Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor

Travel

Paspor online solusi pembuatan paspor tanpa harus mengantre dan menuggu lama di kantor imigrasi. Untuk yang ingin membuat paspor, yuk daftar online dulu ya!

Paspor Indonesia merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap masyarakat Indonesia ketika ingin berkunjung ke luar negeri. Paspor digunakan sebagai identitas pengganti KTP yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintahan Indonesia. Paspor juga disebut sebagai dokumen perjalanan antar negara yang menjelaskan identitas dan asal negara Anda, termasuk jenis perjalanan Anda. Contohnya, apakah perjalanan ini Anda sebagai pejabat negara, diplomat, atau perjalanan sipil biasa.

Paspor memiliki masa berlaku lima tahun, Jika masa berlaku sudah habis, Anda bisa memperpanjangnya kembali dengan masa berlaku lima tahun kemudian dan begitu seterusnya. Anda yang belum memiliki paspor, pembuatan dokumen ini hanya bisa dibuat di kantor imigrasi terdekat dengan tempat Anda tanpa harus sesuai dengan domisili.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa paspor merupakan dokumen penting, Anda tidak boleh kaget jika setiap harinya kantor imigrasi akan dipenuhi dan terdapat antrean panjang orang-orang yang ingin membuat paspor. Untuk menghindari antrean, biasanya orang akan datang pagi-pagi buta bahkan ada yang sampai menginap agar mendapat nomor urut pertama. Tentu cara ini cukup melelahkan dan memakan waktu yang lama bukan? Oleh karena itu, saat ini sudah ada solusi yang bisa mengatasi itu semua, yaitu dengan paspor online.

[quads id=2]

Apa Itu Paspor Online?

Jika Anda sudah mengetahui, Direktorat Jendral Imigrasi secara resmi telah menyediakan layanan untuk pembuatan paspor secara online sebagai salah satu cara untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam memiliki paspor. Apa itu paspor online? Perlu diingat ya, papsor online dan e-paspor atau yang sering disebut paspor eletronik merupakan kedua hal yang berbeda. Jika e-paspor atau paspor eletronik adalah salah satu jenis paspor baru yang lebih lengkap dan akurat karena di dalamnya terdapat chip berisi data diometrik mencakup sidik jari dan juga bentuk wajah sehingga tidak mudah dipalsukan sudah dipastikan terjamin keamanannya, sedangkan paspor online adalah cara pembuatan paspor yang kini sudah bisa diakses melalui online.

Jenis Paspor yang Dibuat Secara Online

Meskipun kini paspor sudah memiliki dua jenis, yaitu paspor eletronik dan juga paspor biasanya, tetapi kedua jenis ini bisa Anda buat secara online. Pada dasarnya, pembuatan e-paspor dan paspor biasa itu sama saja. Hanya wujud paspor yang Anda terima yang membedakan keduanya ini, yaitu pada e-paspor terdapat chip yang ditanam di bagian depan paspor, sedangkan paspor biasanya hanya polos saja.

Cara Mudah Membuat Paspor Online

Dikarenakan berbasis online, tentu membuat paspor dengan cara ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Berikut ini langkah-langkah membuat paspor online.

Syarat Dokumen untuk Membuat Paspor Online

Sebenarnya syarat dokumen yang diperlukan sama saja jika Anda melakukan pembuatan paspor dengan cara biasa. Berikut ini, lima syarat dokumen yang perlu disiapkan, yaitu:
– Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku)
– Kartu Keluarga (KK)
– Surat akta kelahiran/ akta pernikahan/ buku nikah/ ijazah
– Surat Kewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan
– Surat penetapan ganti nama dari pejabat setempat bagi yang telah mengganti nama

[quads id=5]

Mengisi Data Paspor

Jika syarat dokumen sudah lengkap dan sudah Anda fotokopi sebesar A4 untuk satu dokumen, maka langkah selanjutnya Anda masuk ke laman website www.imigrasi.go.id, kemudian memilih layanan publik > layanan online > layanan paspor online. Selanjutnya, Anda bisa menemukan halaman layanan paspor online lalu pilh menu pra permohonan personal.

Pada menu ini, Anda harus mengisi informasi data pemohon pembuatan paspor mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nomor identitas, dan lain seterusnya. Kemudian, Anda dianjurkan memilih jenis paspor biasa atau e-paspor yang disesuai dengan kebutuhan.

Lakukan pembayaran

Setelah semua proses pengisian data selesai, akan ada e-mail berupa infomasi mengenai pembayaran yang berisi nama pemohon, nomor permohonan, jenis permohonan, jenis paspor, dan biaya paspor. Untuk biaya pembuatan paspor biasa, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp355.000,00, sedangkan untuk biaya pembuatan e-paspor, biaya yang harus Anda bayar lebih tinggi, yakni Rp655.000,00. Biaya ini sudah termasuk biaya jasa TI biometrik dan administrasi. Tentu biaya ini tidak permanen akan ada perubahan sewaktu-waktu.

Ada beberapa bank yang bekerja sama dengan imigrasi untuk proses pembayaran, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank HSBC, dan lain sebagainya. Pastikan Anda menyimpan bukti pembayaran dan fotokopi terlebih dahulu, lalu lakukan validasi lewat link website imigrasi yang diberikan pada e-mail sebelumnya.

Tentukan Tanggal Wawancara

Langkah selanjutnya, Anda pilih tanggal dan kantor imigrasi yang dekat dengan wilayah Anda. Jika sudah memilih Anda akan menerima tanda terima pra-permohonan pembuatan paspor lewat e-mail. Anda harus mencetaknya dan membawa lembaran ini saat ke kantor imigrasi bersama dengan kelengkapan dokumen-dokumen beserta fotokopinya yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Datang ke Kantor Imigrasi

Meskipun Anda daftar melalui paspor online, tetapi Anda juga harus datang ke kantor imigrasi untuk proses wawancara, foto, dan pengambilan sidik jari. Jadi, Anda harus mengenakan pakaian yang rapi dan sopan, tapi jangan mengenakan atasan berwarna putih agar tidak sama dengan warna background foto untuk paspor. Perlu diingat jika ada masa tenggang kedatangan selama tujuh hari setelah Anda menerima tanda pra permohonan paspor lewat e-mail.

Pengambilan Paspor

Setelah semua rangkaian permohonan paspor online selesai, Anda akan diberikan lembar pengambilan paspor setelah jeda 3-4 hari kerja. Anda diminta untuk datang kembali ke kantor imigrasi di atas jam 2 siang untuk pengambilan paspor. Namun, untuk lebih memastikan lagi, Anda bisa mengecek status permohonan di website imigrasi dengan memilih menu ‘status pra permohonan’. Jika status di sana menyatakan telah selesai, Anda bisa langsung mengambilnya.

Mengajukan paspor online memang jauh lebih praktis dan cepat dibandingkan Anda langsung mulai mengambil antrean di kantor imigrasi. Jika Anda beruntung permohonan pembuatan paspor Anda bisa langsung diproses, tetapi jika tidak, Anda diminta untuk datang besok harinya karena proses pemohonan sudah melebihi kuota harian.

Comments are closed.