Pramugari Pesawat: Cek Tugas dan Keuntungannya Deh!

Travel

Di balik sulitnya berkarier menjadi pramugari pesawat, pastinya akan berbanding lurus dengan segala keuntungan dan tugasnya!

Profesi seorang pramugari dari dahulu adalah salah satu profesi dambaan hampir setiap orang. Banyak keuntungan menjadi seorang pramugari yang ditawarkan perusahaan maskapai.

Sebelum jauh membahas berbagai tugas dan keuntungan mengemban profesi ini, mari kita sama-sama mengenal lebih banyak apa itu pramugari pesawat!

Pramugari adalah staf atau karyawan perusahaan penerbangan yang melayani penumpang terutama keamanannya. Pramugari adalah anggota dari awak pesawat. Istilah pramugari digunakan untuk staf perempuan, sedang sebaliknya untuk staf lelaki adalah pramugara.

Apakah Anda ingin menjadi pramugari atau flight attendant? Bisa terbang ke berbagai daerah baik di dalam negeri maupun luar negeri secara gratis, tetapi malah dibayar? Bagi sebagian orang menjadi pramugari memang menyenangkan. Tetapi, tak jarang orang yang juga tidak mau menjadi pramugari karena risiko yang harus dihadapi.

Profesi yang kerap disebut cabin crew ini biasanya Anda lihat kesibukannya ketika sudah di dalam pesawat. Namun, jauh sebelum itu, kesibukan pramugari sudah berjalan ketika proses boarding.

Tugas Pramugari Pesawat

Setiap kali ingin bepergian, entah ke luar kota atau ke luar negeri, demi memangkas jarak dan waktu Anda memilih untuk bepergian dengan pesawat. Nah, di saat Anda mulai sampai di bandara, check in, menunggu boarding, take off, hingga sampai di bandara yang dituju.

Sementara Anda melakukan hal itu semua, para pramugari pesawat ini juga melakukan berbagai tugasnya di belakang layar. Mau tahu apa saja yang mereka lakukan di setiap tahapannya?

Tugas Pramugari Pesawat Sebelum Proses Boarding

Tidak hanya penumpang yang sibuk untuk boarding, tetapi menjadi pramugari juga seperti itu. Berikut beberapa tugas yang perlu dilakukan pramugari sebelum proses boarding.

  1. Melakukan briefing dengan seluruh awak pesawat dan staf penerbangan. Dalam briefing ini akan didiskusikan terkait penerbangan yang akan dilakukan.
  2. Checking peralatan keselamatan. Pramugari juga perlu memastikan seluruh peralatan keselamatan penerbangan baik yang akan digunakan penumpang maupun kru pesawat nantinya. Sehingga ketika digunakan nanti sudah dalam posisi aman.
  3. Pramugari juga harus mengecek kondisi makanan dan minuman yang akan diberikan penumpang maupun kru pesawat.
  4. Mengecek dan memastikan kalau pesawat sudah siap untuk dimasuki penumpang.
  5. Menghias diri agar penampilannya tetap menarik agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang.

Tugas Saat Proses Boarding

Itu tadi tugas pramugari saat proses boarding, ketika sudah di dalam pesawat ini pramugari juga memiliki tugas lain, di antaranya:

  1. Menyambut dan menyapa penumpang dengan ramah.
  2. Membantu penumpang mencari tempat duduknya.
  3. Membantu penumpang apabila kesulitan dalam menaruh barang di bagasi kompartemen.
  4. Melakukan demo tata cara penggunaan alat keselamatan penerbangan, seperti pelampung, masker oskigen, sabuk pengaman, dan menyuruh penumpang agar menonaktifkan peralatan elektroniknya khusus ponsel selama penerbangan berlangsung.
  5. Menawarkan makanan dan minuman ke penumpang dengan penuh keramahan.
  6. Melakukan pendampingan bagi penumpang yang membutuhkan bantuan khusus, seperti anak kecil, penumpang dengan kebutuhan khusus, atau penumpang lanjut usia.
  7. Cepat dan tanggap dalam memberikan pertolongan pertama jika ada penumpang yang sakit dalam penerbangan.
  8. Juga hal-hal lain tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai.

Keuntungan Menjadi Pramugari

Di balik sulitnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi pramugari di maskapai penerbangan, tentunya akan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan Anda peroleh bila Anda berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut. Apa saja sih?

  1. Gaji yang didapatkan cukup tinggi.
  2. Muncul kebanggan tersendiri karena bisa bergabung di salah satu maskapai terbaik dunia.
  3. Menikmati liburan di negara atau wilayah yang dikunjungi, karena biasanya akan mendapatkan waktu istirahat kurang lebih satu hari yang bisa dimanfaatkan untuk berkunjung ke tempat wisata di negara atau wilayah yang disinggahi.
  4. Memungkinkan untuk sering terbang ke luar negeri karena cukup banyak destinasi ke luar negeri yang dilayani oleh maskapai penerbangan terbaik.
  5. Mendapatkan jatah sama dengan para penumpang untuk menikmati makanan yang disediakan maskapai selama penerbangan yang tentunya berkualitas.
  6. Mendapatkan fasilitas antar jemput dari dan menuju bandara.
  7. Jika ingin terbang untuk kepentingan pribadi menggunakan maskapai penerbangan tempat Anda bekerja maka akan mendapatkan diskon khusus.
  8. Keluarga inti dari pramugari tersebut juga akan berkesempatan untuk mendapatkan tiket penerbangan gratis.
  9. Jika selama bertugas mengharuskan pramugari untuk beristirahat (tidak langsung terbang ke tujuan lain) maka sudah akan mendapatkan jatah penginapan yang merupakan hotel berbintang yang sudah bekerja sama dengan maskapai penerbangan.

Semua hal tentunya memiliki porsi yang imbang. Bila Anda benar-benar menginginkan posisi pramugari untuk berkarier, maka railah mimpi Anda.

Ada banyak pilihan sekolah yang bisa Anda cari dan temukan sebagai persiapan untuk bisa diterima sebagai pramugari pesawat. Daftarlah ke sekolah-sekolah tersebut. Dan jalanin pendidikan yang ditawarkan di sekolah khusus tersebut. Tanggung jawab seorang pramugari dan awak-awak kabin lainnya tidaklah kecil. Ada berbagai risiko juga yang sehari-hari harus mereka hadapi saat mereka bekerja.

Oleh karena itu, Anda harus paham setiap detail tugas, tanggung jawab, dan segala ilmu yang nantinya Anda dapatkan dari sekolah khusus itu. Bila Anda tekun dan rajin untuk meraih mimpi Anda menjadi pramugari, pasti tidak akan membuahkan hasil yang buruk.

Anda juga bisa menjadi kebanggaan kedua orangtua Anda nantinya. Bila kelak Anda benar-benar berhasil menjadi seorang pramugari pesawat. Apalagi bisa masuk dalam salah satu jajaran maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Comments are closed.