Perbedaan Kelas Pesawat dan Fasilitas di Garuda Indonesia

Travel

Setiap maskapai penerbangan memiliki kelas pesawat yang berbeda. Hal ini pun berlaku pada Garuda Indonesia. Beda kelas, beda pula fasilitas yang didapatkan penumpang.

Saat ini, terdapat banyak moda transportasi yang dapat kita gunakan untuk bepergian dari satu daerah ke daerah lain. Ada jalur darat, laut, dan tentunya udara. Namun, harus diakui, moda transportasi udara atau pesawat terbang adalah pilihan favorit yang ada saat ini.

Banyak kelebihan yang kita dapatkan saat memutuskan untuk pergi dengan pesawat terbang, seperti lebih nyaman dan hemat waktu. Namun, selaiknya moda transportasi lain, pesawat terbang pun memiliki kelas yang berbeda-beda. Kelas pada pesawat terbang ini menunjukkan fasilitas yang akan didapatkan oleh penumpangnya. Jadi, semakin tinggi kelas pesawat, semakin banyak dan baik juga fasilitas yang didapat.

Mungkin Anda sudah mengenal pembagian kelas pesawat, yakni ekonomi, bisnis, dan first class. Dari namanya saja, kita sudah dapat menilai bahwa terdapat perbedaan fasilitas yang ada pada masing-masing kelas. Tentunya, kelas pesawat antara maskapai satu dengan maskapai lain pun berbeda. Tapi, kali ini, kita bahas dari maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia, yaitu Garuda Indonesia.

Baca juga: Prosedur Keselamatan Saat di Dalam Pesawat

Jadi, tak perlu berlama-lama, mari kita cari tahu kelas pesawat dari maskapai Garuda Indonesia berikut ini!

Kelas Pesawat Garuda Indonesia

Kelas Pesawat Ekonomi

Kelas Ekonomi Garuda Indonesia memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Tempat duduk berukuran 30-32 inci untuk kelas ekonomi penerbangan jarak dekat.
  2. Ruang kaki kelas pesawat ekonomi Garuda Indonesia tergolong lega dengan lebar 17 inci.
  3. Tak tersedia selimut dan bantal. Jika ingin menggunakan dua barang tersebut, penumpang harus memesan terlebih dulu.
  4. Kursi yang dipakai pada penerbangan jarak jauh berukuran 32-35 inci pada armada Boeing 747 dan 33-34 inci pada Airbus A330.
  5. Semua kursi dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 9 inci dan headphone untuk menikmati hiburan.
  6. Semua penumpang mendapatkan makanan dan minuman selama penerbangan.

Baca juga: Etika Penumpang di Dalam Pesawat yang Harus Dipatuhi

Kelas Bisnis

Nah, bila Anda memilih kelas bisnis saat menggunakan Garuda Indonesia, fasilitas yang akan Anda rasakan adalah sebagai berikut:

  1. Tempat duduknya berdesain ergonomis dengan ruang kaki yang lega selebar 106 cm.
  2. Untuk kelas bisnis jarak dekat, Garuda Indonesia memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2 dengan lebar 42-44 inci. Namun untuk pesawat Boeing 737 terbaru lebar seatnya adalah 41 inci.
  3. Pada penerbangan internasional, makanan yang disajikan bervariasi, seperti makanan khas Eropa, Asia, Jepang, Cina, dan tradisional.
  4. Tersedia wine, champagne, minuman beralkohol, bir, dan minuman ringan untuk penerbangan ke Eropa dan Australia.
  5. Pada armada pesawat Airbus A330-200 terdapat flat-bed baru dengan lebar kursi 74 inci dan penumpang bisa berbaring hingga 180 derajat.
  6. Untuk kelas bisnis dilengkapi dengan layar sentuh LCD berukuran 11 inci dengan AVOD di setiap kursi untuk menikmati hiburan
  7. Terdapat power supply laptop di setiap kursi.

Kelas Pesawat First Class

First Class Garuda Indonesia dilengkapi fasilitas sebagai berikut:

  1. Penjemputan dengan mobil mewah seperti Toyota Alphard atau limousine. Layanan ini tersedia untuk penumpang dari area Jabodetabek dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
  2. Memiliki asisten first class yang akan mengurus semua hal, mulai dari membawa bagasi, proses imigrasi hingga mengantar ke dalam pesawat.
  3. Bisa menikmati First Class Lounge dengan berbagai fasilitas kelas atas yang bisa digunakan sembari menunggu penerbangan. (Baca juga: Web Check-In Garuda Indonesia, Mudah dan Hemat Waktu!)
  4. Tak perlu mengantre saat boarding karena disediakan jalur khusus untuk penumpang kelas pesawat first class.
  5. Kursi ergonomis dengan panjang 82 inci dan lebar 22 inci dan bisa menjadi tempat tidur datar lengkap dengan matras, selimut, bantal, dan juga ottoman.
  6. Setiap suite dilengkapi dengan sliding door, seat control dengan panel layar sentuh, dan pembatas bagi suite lini tengah.
  7. Hiburan di kursi berupa layar LCD sebesar 23.5 inci dengan remote control dan headphone kedap suara.
  8. Lampu baca pribadi, alat tulis eksklusif, perlengkapan mandi branded, dan sandal untuk penerbangan jauh.
  9. Menu makanan Indonesia dan Internasional disiapkan oleh chef di dalam pesawat secara langsung.
  10. Layanan after flight di mana penumpang akan disambut oleh asisten first class yang akan mengurus bagasi, imigrasi, dan mengantar ke tujuan dengan layanan Limousine Service.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Terlihat jelas perbedaan fasilitas yang ditawarkan oleh maskapai Garuda Indonesia, kan? Jadi, kelas pesawat mana yang pernah Anda rasakan?

Comments are closed.