Pengajuan Visa Jepang Ditolak? Ini Penyebabnya

Travel

Pengajuan visa Jepang ditolak bisa jadi karena adanya beberapa syarat yang tidak memenuhi kriteria yang diajukan. Oleh karena itu, agar hal ini tidak terjadi, berikut ini penyebab-penyebab yang harus dihindari.

Setiap penolakan pasti ada penyebabnya. Begitu juga dengan pengajuan visa Jepang ditolak. Pasti ada beberapa hal yang salah atau tidak sesuai prosedur sehingga mengakibatkan penolakan. Sebenarnya, untuk mengajukan visa Jepang itu cukup mudah dibandingkan Anda mengajukan visa Schengen. Bahkan kini bila Anda memiliki paspor elektronik, tidak perlu lagi mengajukan visa jika ingin ke Jepang.

Perlu diingat jika Anda ingin mengajukan visa Jepang, dibutuhkan beberapa dokumen penting yang menjadi syarat, seperti paspor, pas foto, tiket pesawat, rekening koran, dan masih banyak lagi. Nah, biasanya salah satu faktor penyebab pengajuan visa Jepang ditolak paling banyak dikarenakan dokumen-dokumen yang Anda berikan tidak lulus kualifikasi. Untuk lebih jelas lagi, apa saja dokumen yang biasanya menjadi penyebab visa ditolak, berikut ini ulasannya.
[quads id=2]

Syarat Dokumen Tidak Sesuai

Berikut ini beberapa syarat dokumen yang bisa menyebabkan visa Jepang Anda ditolak.

Rekening Koran

Salah satu penyebab pengajuan visa Jepang ditolak dikarenakan rekening koran yang Anda berikan tidak mampu memenuhi persyaratan. Rekening koran menjadi media yang menjelaskan jumlah tabungan yang Anda miliki. Sebab, jumlah tabungan tersebut menjadi jaminan hidup Anda selama di Jepang. Jika tabungan yang Anda miliki dibawah ketentuan dari pemerintahan Jepang, hal yang ditakutkan Anda tidak bisa bertahan hidup di negara tersebut karena kekurangan uang.

Dalam persyaratan dijelaskan bawah Anda harus melampirkan rekening koran setidaknya selama 3 bulan terakhir dengan catatan bahwa dana yang ada di dalam rekening harus mencukupi nominal yang ditentukan tanpa adanya kecurangan yang Ana lakukan dengan meminta transfer uang dalam jumlah yang besar supaya visa tidak ditolak.

Kurang Teliti Mengisi Dokumen

Dalam mengajukan visa, Anda diminta untuk mengisi formulir sesuai dengan data pribadi. Biasanya pengajuan visa Jepang ditolak karena ada beberapa kolom yang tidak sesuai dengan identitas yang dilampirkan. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai mengisi formulir, ada baiknya Anda pilih mana identitas yang menjadi acuan dalam pengisian dokumen. Karena ini liburannya ke luar negeri, sangat disarankan untuk menggunakan identitas yang ada di paspor.

[quads id=5]

Proses Interview

Mengajukan visa tidak berhenti hanya sampai menyerahkan dokumen saja, tetapi ada satu step lagi, yaitu wawancara yang harus Anda lalui. Biasanya sesi ini akan dilakukan oleh pihak yang berwenang dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mastikan Anda sudah mempersiapkan perjalanan ini dengan matang. Oleh karena itu, agar visa Anda tidak ditolak hanya karena sesi ini, Anda harus menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan dengan benar dan tidak gugup.

Selain Korea, Jepang termasuk negara di Asia yang mengharuskan turis untuk memiliki visa jika ingin berkunjung ke sana. Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang sering menjadi penyebab visa ditolak? Jadi, semoga pengajuan visa Anda tidak ditolak dan bisa langsung senang-senang liburan.

Comments are closed.