Tempat Wisata di Papua Nugini, Indah Sekali!

Travel

Sebagai negara yang memiliki populasi kecil dan sedikit pembangunan modern, Papua Nugini jelas memiliki tempat wisata yang indah dan tentunya asri.

Mungkin kebanyakan orang Indonesia hanya tahu Papua Nugini sebagai salah satu wilayah yang akhirnya memilih untuk memerdekakan diri dan menjadi negara sendiri. Tapi, rasanya banyak yang belum tahu bahwa negara satu ini memiliki daya tarik yang sangat besar, terutama dari segi wisata alamnya.

Laiknya Papua Barat yang memiliki Raja Ampat sebagai salah satu wisata alam terindahnya. Papua Nugini juga memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat indah dan bahkan belum terjamah banyak orang atau wisatawan. Sehingga kondisinya masih sangat asri. Penasaran dengan tempat wisata di negara satu ini? Mari kita simak bersama di bawah ini!

Tempat Wisata di Papua Nugini

Mata Air di Papua Nugini Rondon Ridge

Tidak perlu jauh-jauh berwisata sampai ke tempat wisata di Eropa Timur, Anda bisa datang ke Papua Nugini untuk menghabiskan waktu liburan dan menikmati berbagai macam pemandangan baru yang tidak dapat ditemukan di tempat wisata lainnya. Salah satu tempat yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi dari salah satu tempat wisata di Papua Nugini ialah Rondon Ridge yang berada di kaki Gunung Hagen. Lokasinya yang berdekatan dengan gunung, maka tempat ini sering sekali berselimut kabut, lho.

Rondon Ridge merupakan mata air yang terletak di antara kebun sayur kuno dan hutan hujan di dataran tinggi. Kawasan ini memiliki udara yang sejuk, masih sangat alami, dan sudah mendapatkankan fasilitas listrik dengan sistem hidroelektrik.

Tempat wisata Rondon Ridge dibangun oleh Suku Mlepa dari material tradisional. Bangunan yang berdiri di kawasan Rondon Ridge dibangun dengan bahan-bahan berupa kayu kwila, rumput tenun, dan batu sungai. Kalau Anda ingin refresh dari hiruk pikuk kota yang membuat Anda stres setiap hari, Rondon Ridge bisa menjadi tempat tujuan yang paling tepat.

Oro Fjord

Tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di negara ini selanjutnya adalah Oro Fjord. Oro Fjord merupakan sebuah ngarai sepanjang 150 meter yang mengalir ke laut. Tempat wisata ini biasanya dikunjungi oleh penduduk lokal. Di sini, Anda bisa menghabiskan waktu dari sore sampai senja hari dan menikmati detik-detik matahari tenggelam.

Oro Fjord terletak di pantai Tenggara Papua, sehingga Anda akan mendapatkan pemandangan bagus selama di tempat ini. Bagi Anda yang hobi mengabadikan sesuatu melalui foto atau video, tempat satu ini sangatlah cantik dan menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang.

Sejatinya, tempat wisata ini sudah cukup terkenal di negara ini karena sering menjadi tempat untuk mengadakan festival. Sehingga tempat wisata alam ini juga bisa menjadi tempat wisata budaya pada hari-hari tertentu. Pada masa wisata budaya dibuka, di tempat ini Anda bisa melihat dan berinteraksi dengan penduduk asli Papua Nugini yang datang ke acara budaya tersebut.

Sangat sulit untuk menjangkau satu desa dengan desa lainnya yang ada di Papua Nugini, karena tidak banyak transportasi umum untuk mengantarkan Anda berkeliling seperti ketika berwisata ke luar negeri.

Sungai Sepik di Papua Nugini

Selain Oro Fjord, Anda bisa menikmati pemandangan indah di Sungai Sepik. Salah satu tempat wisata alam di Papu Nugini yang satu ini merupakan sugai terpanjang di negara ini, yakni sepanjang 1.226 kilometer.

Sungai ini mengalir ke dataran rendah, sebagian aliran sungai dimanfaatkan untuk mengaliri ladang di sekitar. Tak hanya itu, karena keindahan Sungai Sepik dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata, fasilitas yang tersedia untuk wisatawan dari seluruh daerah pun dibuat seoptimal mungkin. Salah satunya adalah wisata Sungai Sepik dengan kapal kecil atau boat.

Perlu Anda ketahui, area kawasan ini masih alami. Bila beruntung, Anda mungkin bisa menjumpai penduduk lokal Papua Nugini yang melakukan perburuan di daerah Sungai Sepik.

Gunung Ibu

Sebagian besar kawasan di Papua Nugini memang masih sangat alami, belum banyak sentuhan pembangunan modern seperti kota-kota besar di negara berkembang dan maju. Negara yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia ini juga memiliki gunung berapi yang masih aktif, yakni Gunung Ibu. Gunung tersebut masih sering mengeluarkan suara gemuruh yang menandakan aktivitas magma sangat kuat.

Gunung Ibu dibuka untuk pendakian, sehingga tempat ini ramai sebagai wisata ekstrem di kalangan pada pendaki. Bagi yang suka untuk menguji keberanian dan ketangguhan mendaki, Anda bisa menjajal Gunung Ibu sebagai salah satu alternatif pendakian.

Sebagai catatan, jika ingin mendaki Gunung Ibu, alangkah lebih baik jika Anda membawa guide yang sudah mengenali gunung ini, dengan demikian Anda dapat mendaki gunung dengan aman dan nyaman serta minim risiko.

Vanimo

Di samping tempat-tempat wisata yang masih alami, selanjutnya tempat yang tak boleh dilewatkan ketika berada di negara ini adalah Vanimo. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata moden di Papua Nugini. Kawasan yang masih alami namun memiliki sentuhan moden ini menjadi favorit wisatawan yang hobi berselancar.

Seperti ketika mengunjungi Pantai Waikiki sebagai salah satu tempat wisata di Hawaii, Anda bisa menikmati pemandangan alami sekaligus wisatawan asing maupun lokal berlatih selancar. Oleh karena itu, selain berjemur atau sekadar duduk di bibir pantainya, Anda bisa menikmati kawasan ini dengan cara ikut berselancar.

Pulau Kitava

Bagi Anda yang hobi melancong ke pulau-pulau kecil, saat berada di Papua Nugini, jangan sampai Anda melewatkan Pulau Kitava. Pulau satu ini memang memiliki ukuran yang terbilang kecil untuk sebuah pulau. Tapi, Anda akan terkesima dengan keasrian pulau yang dikelilingi oleh pantai dan laut yang masih sangat jernih.

Memang, Anda perlu menyeberang menggunakan boat untuk sampai ke pulau ini. Tapi, segala perjuangan Anda pasti akan tuntas terbayar saat Anda menyaksikan langsung keindahan pulau satu ini.

Jelas terlihat bahwa Papua Nugini merupakan negara yang cocok dijadikan destinasi liburan, kan? Mana dari tempat wisata di atas yang paling Anda suka?

Comments are closed.