Fakta Unik Pesawat Concorde

Travel

Pesawat Concorde adalah gabungan dari teknik tinggi dan keindahan. Pesawat supersonic ini jadi bintang pada masanya dan terus dikagumi hingga saat ini.

Lima puluh tahu lalu pesawat ini mengitari langin Toulouse, Prancis dan jadi idola pada zamannya. Dianggap sebagai pencapaian teknologi pesawat concorde dinilai punya kapasitas yang sama dengan kapal-kapal yang memapu mendarat di bulan. Tidak hanya menetapkan standar aeronautika yang tidak dapat kita tandingi sampaihari ini. Pesawat concorde juga menjadi contoh utama teknik dan keindahan semata-mata dapat digabungkan menjadi sebuah paket tunggal.

Fakta Unik Pesawat Concorde

fakta unik Pesawat Concorde

Penemuan Hebat

Secara teknis, tidak ada keraguan bahwa Concorde adalah pesawat revolusioner. Sebagai program bersama antara Inggris dan Perancis, program ini jauh lebih maju daripada bidang lain. Concorde saat itu jadi pesawat pertama yang intake ke undara dengan engine yang dikendalikan computer, ini adalah lompatan yang sangat signifikan dalam penerbangan saat itu.

Sistem yang dibuat dalam pesawat Concorde memungkinkannya untuk memperlambat udara yang mengalir ke mesinnya hingga 1.000 mph dalam ruang sesedikit 4,5 meter. Pesawat Concorde menampilkan rem serat karbon dan kontrol fly-by-wire. Teknologi ini mungkin bukan sesuatu yang mengesankan bagi dunia penerbangan saat ini. Namun pada 1960-an menjadi keajaiban teknologi yang membuatnya dikatakan mainstream.

Fitur khas pesawat Concorde, terlepas dari sayapnya, mungkin hidungnya yang panjang dan terkulai atau bengkok ke bawah. Inovasi ini memungkinkan pesawat untuk disederhanakan selama penerbangan tetapi bisa diturunkan lebih rendah untuk memberikan pilot bidang pandang yang baik selama lepas landas dan mendarat. Fitur desain yang menarik ini membuat pesawat Concorde dan perusahaannya langsung populer di kalangan media dan penumpang.

Dengan semua peningkatan ini, Anda dapat terbang dalam jarak jauh dengan waktu dua kali lebih cepat dari biasanya. Kala itu, ketika Concorde populer dan dibuka untuk penerbangan domestik, para penumpang mulai mengunjungi New York dan tempat-tempat lain di seberang lautan Atlantik dalam jumlah yang lebih besar, bepergian dengan kecepatan suara dua kali lipat (2,04 Mach).

Peristiwa penting dalam sejarah Pesawat Concorde

Sejarah Concorde dimulai pada 1962 ketika Geoffroy de Courcel dari Prancis dan Julian Amery dari Inggris menandatangani perjanjian pesawat terbang supersonik Anglo-Prancis. Tujuh tahun kemudian Brian Trubshaw melakukan penerbangan pertamanya dengan prototipe buatan Inggris. Pada tahun yang sama penerbangan supersonik pertama Concorde berlangsung 1 Oktober 1969.

Penerbangan komersial pertama Concorde berlangsung pada 21 Januari 1976, ketika British Airways Concorde terbang dari London ke Bahrain dan Concorde Air France terbang dari Paris ke Rio de Janeiro. Antara 1976 dan 2000, Concorde terus melayani pelancong kaya dan penumpang pesawat yang fanatik, sampai kecelakaan tragis di Paris pada tahun 2000 membunuh 113 orang.

Concorde baru kembali melayani pelanggan pada November 2001, setelah £ 71 juta dihabiskan untuk meningkatkan fitur keselamatannya. Tapi, selang dua tahun kemudian, pada tahun 2003, British Airways dan Air France mengumumkan bahwa mereka memensiunkan Concorde. Penerbangan terakhir Concorde terjadi pada Oktober 2003.

Mengapa Concorde harus Pension dari Dunia Penerbangan?

Terlepas dari inovasinya, Concorde bukan monumen efisiensi. Concorde dirancang jauh sebelum guncangan harga minyak pada tahun 1970-an, jadi meskipun itu adalah mahakarya dalam bidang teknik, ia secara efektif merupakan konverter bahan bakar. Konsumsi energinya yang tinggi membuatnya tidak menguntungkan di era harga bahan bakar yang tinggi.

Kabin Pesawat Concorde

Lagipula hanya segelintir kaum yang dapat menikmati penerbangan dengan Concorde, itupun banyak dari mereka yang mengaku bahwa penerbangannya tidak seindah yang dibayangakan. Pesawatnya sangat berisik dank arena terbuat dari banyak alumunium limbahnya sangat mencemari lingkungan.

Concorde lebih mementingkan efisiensi, sebuah prinsip yang dimungkinkan di era ketika penumpang bersedia membayarnya. Concorde hampir tidak bisa terbang dari Inggris ke Pantai Timur AS. Pesawat yang memiliki total kapasitas penumpang 100 ini mengkonsumsi jumlah bahan bakar yang sama dengan Boeing 747, sedangkan 747 bisa terbang dua kali lebih jauh dan memiliki empat kali kapasitas penumpang.

Concorde juga dinilai sangat bising, tidak sebanding dengan tiketnya yang kala itu dinilai sangat mahal. Mereka hanya menawarkan kecepatan kepada para pelanggan. Bayangkan saja menyebrangi Atlantik dari London ke New York hanya Concorde lakukan dalam tiga setengah jam. Mereka yang bias menaikinya adalah para elit dan pengusaha kaya.

Concorde hanya dapat mengangkut 128 penumpang . Daftar penumpang Concorde biasanya datang dari kalangan selebritas, termasuk keluarga kerajaan Inggris, perdana menteri, bintang film, bintang olahraga, dan bintang rock. Sir David Frost menggunakan Concorde untuk bolak-balik antara melakukan acara televisi di New York. Kala itu Concorde terlah melayani 300-500 perjalanan.

Terbang dengan Pesawat Concorde

Sejarah Pesawat Concorde

Daya tarik utama Concorde adalah bahwa ia terbang lebih tinggi dan lebih cepat daripada pesawat komersial konvensional. Dalam banyak hal, interiornya seperti pesawat ruang angkasa, dengan hanya 25 baris kursi mengatur dua di kedua sisi lorong. Di depan adalah tampilan digital besar yang menunjukkan ketinggian di kaki dan kecepatan di Mach.

Concorde pada dasarnya digerakkan ke udara menggunakan dua dari empat mesin turbojet Rolls-Royce Olympus, sebuah modifikasi dari yang awalnya dibuat untuk pembom nuklir Avro Vulcan. Ketika ini diaktifkan untuk lepas landas, pilot akan menendang afterburner, memberikan dorongan besar yang membangun kecepatan dengan cepat. sebelum membawa pesawat naik pada sudut yang curam sehingga para insinyur harus memasang roda khusus di bagian ekor agar tidak tergores di landasan.

Setelah mengudara, afterburner terputus, tetapi Concorde naik dengan cepat. Setelah melewati laut terbuka pada ketinggian 28.000 kaki (8.500 m), keempat mesin itu online dan afterburner menendang lagi, mendorong pesawat ke Mach 1 (748 mph, 1.192 km / jam). Para penumpang kemudian menikmati penerbangan sementara pesawat naik ke 60.000 kaki (18.000 m) dan mendorong melewati Mach 2 (1.484 mph, 2.388 km / jam).

Jarak ini begitu tinggi sehingga langit mulai gelap dan kelengkungan Bumi bisa terlihat. Anda bisa melihat ke bawah dan melihat pesawat konvensional tampak terbang mundur. Itu juga membangun begitu banyak gesekan udara sehingga jendela sangat hangat saat disentuh dan seluruh badan pesawat melebar 6 inci. Tak heran jika banyak yang kecewa ketika pesawat ini tak lagi mendura, sebab pengalaman yang dihadirkan sungguh sulit dilupakan.

Comments are closed.