12 Piramida di Dunia yang Paling Megah dan Mengagumkan

Travel

Bukan hanya di Mesir, tetapi negara-negara lain pun memiliki peninggalan piramida yang masuk ke dalam daftar 12 piramida di dunia yang megah dan mengagumkan berikut ini!

Jika berbicara primadia di dunia, pasti yang terlintas langsung di pikiran Anda adalah Piramida Giza di Mesir. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa piramida bukan hanya ada di Mesir saja. Negara-negara lain pun memiliki peninggalan bagunan kuno ini.

Piramida adalah bagunan kuno yang dibangun berabad-abad lalu dan berbentuk segitiga. Iya bentuk segitiga ini jika dilihat dari satu sudut saja, tetapi jika dilihat keseluruhan sebenarnya piramida ini lebih memiliki bentuk limas segi empat di mana setiap sisinya berbentuk segitiga.

Untuk menambah ilmu sejarah Anda tentang piramida, selain di Mesir, berikut ini beberapa piramida yang tersebar di berbagai negara.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Seputar Piramida Mesir

12 Piramida di Dunia

Piramida Chogha Zanbil, Iran

Chogha Zanbil adalah suatu bangunan yang berada di daerah bernama Khuzestan, Iran. Diperkirakan bangunan ini dibangun pada 1250 SM oleh Raja Untash-Napirisha sebagai penghormatan kepada dewa Inshushinak.

Chogha Zanbil memiliki nama asli Dur Untash yang artinya kKota Untash. Sayangnya, pada 640 SM, tempat ini dihancurkan oleh Bangsa Assyrian yang dipimpin oleh Raja Ashurbanipal. Pada 1979, Chogha Zanbil resmi masuk dalam daftar UNESCO World Heritage.

Piramida Goguryeo di Tiongkok

Meski letaknya di Jian, Tiongkok, tapi Piramida Goguryeo adalah peninggalan Kerajaan Korea Kuno yang bernama sama. Sebagai kebanggan masyarakat Asia, piramida ini juga diberi julukan Pyramid of The East alias Piramida Timur.

Piramida Madghacen, Aljazair

Bangunan satu ini memiliki beberapa nama lain seperti Medracen, Medghassen atau Madghis. Madghacen dibangun sebagai tempat persemayaman raja-raja bangsa Numidia atau Berber.

Bangsa Numidia dipimpin oleh seorang raja bernama Madghis yang memerintah sekitar tahun 300 sampai 200 SM. Namun tidak banyak informasi seputar Madghacen ini.

Piramida Koh Ker, Kamboja

Koh Ker adalah salah satu kawasan situs Angkorian yang berada di Kamboja bagian Utara. Dan ada piramida berbentuk “punden berundak” yang bernama Thom. Bangunan ini didirikan pada saat dinasti Khmer berkuasa sekitar tahun 928.

Koh Ker diperkirakan dibangun sebagai sarana pemujaan untuk Dewa Brahma, Shiwa, dan Wisnu. Sayangnya, banyak orang yang mencuri beberapa peninggalan yang berada di sekitar kawasan Koh Ker untuk dijual lagi.

Baca juga: Angkor Wat dan Beragam Fakta Menariknya, Mau Tahu?

Piramida Nubia, Sudan

Bangunan ini didirikan sebagai makam Raja Napata dan Ratu Meroe. Piramida ini memiliki nama lain Kush. Karakter dan bentuk bangunannya sedikit berbeda dengan piramida di Mesir.

Menurut Wikipedia, sekitar 220 piramida ditemukan di daerah tersebut. Selain untuk persemayaman ratu dan raja, piramida-piramida ini juga dibangun sebagai kuburan para kesatria. Letak dari Piramida Nubia berada di dekat Sudan.

Piramida Nsude, Nigeria

Terdapat 10 piramida yang dibangun oleh Suku Igbo di Nsude dan Agbaja Qwa, Nigeria. Bangunan-bangunan tersebut dibuat dari bahan dasar lumpur. Piramida Nsude didirikan sebagai sarana penyembahan kepada Dewa Ala.

Piramida China, China

Selain Mesir, China juga memiliki banyak piramida yang setiap bangunan piramidanya memiliki jarak 25 sampai 35 kilometer antara satu dengan yang lainnya. Tercatat ada sekitar 38 piramida yang sampai sekarang berhasil ditemukan.

Piramida-piramida ini dibangun sebagai tempat persemayaman raja. Piramida pertama dibangun sejak dinasti Han berkuasa. Bentuk dari piramida-piramida di China ini mirip dengan struktur piramida di Teotihuacan.

Piramida El Tajin di Meksiko

Sudah ada sejak abad 6 dan berakhir sekitar abad 12, El Tajin adalah kompleks kota kuno yang kini terdiri dari banyak piramida dan reruntuhannya. Di antara semua piramida yang ada, yang paling paling terkenal adalah Pyramid of the Niches karena dibuat dekoratif dan punya tinggi 22 meter dengan tujuh lantai.

Piramida Mesoamerica, Amerika Tengah

Piramida Mesoamerica ini sangat banyak. Hal tersebut dikarenakan peradaban Mesoamerica terbagi atas banyak suku. Mayoritas Piramida Mesoamerica memiliki ciri khusus yaitu ada tangga untuk menuju ke atas dan ujungnya terpangkas.

Piramida Mesoamerica ini antara lain Cholula, Piramida Aztecs (Malinalco dan Templo Mayor), piramida bangsa Maya, Tarascans, Classic Veracruz, Teotihuacan, Zapotecs, Altavista, dan La Quemada.

Baca juga: 12 Pagoda Terkenal dan Terindah di Dunia

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Piramida Mesir, Mesir

Selain banyak, piramida di Mesir juga terkesan memiliki ukuran yang sangat besar. Piramida pertama yang dibangun di Mesir adalah piramida Djoser yang diperkirakan dibangun pada 2630 SM sampai 2611 SM. Piramida yang paling terkenal di Mesir adalah piramida yang ada di komplek Giza atau disebut juga Piramida Giza.

Apabila Piramida Djoser adalah yang tertua, maka piramida terbesar di Mesir bernama Khufu. Ada banyak piramida di daerah ini seperti Mastaba of Faraoun, Khafre, Djedefre, Giza, Menkaure, Khufu, Abu Sir, Zawyet el-Aryan, Teti, Userkaf, Snofru, Dahshur, dan beberapa lagi lainnya.

Piramida Cestius / Cestia, Italia

Para ahli memperkirakan piramida ini dibangun pada 18 SM sampai 12 SM sebagai kuburan Gaius Cestius. Dia adalah salah seorang dari empat agamawan terkenal di Roma, Italia.

Bentuk dari piramida ini mirip dengan piramida di Nubia yaitu berbentuk kerucut kecil dengan ujung lancip di atasnya. Selain Cestius ada piramida lain yang lebih besar dinamakan Romulus, sayangnya piramida tersebut dihancurkan pada abad ke-16.

Itulah beberapa piramida di dunia yang memiliki bagunan mewah dan juga mengagumkan. Meskipun termasuk bangunan kuno, tetapi hingga saat ini piramida-piramida tersebut masih menjadi salah satu destinasi wisata oleh sebagian wisatawan. Apakah Anda tertarik untuk berlibur dan mengujungi di antara piramida di atas?

Lindungi perjalanan Anda dengan menggunakan asuransi perjalanan ya bila Anda ingin mendatangi semua tempat-tempat indah ini! Selamat melakukan perjalanan.

Comments are closed.