Pasar Bunga Bloemenmarkt Keindahan yang Segera Hilang

Travel

Pasar Bunga Bloemenmarkt yang indah itu akan segara ditutup dan bukan lagi menjadi tujuan wisata di Belanda. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kabar akan ditutupnya pasar bunga apung Bloemenmarkt sangat menggegerkan masyarakat dunia. Pasalnya, pasar bunga ini menjadi salah satu ikon dari kota Amsterdam yang sangat terkenal. Bloemenmarkt atau flower market adalah pasar bunga terapung di Amsterdam. Tentunya bagi pecinta tanaman, tempat ini laksana surga dunia yang indah. Terletak di tepi kanal Singel dan diapit oleh jalan Muntplein dan Koningsplein, kawasan Bloemenmarkt menjadi pasar bunga terapung yang memamerkan warna-warni dari keindahan bunga

Kilas balik dari pasar apung ini, Bloemenmarkt pertama kali dibuka pada 1943 dengan memiliki deretan toko bunga dan toko lainnya yang menjajakan pernak-pernik. Warna-warna cantik dari bunga tersebut menarik perhatian turis yang datang. Seperti namanya, pasar ini tentu menjual beraneka ragam bunga-bunga yang cantik, tidak terkecuali bunga tulip yang menjadi ciri khas dari Belanda. Bunga-bunga yang dijual diambil dari seluruh pedesaan yang ada di Belanda.

Baca juga: 4 Tempat Menarik di Amsterdam Belanda

Bloemenmarkt Merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO

Fakta menarik dari Bloemenmarkt adalah bahwa pasar yang terletak di wilayah Centrum Amsterdam ini diklaim sebagai satu-satunya pasar bunga terapung di dunia. Tak hanya itu, pasar yang telah berdiri selama ratusan tahun ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Di Bloemenmarkt terdapat kios-kios transparan yang terapung di sepanjang tepi kanal Singel. Oleh karena itu Bloemenmarkt juga terkenal sebagai Bloemensingel. Meski tulip adalah bunga paling populer di pasar itu, Anda juga dapat menjumpai berbagai bunga lain yang tak kalah berwarna dan tak jauh cantiknya. Tak hanya membeli bunga yang sudah mekar, pengunjung juga dapat membeli umbi atau bibit bunga untuk dibawa pulang dan ditanam di halaman. Uniknya, di sina Anda dapat menjumpai bibit tanaman kanabis atau di Indonesia disebut ganja. Di Indonesia, tanaman tersebut termasuk dilarang tetapi di Amsterdam diperdagangkan sangat bebas. Bahkan di sini dapat Anda temukan pula sabun dari bahan kanabis.

Perlu diingat, beberapa negara membatasi pembawaan bunga dalam bentuk hidup. Untuk itu, beberapa penjual tanaman di Bloemenmarkt juga menyediakan jasa paket pengiriman tanaman ke berbagai negara. Namun, apabila pengunjung ingin membeli langsung dan membawa pulang tanaman-tanaman tersebut ke negara asalnya, perlu diperhatikan peraturan imigrasi di negara setempat. Apakah jenis tanaman tersebut mendapat izin atau tidak, karena disita oleh bagian imigrasi, jika pembeli tidak mengetahuinya.

Bloemenmarkt Tergeser Popularitasnya

Namun, keindahan itu akan segera hilang dikarenakan overtourism atau meningkatnya pengujung yang datang tiap harinya. Bukan hanya itu, nasib toko-toko bunga ini juga semakin tidak jelas, karena semakin tergeser dengan popularitas toko hiasan lain di sekitarnya.

Membludaknya turis yang berkunjung ke Eropa dikarenakan harga tiket murah yang ditawarkan oleh berbagai maskapai. Jadi, semakin hari turis yang berdatangan semakin banyak membuat para pedagang geram dan sulit membedakan antara turis yang hanya sekadar ingin berfoto-foto ataupun pembeli asli.

Meskipun hingga kini, Belanda mulai memberlakukan peraturan baru bagi para turis asing. Tetapi tidak menutup antusiasme masyarakat yang ingin berlibur ke sana. Termasuk Anda?

Untuk pergi berlibur ke Belanda, salah satu hal yang harus Anda siapkan adalah visa Belanda. Nah, untuk Anda yang belum tahu cara mengurus visa Belanda, berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: Fakta Menarik dan Keistimewaan Bunga Tulip Belanda

Syarat Pengajuan Visa Belanda

Visa memang menjadi hal yang wajib Anda persiapkan ketika berencana mengunjungi negara di Eropa, termasuk Belanda. Sebenarnya, persyaratan visa Belanda sama seperti pengajuan visa Schengen. Soalnya, Belanda termasuk ke dalam wilayah Schengen otomatis visa yang Anda ajukan sebenarnya visa Schengen. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Belanda dan ingin mengajukan visa Belanda, berikut ini persyaratan yang harus Anda siapkan:

Tiket Pesawat

Tiket pesawat merupakan hal utama yang harus Anda siapkan. Pasalnya, jika Anda membeli tiket pesawat, tentu sudah dipastikan tanggal berapa akan berangkat ke Belanda dan Anda mulai menentukan waktu untuk membuat visa. Setiap pembelian tiket pesawat pasti ada bukti pembayarannya. Bukti ini jangan sampai hilang, karena Anda harus menyerahkannya ketika pengajuan visa Belanda.

Asuransi Perjalanan

Selain tiket pesawat, asuransi perjalanan menjadi salah satu syarat visa Belanda. Pastikan Anda sudah membeli dan menerima polis dari perusahaan asuransi yang menyatakan bahwa perjalanan Anda sudah terlindungi. Jangan lupa serahkan juga polis tersebut ketika pengajuan visa.

Formulir Permohonan Visa Belanda

Dikarenakan Belanda termasuk negara yang menggunakan jasa VFS Global sebagai tempat untuk permohonan pembuatan visa dan segala informasi tentang Belanda, Anda bisa mengunduh formulir permohonan visa ke Belanda dari website resmi VFS secara online atau datang langsung ke kantornya di Kuningan City Mall.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Siapkan Pas Foto

Setelah mendapatkan formulir, siapkan dua pas foto ukuran 3,5 x 4,5 centimeter berlatar putih dengan gaya foto formal sebagai syarat visa. Pastikan telinga Anda terlihat saat difoto. Siapkan foto ini sebelum menyerahkan formulir guna mempercepat proses pembuatan visa.

Siapkan Paspor

Anda harus memiliki paspor yang akan digunakan sebagai indentitas selama di luar negeri. Siapkan paspor asli maupun fotokopi untuk diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan. Sebelum pengajuan visa Belanda, perhatikan masa berlaku paspor terlebih dahulu. Hal ini agar proses pengajuan visa Anda berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Bukti Keuangan

Syarat visa berikutnya adalah membawa bukti keuangan dengan melampirkan rekening koran dengan jangka waktu tiga bulan terakhir sebelum keberangkatan. Anda dapat mencetak di bank terkait kemudian meminta legalisir. Hal ini didasarkan untuk menanggung biaya yang dibutuhkan serta bukti keadaan keuangan pemohon yang ingin ke luar negeri. Meski begitu, pihak kedutaan tidak pernah menyebutkan secara pasti jumlah saldo minimum.

Bukti Reservasi Penginapan

Anda juga harus menyerahkan bukti reservasi penginapan yang akan Anda singgahi selama di Belanda. Bila Anda mempunyai saudara atau kerabat yang tinggal di sana, Anda perlu melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari walikota setempat, surat pernyataan berapa lama Anda tinggal di sana serta alamat lengkap tempat Anda menginap di sana.

Surat Keterangan Kerja

Dokumen surat keterangan kerja adalah persyaratan penting untuk Anda yang berstatus sebagai karyawan. Melengkapi surat ini termasuk syarat visa Belanda. Surat keterangan kerja bisa menjadi bukti bahwa Anda mempunyai pekerjaan tetap di Indonesia dan akan kembali lagi ke Indonesia setelah selesai pengujungan ke Belanda.

Membuat Itinerary (Rencana Perjalanan)

Itinerary atau rencana termasuk ke dalam persyaratan yang harus Anda siapkan. Pastikan itenerary dibuat dengan sedetail mungkin baik dari hari, tanggal, jam, dan kegiatan apa pun yang akan Anda lakukan di Belanda.

 

Comments are closed.