat bawah laut yang indah serta aneka ikan laut yang warna warni akan menambah kegemesan Anda dalam melakukan aktivitas snorkeling. Sungguh akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Nah, jika Anda berminat melakukan wisata snorkeling Anda bisa mengikut paket wisata Pantai Pink beserta snorkeling.

Pulau tersebut adalah Gili Pasir yang memiliki luas hanya kurang lebih 2 are, sebuah gili tidak berpenghuni, hanya jejeran pasir luas yang timbul laiknya pegunungan. Anda bisa berfoto ria di tempat tersebut seakan pulau tersebut adalah milik Anda.

Berada di Ujung Timur Pulau Lombok

Dengan lokasi yang begitu jauh tidak mengurangi minat para wisatawan untuk datang dan menyaksikan daerah wisata ini.

Ujung timur yang membutuhkan waktu tempuh dua jam dari Bandara Internasional Lombok dan tiga jam dari Senggigi terbilang sebuah perjalanan harus mengalokasikan waktu seharian dalam menempuh perjalanan wisata tersebut.

Jika Anda merasa bingung tempat melakukan penyewaan mobil, Anda bisa temukan di penyewaan mobil di Lombok. Sebagai salah satu tempat sewa mobil termurah dan aman, sekaligus nyaman bagi wisata satu harian Anda menuju destinasi ini.

Itulah fakta menarik Pantai Pink yang perlu Anda ketahui. Jadi semakin tertarik untuk melihat langsung pantai tersebut?

Comments are closed.