Peraturan Membawa Powerbank ke Pesawat yang Harus Anda Ketahui

Travel

Untuk Anda yang tidak pernah lepas dari powebank, kini ada beberapa peraturan baru yang dikeluarkan pemerintah mengenai kebijakan membawa powerbank ke pesawat.

Powerbank banyak diminati oleh masyakarat karena membantu untuk mengisi baterai handphone yang hampir habis ketika tidak adanya stop kontak listrik disekitar agar handphone tersebut bisa digunakan kembali. Selain itu, powerbank ini juga sangat praktis. Anda bisa mengisi baterai handphone di mana pun, kapan pun, dan dalam keadaan apapun.

Namun, semenjak insiden terbakarnya pengisian baterai handpohone melalui powerbank di maskapai China Southern Airlines, membuat Indonesia mengeluarkan kebijakan baru mengenai peraturan membawa powerbank ke dalam pesawat. Ini dilakukan agar kejadian tersebut tidak terjadi di Indnonesia. Untuk Anda sering menggunakan pesawat sebagai transportasi untuk menuju suatu tempat, perlu mengetahui peraturan membawa powerbank ke pesawat berikut ini.

Dilarang Menggunakan Powerbank di Dalam Pesawat

Sangat tidak diperbolehkan penumpang dan awak pesawat udara melakukan pengisian baterai handphone menggunakan powerbank pada saat penerbangan berlangsung. Jika hal itu Anda lakukan, tentu adda sanksi berat yang harus Anda terima.

Diletakan Pada Bagasi Kabin Pesawat

Jika Anda ingin membawa powerbank ke pesawat, pemerintah memerintahkan untuk meletakan powerbank tersebut pada tas atau koper yang Anda bawa ke kabin pesawat. Sangat dilarang membawa powerbank ke pesawat tetapi meletaknya di abagsi tecatat.

Daya Watt Tidak Melebihi 100 Wh

Anda boleh membawa powerbank ke pesawat asalkan benda tersebut mempunyai daya per-jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh (watt-hour atau daya per-jam). Namun, jika powerbank Anda mempunyai Wh lebih dari 100 Wh, tetapi tidak lebih dari 160 Wh harus mendapatkan persetujuan dari maskapai apakan memperbolehkan untuk tetap membawa powerbank ke pesawat atau tidak. Jika memang diperbolehkan, setiap penumpang hanya boleh membawa maksimal dua unit.

Daya Watt Lebih dari 160 Wh

Untuk powerbank yang mempunyai daya per-jam lebih dari 160 Wh (Wh ≥ 160) atau besarnya daya per-jam (watt-hour) tidak dapat diidentifikasi, maka Anda dilarang membawa powerbank ke pesawat.

Pakai Hitungan Rumus

Peraturan yang berikut ini dilakukan jika powerbank yang Anda bwa tidak dicantumkan keterangan jumlah Wh-nya. Maka dari itu, pihak maskapai diperbolehkan mencari jumlah Wh dengan rumus E = V x I. E= daya per jam, satuannya adalah watt-hour (Wh), V = tegangan, satuannya adalah volt (V), I = arus, satuannya adalah ampere (Ah).

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.