Bercita-cita Jadi Pramugari, Perhatikan Betul 8 Hal Berikut Ini

Travel

Bisa jadi Anda membayangkan jika memiliki perkerjaan pramugari sepertinya akan sangat menyenangkan. Lalu, bagaimana bisa lolos menjadi pramugari?

Siapa bilang menjadi premugari itu sulit. Jika memang tidak sulit, pertanyaannya kemudian adalah kenapa banyak yang gagal? Memang pada dasarnya tidak sulit, tapi di sisi lain tidak mudah juga menggeluti profesi yang satu ini.

Untuk itu, bagi Anda yang ada niatan untuk menggeluti profesi yang satu ini, mungkin delapan hal yang akan diulas di bawah nanti bisa menjadi bahan rujukan supaya peluang Anda lolos menjadi seorang pramugari menjadi semakin besar?

Siapa pun pastinya sepakat jika memiliki perkerjaan seperti ini akan sangat menyenangkan. Pastinya yang terlintas di dalam pikiran Anda adalah enaknya saja. Apalagi setiap harinya Anda bisa bekerja sambil jalan-jalan ke berbagai tempat. Apalagi jika Anda bekerja di rute penerbangan internasional.

Kapan lagi bisa jalan-jalan gratis seperti ini? Namun pastinya semua pekerjaan ada risikonya. Termasuk juga dengan pramugari itu sendiri. Meskipun demikian, jika Anda sudah mantap ingin menjalani profesi ini, sebaiknya jangan pernah ragu dengan pilihan Anda tersebut. Jangan pernah berpikir yang tidak-tidak. Nikmati saja alurnya, dan jalani dengan segenap hati.

Berikut ini delapan hal yang harus Anda perhatikan bila bercita-cita ingin menjadi pramugari!

Baca juga: Ini Pekerjaan Utama Pilot Pesawat yang Belum Banyak Diketahui

Berkas Administasi Tetap Menjadi Hal Utama

Sama halnya dengan pendaftaran di Universitas atau perusahaan lainnya, pastinya ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi. Untuk Anda yang masih berada di kelas XII SMA, SMK, ataupun MA bisa menunjukkan ijazah tanda lulus.

Pertanyaanya kemudian adalah bagaimana jika belum tersedia? Tenang saja, persyaratan tadi masih bisa menyusul. Selain persyaratan utama tadi, jangan lupa juga untuk menyiapkan surat keterangan sehat dari dokter, fotokopi KTP, dan pas foto berwarna serta close up.

Tinggi dan Berat Badan

Semuanya pasti setuju jika semua pramugari memiliki tubuh tinggi yang ditunjang dengan berat badan proporsional. Dan ternyata mayoritas semua maskapai penerbangan akan mencari personel dengan tinggi badan antara 160 sampai dengan 180 centimeter. Lalu apa maksud dari bentuk badan yang proporsional tadi?

Pada dasarnya tidak ada persyaratan khusus terkait dengan berat badan, yang paling penting adalah Anda memiliki bentuk badan yang ramping. Lalu bagaimana dengan ukuran lingkar pinggang? Apakah ada persyaratan khusus ataukah tidak? Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus mengenai hal yang satu ini. Sebab yang lebih diutamakan adalah Anda harus bertubuh langsing.

Memangnya kenapa harus bertubuh langsing? Tentunya hal seperti ini bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan tubuh mereka ini harus muat saat melewati jendela darurat. Dan yang tak kalah penting lainnya adalah harus bisa duduk di bangku spesialnya tanpa menggunakan sabuk pengaman. 

Riasan Wajah Tidak Berlebihan Namun Tetap Fresh

Jika Anda perhatikan, wajah para pramugari selalu terlihat segar meskipun sudah terbang berjam-jam. Ternyata hal ini ada pengaruhnya dari riasan yang digunakan. Selain itu juga harus menjaga kulit supaya tidak berjerawat, mengilap, apalagi sampai bersisik. Selain itu, sangat dilarang untuk memiliki tato, terlebih lagi yang jelas terlihat oleh para penumpang nantinya. 

Waspadai Bau Badan dan Bulu-bulu Halus

Semua maskapai pastinya ingin para penumpangnya selalu merasa nyaman ketika berada di dalam kabin. Itulah kenapa semua pramugari selalu ditekankan untuk menjaga kenyaman para penumpang, salah satunya adalah dengan cara menjaga bau badan serta keringat.

Selain itu, khusus untuk pramugara, sangat tidak dianjurkan membiarkan bulu hidung dan bulu telinga panjang. Maka dari itu sebaiknya perhatikan betul hal-hal yang tampak sepele seperti ini sebelum nantinya Anda benar-benar terbang.

Baca juga: Profesi yang Bisa Membawa Anda Keliling Dunia

Harus Sehat dan Kuat

Tidak hanya cantik saja, Anda juga dituntut untuk kuat. Sebab sudah menjadi kewajiban bagi seorang pramugari untuk membantu para penumpang saat ingin mengemas barang bawaannya di dalam kabin.

Itulah kenapa Anda dituntut untuk memiliki fisik yang prima dan kuat. Apalagi nantinya Anda akan sering melakukan perjalanan jauh, maka hanya merekalah dengan sistem kekebalan tubuh kuat yang umumnya akan lolos.

Pastikan Napas Juga Segar

Tidak hanya tubuh wangi saja, pastikan napas juga selalu segar. Bahkan ada yang mengatakan jika sangat tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan dengan bahan dasar bawang, sebab akan membuat napas menjadi tidak segar.

Penglihatan Sehat dan Gigi yang Rapi

Lagi-lagi soal penampilan fisik, pramugari sangat tidak diperkenankan menggunakan kaca mata atau lensa kontak. Beberapa maskapai mengaku jika hal ini ditujukan supaya tidak menggangu penampilan mereka sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, gigi seorang pramugari harus berjajar dengan rapi, tapi tidak masalah jika Anda memiliki gingsul, sebab itu justru akan mempermanis paras wajah cantik Anda. Dan, selama masih menjalani pelatihan, sah-sah saja jika Anda ingin menggunakan behel atau kawat gigi.

Baca juga: Jadi Wanita Karir Itu Mudah, Ini Caranya!

Selalu Ramah dan Tidak Mudah Panik

Ada kalanya di saat-saat tertentu penerbangan akan mengalami gangguan. Dalam hal ini tugas dari seorang pramugari adalah menenangkan para penumpang. Sangat tidak lucu jika justru Anda yang panik. Maka dari itu sebaiknya pelajari bagaimana cara mengendalikan diri di semua situasi.

Dan tak kalah penting lainnya, seorang pramugari harus selalu bisa bersikap ramah pada semua penumpang. Selalu ada ketika dibutuhkan dan sabar melayani mereka sehingga para penumpang selalu bisa merasakan kenyamanan selama perjalanan.

Memang sangat menyenangkan menjalani profesi seperti ini. Tapi yang paling penting untuk diperhatikan adalah jika Anda ingin sekolah menjadi pramugari, pilihlah laembaga yang sudah memperoleh pengakuan dari Dinas Pendidikan dan sudah dipercaya oleh masyarakat luas.

Comments are closed.