Penting Untuk Diketahui Apa Saja Aturan Bagasi Pesawat

Asuransi PerjalananTravel

Anda yang sering traveling menggunakan pesawat sudah menjadi kewajiban untuk mentaati segala peraturan dalam penerbangan. Salah satunya mengenai aturan bagasi pesawat, apa saja barang yang diizinkan dibawa ke kabin?

Bepergian menggunakan pesawat merupakan suatu hal yang menyenangkan, bagaimana tidak tempat dengan jarak yang jauh mampu dipangkas waktunya menggunakan pesawat. Namun, bepergian dengan pesawat tentu saja ada banyak aturan yang wajib dipenuhi.

Dari saat booking tiket, masuk ke bandara, hingga bagasi apa saja yang boleh dibawa ke dalam kabin atau tidak. Semua itu ada aturan bagasi pesawat yang harus ditaati. Lalu, apa saja aturan bagasi pesawat yang ada dalam peraturan penerbangan internasional? Lebih lengkapnya ada di bawah ini.

Berikut ini Aturan Bagasi Pesawat Jenis Barang yang Tidak Diperbolehkan untuk Masuk Bagasi dan Kabin.

Benda Yang Tidak Diizinkan Masuk Pesawat

– Bahan peledak
– Bahan kimia/zat beracun
– Cairan mudah terbakar
– Benda padat yang mudah terbakar
– Material radioaktif
– Gas bertekanan

Aturan Bagasi Pesawat Untuk Masuk Kabin

Untuk aturan bagasi pesawat harus bisa menyesuaikan barang-barang apa saja yang bisa masuk dalam bagasi kabin. Kategori bagasi itu tidak berbahaya, berupa satu tas untuk diletakan di bagasi kabin ditambah jika Anda juga ingin membawa barang pribadi yang berukuran kecil dengan berat maksimal 7 kg.

– Tas tangan atau dompet
– Buku saku
– Laptop beserta tasnya
– Kamera kecil
– Makanan bayi atau makanan dengan diet khusus
– Payung
– Tongkat
– Barang bebas pajak

Aturan Bagasi Pesawat Untuk Cairan

Adapun untuk untuk kategori cairan. Cairan berbahan aerosol, ataupun gel juga memiliki peraturan tertentu jika ingin dibawa ke kabin

– Tidak boleh lebih dari 100ml per kemasan.
– Harus ditempatkan di dalam wadah yang tidak mudah terbuka dan tumpah.

Aturan Bagasi Pesawat Untuk Masuk Bagasi Cargo

Dalam aturan bagasi pesawat untuk dimasuk ke bagasi harus tercatat dan dibatasi. Kita ambil contoh barang-barang yang tidak Anda perlukan selama penerbangan, seperti pakaian atau alat mandi. Bisa dimasukan saja ke delam bagasi saat check-in.

Peraturan penerbangan Indonesia yang mengacu pada aturan penerbangan internasional. Rata-rata pesawat memberikan 20-30 kg free luggage, jika pun lebih maka diwajibkan untuk membayar kelebihan bagasi. Biasanya ketentuan harganya berbeda-beda di setiap maskapai.

Jika ternyata di dalam bagasi kargo terdapat benda berujung tajam, seperti pisau dan lain sebagainya. Harap dibungkus rapi agar tidak membahayakan petugas bandara dan juga tidak membuat robek tas yang diberikan.

Selain barang-barang yang disebutkan di atas tadi, ada juga kategori barang yang bisa ditolak oleh pihak otoritas kemanan bandara. Tetapi tetap bisa Anda bawa dan harus didaftarkan secara khusus, biasanya akan ditempatkan di security item box khusus selama di pesawat. Kemudian akan diberikan lagi setelah Anda turun dari pesawat di bandara tujuan.

Adapun barang-barang yang dikategorikan tersebut adalah:

– Semua tipe dan jensi senjata api

– Perlengkapan olahraga, seperti tongkat bat baseball, peralatan selam, panah dan busurnya, tongkat golf, stik hoki, alat surfing, dan sebagainya.

– Semua jenis jarum  (kecuali yang dibutuhkan untuk peralatan medis)

– Barang-barang berat dan berbahaya yang umumnya jarang dibawa seperti rantai sepeda, kawat, tiang besi dan lain sebagainya.

Sebelum jalan-jalan dan memahami apa saja aturan bagasi pesawat, cek dulu berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik hanya di Futuready.com

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Comments are closed.