8 Pemandian Air Panas di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Travel

Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati segarnya berendam air panas. Bandung, termasuk salah satu wilayah yang menyimpan banyak sakali pemandian air panas yang bisa Anda kunjungi.

Menikmati liburan tidak harus pergi pantai atau pegunungan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan, salah satunya adalah berendam di pemandian air panas. Berendam di pemandian air panas bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata alam dengan suasana tenang. Bersyukurlah Indonesia memiliki banyak sekali pegunungan ataupun dataran tinggi karena di situlah pemandian air panas berada. Jawa Barat termasuk salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali wilayah dataran tinggi, salah satunya adalah Bandung. Jalan-jalan ke Bandung, jangan hanya mengincar wisata kuliner atau berbelanja fashion-nya saja, tetapi Anda juga wajib untuk menikmati keindahan alamnya yang luar biasa indah. Ada banyak sekali pemandian air panas di Bandung. Sambil menikmati alam dan udara dingin, Anda bisa merileksasikan tubuh serta pikiran dengan cara berendam air panas. Lalu, apa saja tempat pemandian air panas yang paling direkomendasikan di Bandung?

Baca juga: Liburan Tanpa Travel Agent? Begini Caranya!

8 Pemandian Air Panas di Bandung

Pemandian Air Panas Maribaya

Sejarahnya, Maribaya berasal dari nama seorang perempuan cantik, di mana sang ayah, Raksa Dinata, membuat sumber air panas dengan kandungan belerang untuk melindungi Maribaya dari para pemuda yang memperebutkan anaknya. Sejak 1835, Raksa Dinata aktif mengelola tempat ini hingga akhirnya, beliau meninggal dan mewariskan pemandian air panas tersebut kepada Maribaya. Semenjak itu, tempat ini sangat ramai dikunjungi dan banyak orang yang percaya bahwa sumber air panas di Maribaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Nah, daripada Anda penasaran, lebih baik langsung datang saja ke Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang. Selain kolam air panas, di sana juga bisa menikmati fasilitas lain seperti restoran, kolam pancing, dan glamping tent.

Gracia Hot Spring

Masih di kawasan Bandung, Gracia Hot Spring menyediakan tiga kolam pemandian air panas utama untuk orang dewasa dan satu kolam untuk anak-anak. Di tepi kolam air panas, terdapat deretan kursi berpayung yang bisa Anda gunakan untuk bersantai setelah berendam. Selain itu, fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah kantin, ruang mandi, hingga ruang spa. Tidak sampai disitu, Gracia Hot Spring juga menyediakan resort bagi Anda yang berniat ingin menginap. Sekilas informasi, sumber air panas yang ada di Gracia Hot Spring berasal dari Gunung Tangkuban Perahu yang memiliki kandungan sulfur di dalam airnya sehingga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Gracia Hot Sipring berlokasi di Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater.

Pemandian Air Panas Ciater

Untuk tempat pemandian air panas yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Meskipun berlokasi di Subang, Jawa Barat, tetapi Pemandian Air Panas Ciater ini bisa Anda kunjungi melalui jalur pantura ataupun Lembang, Bandung. Pemandian Air Panas Ciater memang terkenal dengan air belerang yang dipercaya bsia menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak heran jika tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Saking ramainya dikunjungi, tempat ini meningkatkan fasilitasnya dengan menyediakan outbound, trekking, kolam pancing, restoran, spa, hingga hotel, dan resort.

Sabda Alam Resort

Berjarak sekitar 30 kmilometer dari Kota Bandung, tepatnya di Kota Garut, Anda bisa menemukan pemandian air panas bernama Sabda Alam Resort. Lebih dari sebuah kolam pemandian air panas, Sabda Alam Resort Garut biasa disebut sebagai waterpark. Uniknya, air yang ada di waterpark ini memiliki suhu hangat, sehingga Anda tidak akan menggigil selama bermain air. Apabila sudah lelah berenang atau bermain air, Anda bisa beristirahat di salah satu bungalo yang telah disediakan di area tepi kolam. Namun, jika ingin mendapatkan privasi lebih, Anda bisa mencoba sauna air panas alami yang dikenal bagus untuk terapi kesehatan.

Ciwidey Valley

Kawasan Ciwidey sudah menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Banyak yang bilang, ke Bandung kurang lengkap jika tidak mengjungi Ciwidey Valley dan menikmati alamnya sambil berendam air panas. Pemandian Air Panas Ciwidey Valley merupakan bagian dari Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort. Jadi, tak hanya kolam pemandian air panas, di sini juga Anda bisa menikmati berbagai fasilitas lain, seperti waterpark dan resort untuk menginap. Bahkan, ada pula taman bermain dan taman burung yang menarik untuk dikunjungi, terutama oleh anak-anak.

Baca juga: Couchsurfing Indonesia: Ini Tip Amannya untuk Para Traveler

Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian air panas Cibolang sudah ada sejak 1985 dan menjadi salah satu tempat wiata yang sangat legendaris di kawasan Bandung. Lokasi yang berada di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangelengan ini, selalu melakukan renovasi dengan meningkatkan fasilitas yang ditawarkan. Jadi, bukan hanya pemandian air panas saja, tetapi Anda juga bisa memancing dan juga menikmati pemandangan pegunungan yang asri dan hijau.

Baca juga: Pergi ke Luar Kota? Menginap di Hotel Kapsul Saja!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian air panas Cibolang sudah ada sejak 1985 dan menjadi salah satu tempat wiata yang sangat legendaris di kawasan Bandung. Lokasi yang berada di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangelengan ini, selalu melakukan renovasi dengan meningkatkan fasilitas yang ditawarkan. Jadi, bukan hanya pemandian air panas saja, tetapi Anda juga bisa memancing dan juga menikmati pemandangan pegunungan yang asri dan hijau.

Pemandian Air Panas Cimanggu

Masih di Kawasan Ciwidey, Anda bisa menikamti pemandian air panas Cimanggu yang memiliki sensasi relaksasi terbaik. Sebab, pemandian air panas ini menyediakan tempat berendam VIP yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati ketenangan. Selain itu, tempat wisata ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang dan memiliki banyak fasilitas lain, seperti area permainan anak, taman kelinci, dan area outbound. Bagi yang ingin menghabiskan waktu lama di sini, Anda juga bisa menginap di cottage kawasan Pemandian Air Panas Cimanggu.  

Comments are closed.